Home » , » Asyiknya SiSehat

Asyiknya SiSehat

Jika Anda masuk gerbang parkir Rumah Sakit Prof. Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, beberapa poster akan menyapa Anda, tulisannya: Aksi Nyata Bangun Asa. Apakah artinya?

Tidak hanya di gerbang parkir, tulisan itu juga bertenggeran di depan minimarket, spanduk dan beragam lembar sosialisasi. Artinya kira-kira begini: sesungguhnya maju mundurnya bahtera sebuah koperasi, tergantung partisipasi anggotanya. Partisipasi adalah sejauhmana anggota mendapat manfaat sekaligus memanfaatkan unit layanan yang ada.

Dalam tubuh SiSehat, partisipasi memiliki ukuran yang pasti yakni jumlah transaksi yang diukur melalui poin yang mereka kumpulkan sendiri. Poin adalah sistem pengumpulan tabungan. Caranya begini: ketika,” Mau kontribusi berapa, Bu?” Nah, maka anggota dipersilakan memutuskan berapa rupiah mau ditabungkan. Satu poin samadengan Rp 500 rupiah. Tabungan ini akan dikembalikan pada anggota dengan tambahan dari laba.

Selain menjadi ukuran partisipasi, sistem ini juga membuat anggota SiSehat secara terstruktur menjadi terbiasa menabung. Sodara-sodara, menabung adalah hal masih sangat sulit dibudayakan di negeri ini. Jadi SiSehat tidak hanya berpikir mengenai SHU saja, melainkan juga membangun budaya menabung melalui sistem manajemen yang dimilikinya. Dan yang pasti, sistem di SiSehat telah dibuat secara modern untuk menghitung sendiri jumlah poin tiap anggota. Jadi, anggota tak perlu kawatir tabungannya akan ’nyasar’ ke anggota yang lain. Teknologi telah menjawab kekawatiran ini.

Adalah Koperasi yang senantiasa mengikrarkan dirinya sebagai ”organisasi kolektif” dimana perumusan dan pencapaian cita-cita dilakukan bersama-sama. Logika ini mengharuskan koperasi memiliki pijakan yang jelas sebagai organisasi yang berjalan di atas keinginan anggota sebagai pemiliknya.

Poin adalah salahsatu indikator perihal kekuatan kolektif ini, semakin tinggi partisipasi anggota berarti makin kuat pula eksistensinya. Caranya sederhana, dari poin yang terkumpul inilah bakal muncul peringkat partisipasi anggota. Bakal tampak berapa persen masuk kategori loyal, berapa orang yang masuk sedang dan berapa anggota yang belum juga tersentuh kesadaran besarnya manfaat menabung dengan cara ini. Yang pasti, adalah kesalahan besar jika seorang anggota hanya memilih menjadi pengamat dan penikmat. Soalnya, kemanfaatan berkoperasi berkata kunci pada ”partisipasi”. Ini adalah “pembeda nyata” antara koperasi dan bukan koperasi.

Di KPRI SEHAT, ada aneka pilihan partisipasi untuk membuktikan rasa cinta antara lain belanja di toko, pinjam uang di unit simpan pinjam, bertransaksi di café dan menggunakan jasa unit-unit usaha lainnya. Sehingga bisa dipastikan akan lebih hebat lagi jika anggota turut memperkuat sektor permodalan bagi koperasi dan aktif memberikan gagasan-gagasan brilian. Toko, Cafe, Simpan Pinjam dan lainlainnya adalah media pelayanan khususnya bagi anggota. Media pelayanan itu juga sebagai upaya untuk membentuk kebermanfaatan dan sekaligus mencetak SHU (sisa hasil usaha) bagi segenap anggota. Jadi, bukankah ”aneh” ketika seorang anggota belanja ke tempat lain?

Di seantero RSMS nan megah ini, berbagai unit usaha koperasi eksis dengan ragam pelayanan ditawarkan. Dimulai dari sistem parkir modern untuk area RSMS secara umum sekaligus area Pavilyun Soepardjo Rustam juga Pavilyun Abiyasa di Rumah Sakit Geriatri. Sistem parkir menggunakan sistem komputer dan asuransi kehilangan. Jadi, selain bakal mendapat ganti rugi jika terjadi kehilangan, maling motor juga dipastikan tak berkutik di sini.

Masuk pintu kunjungan utama sebuah minimarket dan café segera menyapa. Beragam menu makanan tersedia, juga aneka makanan dan minuman kemasan. Maka, jika anak Anda merengek minta jajan, tak perlu kaki jadi pegal karena harus keluar komplek rumah sakit, tinggal pilih, ambil, bawa ke kasir, sret-sret-sret, anak Anda langsung diam dan pasti senang. Barang lain juga ada mulai sabun, sampo, handuk dan banyak lagi yang anda perlukan ketika berkunjung ke rumah sakit.

Di sebelahnya, kios fotokopi berdiri. Maklum, ada beragam urusan rumah sakit yang mengharuskan setiap pengunjung menggandakan KTP dan beragam dokumen lain. Jadi, cukup mendatangi bagian fotokopi, maka urusan administrasi segera teratasi. Mau SMS tapi pulsa habis? Anda tinggal mendatangi counter celullar di area ini. Di setiap unit layanan anggota dan pengunjung bisa membeli pulsa, semua jenis pulsa bisa didapatkan. SiSehat akan melayani dengan ramah penuh cinta. Transaksi telah menggunakan perangkat kasir computer yang menjamin tak akan ada salah hitung. Dijamin, belanja di sini ini bakal penuh kesan dan memuaskan.

Di sudut yang lain minimarket dan kafe siap menjadi ’unit pemadam kelaparan’ 24 jam, nonstop. Namanya Warung Pelangi, menempel di sebelah selasar, dekat bangsal Kenanga dan Dahlia. Di sebelahnya ada kafe Pelangi. Di kafe Pelangi, selain menu makan dan minum beragam ditawarkan, pengunjung juga bakal dimanjakan dengan hawa ‘adem-tentrem’ karena fasilitas AC. Yang terbaru, ruangan ini dilengkapi Hotspot. Jadi, silakan buka laptop anda, colokan di samping meja. Selain bisa istirahat yang nyaman, berhawa sejuk, Anda juga bisa makan sekaligus berseluncur di jagat maya. Asyik bukan? Coba saja.*

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template