Home » , , , » Koleksi Motor Antik, Hobi yang Mengedukasi

Koleksi Motor Antik, Hobi yang Mengedukasi

Motor yang digunakan operasional sehari-hari
Hal yang menarik dari SiSehat adalah ragam anggotanya yang penuh kreatifitas. Selalu saja ada hal-hal dan cerita yang unik jika sedang membincangkankan tentang ratusan anggota SiSehat. Maka mulai Bulan November ini, tim SiSehat mencoba menjelajahi dan mencari anggota-anggota. Pasca mengkaji yang dilatarbelakangi rasa penasaran yang tinggi awak tim SiSehat, akhirnya tim SiSehat memutuskan untuk mencari para anggota SiSehat yang memiliki hobi nan kreatif dan menginspirasi tentunya.

Mempunyai hobi yang unik memang mempunyai sense tersendiri. Selalu menjadi sorotan orang-orang dan tentunya tak jarang mengundang decak kagum. Salah satunya adalah seorang anggota SiSehat. Bapak beranak dua ini memang punya hobi yang unik nan menarik: koleksi sepeda motor antik.

Saat ditemui di kediamannya, di daerah Notog, Purwokerto, tim SiSehat sungguh terkagum-kagum. Karena selain motor tua yang klasik, juga ada beberapa barang antik lain menghiasi rumahnya yang sederhana itu. Sungguh atmosfir rumah yang menyenangkan.

 
Si Pitung, salah satu koleksi Bapak Asal Notog
“Memang sebenarnya dari kecil saya sudah suka barang-barang antik,” ujar lelaki yang sudah menjadi anggota SiSehat tiga dekade lalu saat menjelaskan latar belakang minatnya tersebut. Karena sudah terpupuk sejak kecil, akhirnya terbawa sampai kini beliau berumahtangga.

Berburu motor tua, bagi sebagai mereka yang menggemarinya, tentu merupakan kenikmatan tersendiri. Hal itu pula yang dirasakan oleh seorang anggota SiSehat ini . Sekitar tahun 2005 beliau mulai mengoleksi sepeda motor antiknya. Lama kelamaan beliau mulai menikmati, bahkan cukup menseriusi. Rata-rata motor yang beliau beli berkisar buatan tahun 60’-70’an. Sampai akhirnya, walaupun beliau sebenarnya tidak ingin diekspos, SiSehat sedikit membocorkan kini ia punya hampir setengah kodi unit sepeda motor antik bin klasik itu. Dengan kata lain beliau ternyata merupakan pemilik sepeda motor antik terbanyak di Purwokerto.

Motor Tahun 60'an yang masih kinclong
Ada yang unik saat bercerita, ayahandanya ternyata penggemar barang antik juga. Jadi tak perlu heran kiranya, jika kini sang anak pun menggeluti hobi yang sama. Sehari-harinya sang anak tercinta menggunakan motor bebek tua, termasuk untuk perjalanan ke sekolahnya. Sungguh beruntung beliau, hobinya didukung penuh oleh keluarga. Ketika ditanya oleh tim SiSehat, anak-anaknya pun lebih memilih motor klasik untuk operasionalisasi sehari-hari daripada motor-motor jaman sekarang. Bisa dikatakan kini keluarganya sebagai “keluarga motor antik”.

Bapak yang senantiasa murah senyum ini tak sungkan merogoh kantong untuk membeli spare part atau aksesoris motor. Beliau selalu mencari spare part yang orsinil untuk mempercantik semua motornya itu. Saat wawancara sesekali beliau menunjukan spare part motor-motornya yang masih orisinil, bahkan ada yang dalam kondisi 90% orisinil seperti pertama kali motor tersebut dibuat.

Motor ini pernah digjaya pada masanya, kini menjadi antik, dan memiliki citra tersendiri
“Yang ini bahkan kondisinya 90% orisinil,” ungkapnya kepada tim SiSehat sambil menunjuk motor Honda CB tahun 70’an berplat R 5938 A. Si pemilik motor-motor klasik pastinya butuh ketekunan yang luar biasa, harus pintar-pinta menjaga, apalagi untuk mengkondisikan motor tetap di bawah nuansa orisinilitas. Bapak bergolongan darah A ini sudah melakukannya.

Karena banyak orang yang sudah tahu dengan hobi uniknya ini, kini tidak sedikit orang yang menawarkan motor-motor klasik kepadanya. Saat wawancara berlangsung, beliau sempat menerima telepon dari seseorang yang menawarkan motor tahun buatan 1969. “Kalau dulu kita yang mencari, tapi sekarang justru dicari,” jelasnya sambil tertawa, mencairkan suasana wawancara.

Sederet  koleksi motor yang tersimpan rapi
Hobinya ini menuntut keahlian khusus, yang mau tidak mau bagi orang yang menggeluti hobi ini harus mempunyai keahlian tersebut, begitu pula beliau. Bahkan pernah ada kesempatan beliau ditawari untuk menjadi seorang konsultan mekanik dari salah satu bengkel ternama di Purwokerto, namun beliau menolak dengan alasan tetap ingin berkonsentrasi dalam pekerjaannya di rumah sakit. “Saya menolaknya karena takut tidak bisa membagi waktu, saya tetap berkonsentrasi di pekerjaan saya,” tambahnya kepada tim SiSehat.

Untuk pemeliharaan, bapak kelahiran 19 Juli 1967 lalu Ini, beliau lakukan sendiri. Dari mulai cuci sampai penggantian spare part. “Mungkin kalau sudah turun mesin, baru diserahkan kepada ahlinya,” ujarnya kepada SiSehat.

Memperlakukan motor klasik memang memerlukan perhatian khusus. Sang pemilik harus mengenal betul motor-motornya. Mulai dari mesin, spare part, aksesoris, sampai cara membetulkan si motor pas saat lagi rewel. Beliau pun sempat menuturkan, untuk mendapatkan spare part koleksi motor klasiknya, ia meminta bantuan rekan-rekannya sesama pencinta motor tua.

Edukasi dari Si Motor Tua

Salah satu sudut rumahnya yang sederhana, tetap antik dan menarik
Lelaki kelahiran Cilacap ini melakoni hobi ini tak sekedar menjadi hobi biasa. Ada nilai edukasi yang coba beliau praktikan, khususnya kepada anak-anaknya. Rasa nyaman dan keamanan jadi alasan menunggangi motor-motor klasik. Dengan kecepatan yang terbatas tidak membuat penggunanya ngebut-ngebutan.

Alasan tersebut ada benarnya. Kita bisa tengok sehari-hari di jalan raya, selalu ada saja para pengguna kendaraan yang ngebut-nya minta ampun. Selain berbahaya tidak jarang juga menggangu kenyamanan pengguna jalan. Dengan berkendara motor tua, beliau menjelaskan, bisa membuat nyaman si pengendara juga pengendara lain. Kalau ditarik lebih jauh, mungkin ada semacam nilai toleransi dalam berkendara saat menunggangi motor klasik.

Semua speedymeter masih berjalan dengan baik
Tentang keamanan yang lain, beliau menjelaskan motor klasik itu relatif lengkap dalam perlengkapan. “Kaca spion yang sesuai dengan fungsinya,” ucapnya. Selain menjaga kondisi motor agar tetap orisinil, beliau meyakini perlangkapan, seperti kaca spion, untuk mendukung keamanan berkendara. “Kalau kaca spion motor jaman sekarang, agak kurang memadai,” ujarnya.

Terus nilai edukasi lain dari hobi ini adalah hemat BBM. Dengan bermotor antik, bapak yang mempunyai dua anak ini menilai sangat irit BBM karena cc yang terbatas. “Selain keamanan, juga hemat BBM,” tambahnya.

Sejarah mencatat motor CB pertama kali masuk di Indonesia tahun 1971. Sebagian besar unit yang dimilikinya bertipe CB. Semakin tahun, motor ini bisa bertransformasi menjadi cagar budaya tersendiri. Coba dihitung mundur, motor-motor yang dimiliki si anggota SiSehat ini sudah berumur empat puluh tahunan. Umur yang cukup tua bagi sebuah teknologi. Tinggal menunggu bergulirnya waktu motor ini akan menjadi artefak budaya perkembangan peradaban manusia. Bisa dibayangkan, menarik juga jika ada cagar budaya di dalam rumah kita.

Si Biru yang tetap menawan, tahun lahirnya bisa lebih tua dari anda!
Apa yang digeluti ayah dari Abel dan Edwar telah memunculkan fungsi pengingat banyak orang. Ketika di jalan contohnya, saat para pengendara melihat motor klasik sedang melaju, sedikit jeda mungkin akan kembali flash-back, mengingatkan sebagian orang kalau dulu motor itu pernah menjadi tren pas masih muda. Atau bagi mereka yang lahir dan besar setelah era motor-motor klasik itu selesai, akan menghadirkan ragam tanya yang menarik. “Dulu orang tua kita pernah menggunakan motor ini juga kali, ya?”

Selain hal tersebut, juga menghasilkan rasa solidaritas yang tinggi. Para penggemar motor klasik, walau tidak saling kenal secara personal, tak jarang ketika berpas-pasan saling menyapa di jalan raya. Atau ketika salah seorang pengendara motor klasik sedang menemui kesulitasn, contoh mogok di jalan, sebagai sesama pencinta motor klasik seringkali mensengajakan ikut turun membantu. Luar biasa, bukan?

Dimensi Investasi

Sampai kabel rem pun masih terjaga orisinil
Tahukan anda, mengoleksi motor klasik juga bisa menjadi investasi? Harganya cukup progressif, karena semakin antik harga semakin menjadi. Motor-motor milik si anggota SiSehat ini pun tidak sedikit yang menawarkannya jauh di atas harga saat pertama kali beliau beli. Beliau mengatakan saat pertama kali ia beli motor-motor tersebut relatif murah, namun sekarang bisa jadi 2, bahkan 3 kali lipat. Apalagi kalau yang mencarinya juga para kolektor.

Mempunyai hobi tapi sekaligus berinvestasi tentu jadi pilihan yang cerdas. Kepuasan terbayar, masa depan bisa terencanakan. Jika kita telaah lebih dalam, dimensi bisnisnya punya sisi unik, karena transaksi berdasarkan “kesenangan” bukan sekedar perbandingan. Dan sekarang hebatnya hobi ini akhirnya mulai berimbas dan memberi inspirasi bagi yang lain. Kini ada beberapa anggota SiSehat lain yang mulai ikut melirik menseriusi hobi ini dan mulai banyak bertanya kepada beliau.

Saking cintanya kepada koleksi motor antiknya, beliau mengaku, untuk saat ini belum akan dijual. “Jika memang suatu hari ini nanti diperlukan, mungkin saya kan menjualnya, tapi tetap akan menyisakan motor yang paling saya suka,” tutupnya.

Begitulah sekilas cerita dari seorang anggota SiSehat bernomor 1423 ini , ternyata jika ditilik banyak ragam kreatifitas yang dimiliki para anggota SiSehat. Hebat!

Galeri

kpri_sehat's  album on Photobucket

2 komentar:

  1. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    Kami BELI Barang bekas anda dengan harga kompetitif :

    1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI
    HARGA RP. 4000 / BUAH.

    2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL ) SEGALA KONDISI
    KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
    KAMPAS REM BELAKANG TEROMOL BEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

    3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
    YAMAHA MIO SEGALA KONDISI HARGA RP. 5000 / PASANG.
    BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 2500 / PASANG.
    RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES SEGALA KONDISI HARGA RP. 3000 / PASANG.

    4. BOTOL OLI BEKAS MOTOR / MOBIL SEGALA KONDISI RP. 150 / BUAH.
    JUMLAH LEBIH DARI 1000 BUAH HARGA RP. CALL PLEASE...

    5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.

    6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 6000 / SET.

    7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
    HARGA RP. 10000 / SET. JUMLAH LEBIH DARI 20 SET HARGA RP. CALL PLEASE...

    8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    HARGA MINYAK SEGALA KONDISI:
    HARGA RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.
    JUMLAH 2 TON – TAK TERHINGGA, BARANG JELAS ADA, ALAMAT JELAS DIBERITAHU, HARGA RP. CALL PLEASE... ( SAMPLE HARAP KIRIM KE ALAMAT SAYA WALAU CUMA 500CC ).

    MINYAK GORENG BEKAS YANG KAMI BELI DARI ANDA UNTUK KONSUMSI PRIBADI DAN TIDAK UNTUK KONSUMSI UMUM.

    9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, BULLDOZER TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

    10. DIBELI SEGALA MACAM BESI TUA ( ANDA SEBAGAI PENJUAL SEBUTKAN HARGANYA LANGSUNG, BERAPA JUMLAH, LOKASI JELAS, BARANG LEGAL, BILA DIPERLUKAN DOKUMEN LENGKAP & KHUSUS JABODETABEK + TANGERANG SELATAN ). SIAP UNTUK DISURVEY KETEMU !!

    11. TERIMA BONGKARAN RUMAH TUA, RUMAH GEDONG, VILLA, KOST2 AN, GUEST HOUSE, GUDANG, PABRIK, HOTEL MELATI, HOTEL BINTANG 3 / 4 / 5, CAFE, RUMAH MAKAN, RESTAURANT, RUMAH SAKIT, RUMAH BERSALIN, KLINIK, BARAK ABRI, BARAK POLISI

    KAMI JEMPUT BARANG ANDA & BAYAR TUNAI...
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS SELLER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KAMI MENJUAL BARANG DENGAN HARGA KOMPETITIF:

    1. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DLL.
    MINIMUM ORDER 100 KG GRATIS ONGKOS KIRIM JABODETABEK.
    PEMBAYARAN DP 50 %, SISA PEMBAYARAN DILUNASI SETELAH BARANG DIANTAR KE ALAMAT CUSTOMER.

    2. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DSB DENGAN KUANTITI MULAI 10 TON S.D 200 TON PER BULAN KAMI SANGGUP MELAYANI :
    A. ANDA BUTUH BARANG TERSEBUT DALAM WAKTU BERAPA LAMA ??
    B. BARANG KAMI KIRIM DALAM BENTUK SEADANYA SESUAI YANG ADA DI GUDANG KAMI & TIDAK BISA PILIH.
    C. HARGA KAMI GRATIS ONGKOS KIRIM SAMPAI PELABUHAN BANYUWANGI, JAWA TIMUR.
    D. PENAWARAN HARGA ANDA, AJUKAN KEPADA KAMI..

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KETERANGAN:
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS BAGI ANDA YANG CUMA INGIN CEK HARGA.

    MOTTO KAMI: WIN-WIN SOLUTION, ANDA JUAL BARANG KAMI BELI BARANG ANDA TUNAI.
    KAMI MENJUAL BARANG, ANDA SEPAKAT HARGA, KAMI KIRIM BARANG SESUAI ALAMAT CUSTOMER.

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    PIN BB 51964F90
    DHONY & TEAM

    Silahkan copy paste link berikut: http://www.dogihandycrafteknik.indonetwork.co.id/profile/dogi-handycraft-teknik-waste-management.htm

    BalasHapus
  2. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF :

    1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI
    HARGA RP. 4000 / BUAH.

    2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL ) SEGALA KONDISI
    KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
    KAMPAS REM BELAKANG TEROMOL BEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

    3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
    YAMAHA MIO SEGALA KONDISI HARGA RP. 5000 / PASANG.
    BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 2500 / PASANG.
    RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES SEGALA KONDISI HARGA RP. 3000 / PASANG.

    4. BOTOL OLI BEKAS MOTOR / MOBIL SEGALA KONDISI RP. 200 / BUAH.
    JUMLAH LEBIH DARI 1000 BUAH HARGA RP. CALL PLEASE...

    5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.

    6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA SEGALA KONDISI HARGA RP. 6000 / SET.

    7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
    HARGA RP. 15000 / SET. JUMLAH LEBIH DARI 20 SET HARGA RP. CALL PLEASE...

    8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    HARGA MINYAK SEGALA KONDISI:
    HARGA RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, BULLDOZER TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

    10. DIBELI SEGALA MACAM BESI TUA ( ANDA SEBAGAI PENJUAL SEBUTKAN HARGANYA LANGSUNG, BERAPA JUMLAH, LOKASI JELAS, BARANG LEGAL, BILA DIPERLUKAN DOKUMEN LENGKAP & KHUSUS JABODETABEK + TANGERANG SELATAN ). SIAP UNTUK DISURVEY KETEMU !!

    11. TERIMA BONGKARAN RUMAH TUA, RUMAH GEDONG, VILLA, KOST2 AN, GUEST HOUSE, GUDANG, PABRIK, HOTEL, CAFE, RUMAH MAKAN, RESTAURANT, RUMAH SAKIT, RUMAH BERSALIN, KLINIK, BARAK ABRI, BARAK POLISI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    12. DIBELI BORONGAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MASIH BERFUNGSI / SUDAH RUSAK BERUPA: PABX, KOMPUTER SET, AC BEKAS, SERVER, KURSI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    KAMI JEMPUT BARANG ANDA & BAYAR TUNAI...
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS SELLER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KAMI MENJUAL BARANG DENGAN HARGA KOMPETITIF:

    1. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DLL.
    MINIMUM ORDER 100 KG GRATIS ONGKOS KIRIM JABODETABEK.
    PEMBAYARAN DP 50 %, SISA PEMBAYARAN DILUNASI SETELAH BARANG DIANTAR KE ALAMAT CUSTOMER.

    2. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DSB DENGAN KUANTITI MULAI 10 TON S.D 200 TON PER BULAN KAMI SANGGUP MELAYANI :
    A. ANDA BUTUH BARANG TERSEBUT DALAM WAKTU BERAPA LAMA ??
    B. BARANG KAMI KIRIM DALAM BENTUK SEADANYA SESUAI YANG ADA DI GUDANG KAMI & TIDAK BISA PILIH.
    C. HARGA KAMI GRATIS ONGKOS KIRIM SAMPAI PELABUHAN BANYUWANGI, JAWA TIMUR.
    D. PENAWARAN HARGA ANDA, AJUKAN KEPADA KAMI..

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KETERANGAN:
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS BAGI ANDA YANG CUMA INGIN CEK HARGA.

    MOTTO KAMI: WIN-WIN SOLUTION, ANDA JUAL BARANG KAMI BELI BARANG ANDA TUNAI.
    KAMI MENJUAL BARANG, ANDA SEPAKAT HARGA, KAMI KIRIM BARANG SESUAI ALAMAT CUSTOMER.

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    PIN BB 51964F90
    DHONY & TEAM

    Silahkan copy paste link berikut: http://www.dogihandycrafteknik.indonetwork.co.id/profile/dogi-handycraft-teknik-waste-management.htm

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template