Home » » Review RAT Tahun Tutup Buku 2008 : "Spirit Kolektif yang Berpengharapan"

Review RAT Tahun Tutup Buku 2008 : "Spirit Kolektif yang Berpengharapan"


Setelah melakukan wawancara alamiah dengan beberapa anggota dan tamu yang hadir di RAT tutup buku Tahun 2008, ada beberapa kesan yang kental dan bernuansa harapan :

  1. Kualitas Demokrasi. Ada peningkatan kualitas demokrasi yang sangat menggembirakan. Hal ini terlihat dari opini dan gagasan yang berkembang dalam forum. Pola penyampaian pendapat, kritik dan gagasan yang disampaikan memberi kesan kuat bahwa apapun yang disampaikan oleh anggota dilandasi atas semangat untuk memajukan koperasi.
  2. Pembentukan KPA. Pembentukan Kelompok Perwakilan Anggota (KPA) merupakan gambaran akan ”masa depan koperasi yang lebih berpengharapan”. Dalam konsepnya, Disamping sebagai media strategis untuk pencerdasan anggota dalam bidang manajemen koperasi, KPA juga akan dijadikan sebagai media kontrol dan sekaligus ajang urun rembug seputar pengelolaan KPRI “SEHAT”. Dengan demikian, keberadaan KPA ini akan menjadi media strategis untuk pemupukan loyalitas anggota yang berujung pada partisipasi transaksi. Semoga KPA ini akan mampu berkontribusi positif bagi percepatan terwujudnya koperasi yang mengakar.
  3. Partisipasi Nyata Anggota. Berawal dari pemberlakukan ”sistem poin” sebagai alat untuk motivasi anggota bertransaksi, pada tahun buku 2008 ”sistem poin” dimanfaatkan untuk mengukur kuantitas partispasi anggota yang kemudian dikategorikan menjadi 3 (tiga) : loyal, cukup dan kurang. Hasil pengukuran partisipasi tahun 2008 tersaji pada Buku Materi RAT Tutup buku tahun 2008. Alhamdulillah, RAT yang lalu menyepakati untuk melanjutkan pola pengukuran ini. Kesepakatan ini merupakan gambaran positif bahwa ada harapan besar akan ”PERTUMBUHAN PARTISIPASI ANGGOTA” di tahun buku 2009. KAH?

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template