Home » » Tentang Kesederhanaan: Sebuah Ajakan

Tentang Kesederhanaan: Sebuah Ajakan

Bila anda berjalan ke arah unit layanan Toko Pelangi yang ada di Margono, anda akan diperlihatkan poster besar di salah satu tembok bertulisan “Kesederhanaan adalah Kekayaan Terbesar di Dunia Ini.” Pesan tersebut bukan tanpa makna, justru sarat makna. Itulah ajakan menggugah naluri kita bersama untuk tampil dalam kesederhaan.

Mari kita berjalan-jalan mencari makna kesederhaan dalam kehidupan. Kita harus meyakini hidup sederhana tidaklah berarti miskin. Juga salah bila dimaknai peyoratif sederhana menjadi pelit atau bahkan menyiksa diri. Seperti yang tertulis di tembok Toko Pelangi itu, kesederhaan justru kekayaan terbesar. Karena sikap sederhana hanya muncul dari pribadi yang kaya hati, kuat mengendalikan diri dan peduli terhadap sesamanya.

Menjadi sederhana adalah pilihan, pilihan yang bijaksana tentunya. Di tengah era ilusi glamoritas pilihan menjadi sederhana bak menjadi medan perjuangan yang luar biasa besar. Namun kita tak perlu cemas, perjuangan ini sejatinya mudah. Semudah kata itu sendiri: sederhana.


Banyak yang mengatakan hari ini sudah banyak orang terjebak dengan serangan konsumerisme. Banyak dari kita hanya yang mengkonsumsi kemasan saja. Bahkan hanya memprioritaskan sisi luar saja. Demi tanda prestisius. Kalau boleh berceloteh, orang yang sangat mementingkan kemasan luar inilah bisa jadi tengah mengalami krisis kepercayaan diri. Sungguh aneh bila ada orang yang menjadi tidak percaya diri bila tidak menggunakan ini-itu yang dianggapnya glamor, keren, dsb.

Sejatinya hidup sederhana berimbas pada banyak sisi kehidupan. Menjadi sebab dan menyebabkan ihwal lain. Mari mengandaikan orang-orang yang ada di bumi ini memilih hidup sederhana, kesenjangan sosial tentunya tidak akan hadir secara tajam. Karena orang yang sederhana biasanya peduli dengan lingkungannya. Ketika di sekitar kita masih ada yang tidak mampu makan karena himpitan ekonomi, hati nurani dan naluri kita patut dipertanyakan bila masih menajamkan ketimpangan tersebut di depan mata mereka.

Hidup berlebihan bisa menjadi bahaya. Karena yang diserang dari anomali ini adalah mentalisa. Bisa dibayangkan jika mental ini menular kepada anak-anak kita. Sungguh bisa menjadi ironi jika generasi-generasi penerus telah dihinggapi mentalitas semacam itu.

Sederhana, Sejahtera dan Kebahagiaan

Sederhana merupakan visi dalam mencapai kesejahteraan. Karena orang yang hambur dan tidak efesien dalam konsumsinya sulit menemukan cita sejahtera. Karena kesejahteraan tidak bisa dilihat dari jumlah harta yang kita punya, indikator sederhanaya adalah kebahagiaan. Taruhlah ada orang yang berlimpah harta, dan menganggap penghamburan tersebut sebagai suatu yang wajar. “Toh, saya kan kaya!” ujaran yang biasa menjadi alasan umum. Tapi ada baiknya kita merefleksikan. Apakah selamanya akan berjodoh dengan gaya hidup mewah?

Upaya untuk memperbaiki kualitas hidup sama-sekali tidak salah. Bahkan bekerja keras dan cerdas adalah kewajiban semua manusia. Kemudian hasil yang kita dapatkan tersebut tentunya patut dimanfaatkan. Namun mari menyelami ke dalam diri kita sendiri. Apakah lantas hasil dari kerja keras kita harus selalu dijewantahkan dengan kemewahan? Dengan konsumsi yang sekedar demi menunjang gaya hidup?

Hidup sederhana justru bukti kebersyukuran kita. Orang yang biasa hidup sederhana akan lebih jernih memandang dan membaca dunia sekitar karena melihatnya dengan hati yang lebih bening, tidak terhalang aksesoris untuk memancing pujian orang. Jadi saat kita mendapat suatu hal yang berharga, ada jeda untuk berefleksi, apakah saudara-saudara kita yang lain mendapatkannya juga? Itulah kebersyukuran! []

1 komentar:

  1. BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms whatshap 085600125176 BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template