Home » , , » Laporan Dana Sosial: Inspirasi dari Keluarga Penerima Dana Program SiSehat Peduli Sehat

Laporan Dana Sosial: Inspirasi dari Keluarga Penerima Dana Program SiSehat Peduli Sehat

Tanggal 27 Juni 2012 lalu akan menjadi hari yang bersejarah. Tepat hari tersebut Program SiSehat Peduli Sehat menyerahkan sumbangan kepada beberapa keluarga, yang sebelumnya telah disurvei oleh tim SiSehat. Sekurangnya agar usaha bantuan yang dibangun secara bersama ini berada di tangan yang tepat, yaitu : mereka yang membutuhkan.

Mereka tiada lain adalah nama-nama yang sempat diberitakan oleh SiSehat sebagai calon penerima bantuan di edisi bulletin sebelumnya. Dari merekalah kita bisa mendapat inspirasi berharga. Bukan sekedar cerita penyerahan bantuan, tapi makna kehidupan yang lebih dalam.


Nama pertama adalah Wartinem. Beliau merupakan salah satu orang yang tak pernah tahu warna dunia. Jangankan dunia, Wartinem bahkan tidak pernah tahu warna wajahnya sendiri. Dia juga tak pernah bisa hidup sebagaimana sebagian orang: menikmati masa muda, menikah dan memiliki anak yang lucu. ” Ah, kulo niki gari nunggu pindah ngulon kono koh, Mas (Ah, saya tini tinggal menunggu untuk pindah ke sebelah barat situ kok, Mas),” ujarnya sambil menghunus jari ke aras barat: kuburan.

Beliau adalah seorang yang paham benar tentang kebersyukuran. Watinem tak pernah menyesali perjalanan nasibnya. Kebutaan bukan alasan putus asa, bahkan meski harus hidup sendiri di sebuah bangunan kecil itu berukuran 3 X 4 meter di RT 02/03, Desa Kalikidang, Kecamatan Sokaraja. Di gubug kecil dengan beberapa perkakas seadanya itu Watinem tetap semangat. Hanya saja, karena tubuhnya yang telah renta, kini dia tak sanggup mencari sekeping rupiah.

Barang-barang seperti kasur, sprei, selimut, sandal jepit, sembako dll. diberikan untuk Mbah Wartinem. Sebuah syukur yang luar biasa, pengajuan sebelumnya sebesar Rp. 1.300.000,- (Satu juta rupiah) bisa direalisasikan. Sebagai pertanggungjawaban berupa tanda serah terima seluruh bantuan disaksikan Ketua RT setempat dan penyerahan seluruh kwitansi pembelian seluruh perkakas yang diperbantukan.

Inspirasi selanjutnya dari Keluarga Sarijah. Sarijah dan keluarganya tinggal di RT 5/I Desa Purwodadi, Kecamatan Kembaran, Banyumas. Janda ini hidup sendirian dalam kemiskinan untuk menghidupi dirinya dan satu anaknya yang terlahir dengan keterbelakangan mental. Secara medis, kelahiran anak yang mengalami keterbelakangan mental salah satunya karena kurangnya nutrisi yang pada si janin ketika berada dalam kandungan atau akibat virus yang masuk dalam golongan Torch (Toxoplasmosis, Cytomegalovirus, Rubella atau Herpes) atau penyebab lain misalnya genetis.

Meski hanya sebagian, tetapi salah satu penyebab terjadinya kelahiran seperti ini adalah kemiskinan yang membuat si ibu tak mampu menyuplai nutrisi bagi bayi yang dikandungnya dan keterbatasan pengetahuan mengenai kehamilan. Yang pasti, secara ekonomi, Sarijah sangat kekurangan dan harus hidup dengan kualitas yang sangat rendah. Keluarga Sarijah mendapatkan Rp. 500 ribu.

Kemudian Keluarga Rusmasa yang tinggal di Berkoh Purwokerto, Rusmasa adalah seorang kakek tiga cucu yang hidup dengan kondisi memprihatinkan. Salah satu penyebabnya karena Rusmasa harus hilir mudik ke Bagian Hemodialisa rumah sakit karena harus menjalani proses cuci-darah dua kali dalam seminggu. Inilah salahsatu yang membuatnya anak-beranak ini jatuh miskin dan serba kekurangan. Titik beratnya bukan pada Rusmasa melainkan pada cucu-cucunya yang sedang dalam proses pertumbuhan dan tidak mampu mendapat asupan memadai. Kemiskinan yang menikam hidup keluarga ini membuat Rusmasa dan keluarganya hanya bisa hidup atas bantuan orang lain.

Mereka adalah keluarga yang luar biasa, selayaknya bantuan dari partisipasi banyak orang ini memang tepat ditujukan bagi mereka. Selain ketiga keluarga di muka, ada 2 keluarga lain, yakni Ibu Seni dan dan Ibu Suriyah. Masih banyak dari keluarga di sekeliling kita yang masih membutuhkan pertolongan dari tangan-tangan kita. Dan SiSehat siap menyalurkan niat-niat baik anda. Mari merawat diri dengan berbagi!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template