Home » , , » Kunjungan Dekopinda Bantul dan Rombongan ke SiSehat

Kunjungan Dekopinda Bantul dan Rombongan ke SiSehat

Purwokerto - Salah satu prinsip koperasi adalah pentingnya edukasi atau pendidikan. Tanpa edukasi yang mengakar koperasi tentu berjalan tertatih, karena ruh dan semangat koperasi tiada lain adalah edukasi. Berangkat dari semangat tersebut, Senin (8 Oktober 2012) kemarin rombongan Dekopinda Kabupaten Bantul, Propinsi Yogyakarta berkunjung ke KPRI SiSehat dalam rangka studi banding.

Ada sekitar 100 orang yang pada hari itu berbondong-bondong memenuhi unit-unit layanan SiSehat mulai dari mengunjungi Perumahan GSA, Server Unit Parkir, Unit Café Milki, dan unit simpan pinjam.



“Ini tokonya kok baik banget, ” tutur salah seorang Ibu, peserta studi banding sambil menunjuk sebuah patung yang menghiasai Toko Milky bertulisan “Belanjalah Seperlunya, Karena Sederhana Itu Indah”. Mungkin pemandangan tersebut dirasa unik dan tidak biasa, ketika banyak toko lain yang menyediakan etalase yang memikat agar menarik konsumen untuk berbelanja, SiSehat justru melakukan hal di luar kebiasaan. “Itu sebagai bentuk edukasi koperasi dalam menentang konsumerisme” ujar General Manager SiSehat saat ditanya di lain kesempatan.

Sebagian rombongan ada yang mengunjungi unit simpan pinjam SiSehat. Manager simpan pinjam, Ibu Asri Yuliati atau yang akrab dipanggil Mba Ati ini menyambut dan menjawab beberapa pertanyaan yang diutarakan peserta dengan senyum dan keramahannya yang khas.

Tepat jam 10.00 rombongan sudah mulai memenuhi Aula 2 (dua) RSMS untuk mengikuti diskusi lanjut. Acara di moderatori oleh GM siSehat. Sebelum acara inti dimulai, pimpinan rombongan yakni ketua Dekopinda Bantul dan Kepala Dinas Perkoperasian Bantul memberikan sambutan. “Belajar ke tempat lain lebih baik dari pada hanya belajar sendiri di kelas” ujar Bapak Sultio, Kepala Dinas Perkoperasian Bantul mengungkapkan motivasi awal berkunjung ke SiSehat. Beliau juga menegaskan bahwa untuk belajar lebih dalam tentang SiSehat di nilai perlu di kaji untuk melaksanakan magang di SiSehat.

Bapak Rismanto selaku ketua KPRI SiSehat menjadi narasumber dalam acara diskusi ini. Beliau menjelaskan secara seksama tentang SiSehat dari mulai unit-unit layanan, kelembagaan, dan paradigma dalam memandang dan mengembangkan koperasi.

“Memandang koperasi sebagai kekuatan organisasi jauh lebih menarik ketimbang memandang sebagai lembaga bisnis “ jelas Bapak Rismanto di tengah pemberian materi. “Maka kebesaran usaha sesungguhnya adalah imbas dari mengakarnya anggota” lanjutnya. Diskusi berjalan selama kurang lebih dua jam yang dilanjut dengan sesi tanya jawab. Antusiasme peserta pun semakin terlihat ketika pada sesi tanya-jawab.

Sayangnya waktu relatif terbatas. Pukul 12.05 acara selesai, Moderator pun menutup acara dengan pesan provokatif yang terpambang di layar presentasi bertuliskan. “Kalau di koperasi para pengurus, manajemen, badan pengawas, dan anggota tidak ada yang bahagia lebih baik bubarkan saja.” Riuh gemuruh semangat tepak tangan para peserta pun terdengar setelah pesan tersebut diucapkan. []

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template