Home » , , , » Semangat Akhir Tahun

Semangat Akhir Tahun

Ucapan selamat tahun baru itu sudah sering, bahkan efouria kegembiraan dalam menyambutnya selalu meriah. Satu sama lain saling mengucapkan, dan pasti ramailah media-media sosial tahun baru nanti dengan serangan ucapan selamat yang membahana. Tapi sebelum titik itu terlangkahi, mari nikmati bulan terakhir ini dengan ragam refleksi. Cukup dengan satu tanya, “Apa yang telah kita lakukan dalam satu tahun ini?” 

Tahun 2012 yang mana juga merupakan tahun koperasi dunia, akan segera berlalu. Tak lebih dari 30 hari ke depan, kita akan segera menyongsong harapan-harapan baru. Di penghujung tahun ini, ada baiknya kita mulai mengingat-ingat rangkaian “prestasi” apa saja yang pernah dicapai dari mulai Januari lalu. Layaknya dalam rutinitas di kantor-kantor, penghujung tahun digunakan sebagai waktu menyusun laporan tahunan, kita sebagai individu pun ada baiknya mulai menyusun laporan diri sebagai bahan dasar perenungan. Sehingga kita bisa berkaca agar lebih seksama dalam menentukan langkah ke depan.

Untuk gambarannya ada sebuah cerita; alkisah ada orang-orang yang sedang dalam satu pesta yang ramai namun sengaja dikondisikan dalam gelap gulita, hanya bila menggunakan senter saja untuk melihat suasana pesta.


Sebutlah Si X, dia berada di luar rumah tempat pesta itu, lalu ia menyalakan senternya dan yang ia lihat ternyata kekacauan, ada orang-orang yang bertengkar, sama sekali tidak mencerminkan sebuah kebahagiaan dari pesta. Kemudia si Y ia berada di ruang tengah tempat pesta itu berlangsung, lalu ia menyalakan senternya ia mendapatkan gambaran yang gempita dari pesta itu. Tampak keceriaan, keakraban, sukacita dan persaudaraan yang erat. Si X merasa kecewa berada  ikut dalam pesta itu dan sebaliknya si Y justru merasa senang.

Nah, senter itulah yang menggambarkan bagaiman fokus kita. Bila kita hanya fokus pada hal yang negatif tentunya kita akan terus terjebak dalam rasa sedih dan kecewa. Bila kita hanya fokus pada apa yang tidak menyenangkan yang terjadi sepanjang tahun 2012 ini, maka akan menjadi ihwal yang buruk bagi kita sendiri.

Namun bila kita justru memfokuskan pada hal yang positif, tentang capaian-capain prestasi dan karya yang kita raih tentu akan membawa kita pada kebersyukuran. Maka dari itu mari kita fokuskan diri kita pada hal yang baik-baik saja yang tentunya akan membawa kebaikan pula pada kita. Dari sana kita mulai bersama-sama menciptakan ide dan mimpi kita untuk menikmati penghujung akhir tahun ini. Oh iya yang jelas kita tak perlu menunggu tanggal 1 Januari untuk memulai harapan-harapan itu.

Terakhir, ada statement menarik dari mantan perdana mentri India, Jawaharal Nehru. Ia berujar, “Waktu tidak diukur dengan berlalunya tahun, tetapi oleh apa yang dilakukan, apa yang dirasakan, dan apa yang dicapai oleh seseorang.” Bagaimana, setuju?

2 komentar:

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template