Home » » 90 Persen Koperasi di Bali Berkinerja Aktif

90 Persen Koperasi di Bali Berkinerja Aktif

Denpasar - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali mencatat, sebanyak 90 persen dari 4.407 koperasi di daerah itu berkinerja aktif atau melebihi rata-rata tingkat nasional yang mencapai 25 persen tidak aktif.

"Dari 4.407 koperasi 90 persen di antaranya aktif dan hanya sepuluh persen yang tidak aktif. Meski relatif kecil yang tidak aktif, kami tetap berupaya agar bisa 100 persen aktif," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bali Dewa Nyoman Patra, seusai memberikan sertifikat kompetensi manajer dan memberikan badan hukum koperasi di Denpasar, Senin.


Dia menambahkan bahwa dari jumlah itu, 129 koperasi di antaranya merupakan binaan pemerintah provinsi yang juga semuanya berkinerja aktif.

Sebelumnya 21 koperasi itu berkinerja tidak aktif dengan sembilan koperasi dibekukan karena tidak ada pengurus dan anggota, dua koperasi lain membubarkan diri, dan sembilan koperasi lainnya ingin beroperasi kembali.

Menurut dia, hampir semua koperasi di seluruh kabupaten/kota di Bali kini telah menjadi penggerak koperasi.

Hal itu merupakan salah satu capaian lebih baik bagi perkoperasian di Pulau Dewata yang sempat tercoreng dengan adanya beberapa oknum pendiri koperasi yang beroperasi tidak sesuai dengan aturan seperti sistem multilevel dan memberikan kredit kepada selain anggota.

Padahal, menurut Patra, koperasi tumbuh dari dan untuk anggota sehingga koperasi harus melayani anggotanya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya telah membuat pedoman yakni izin pendirian koperasi belum bisa diproses tanpa adanya pelatihan bagi para manajer koperasi. "Izin belum bisa diproses kalau mereka belum mengikuti pelatihan. Sehingga hal itu bisa menumbuhkan koperasi yang berkualitas," katanya.

Hingga saat ini, lanjut Patra, hampir 50 persen koperasi di Bali memiliki aset di atas Rp 1 miliar. Dengan jumlah itu, koperasi diwajibkan melakukan audit yang dilakukan oleh konsultan publik sebagai tim independen.

Nantinya hasil audit itu bisa digunakan sebagai pertanggungjawaban sebuah koperasi yang disampaikan dalam rapat anggota tahunan. rin

Sumber: depkop.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template