Home » , , , » Sekelumit Kesaksian dari Anak Magang

Sekelumit Kesaksian dari Anak Magang


I.  PROLOG
Kelima anak ini melakukan "pilihan berbeda"dimana saat mahasiwa lain memilih menikmati liburan semester,  mereka mengikuti program magang yang diselenggarakan oleh KOPKUN Unsoed.  Langkah kelima mahasiswa ini layak diapresiate, sebab program ini berbasis kesadaran dan harus melalui beberapa tahap seleksi sebelum ditetapkan berhak mengikuti magang.   Oleh karena itu, tak heran kalau kapasitas mereka memiliki ke-khasan tersendiri yang antara lain memiliki motivasi tinggi, berkemauan kuat untuk menempah diri dan sikap optimis melihat sebuah masa depan.. 

Di minggu pertama, mereka berkesempatan mendapat "kuliah motivasi" gratis di tempat mereka magang, yaitu, KPRI SEHAT RSMS. Koperasi ini merupakan peraih koperasi terbaik di Kab.Banyumas pada tahun 2011. Dalam "kuliah motivasi" ini, mereka di beri ragam ilmu yang tak biasa, ilmu yang belum pernah mereka dapatkan di bangku kuliah.  

Secara garis besar, tema yang diangkat adalah "teori penderitaan berjangka". Dari judulnya saja aneh dan siapa pula yang mau menderita. Teori ini mendorong setiap orang untuk serius membentuk masa depannya, sebab keberhasilan dipandang sebagai imbas dari efektivitas strategi berbasis pengintegrasian fikiran, tindakan dan kedekatan dengan Tuhan. Kelima anak ini awalnya terlihat begitu tegang, namun sang motivator berhasil mengendorkan urat syaraf mereka sehingga lebih relax tanpa mengurangi fokus mereka untuk mengikuti perkuliahan.

Diakhir sesi kuliah motivasi ini, sang motivator memberikan penugasan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 2x24 jam. Mereka harus menjawab 3 (tiga) pertanyaan, yaitu : (i) tentang relevansi magang dengan masa depan; (ii) resume kuliah dan; (iii) apa yang dirasa setelah mengikuti sesi perkuliahan. Jawaban di kirim lewat email.


II.  APA KATA MEREKA??

01.  TAKSIS MONALISA ADISTIN
Dari                      : taksis takaful
Kepada               : dafarafi@yahoo.co.id 
Dikirim              : Rabu, 23 Januari 2013 11:26
 
A.  Relevansi magang terhadap kehidupan masa depan
 photo taksis01_zpsce2fb1a8.jpgRelevansi saya adalah saya ingin memperoleh segudang ilmu dan pengalaman melalui program magang ini. Karna bagi saya ilmu tidak saja cukup untuk mencapai keberhasilan tanpa adanya pengalaman. Sebaliknya pengalaman tidak akan menjadi pelengkap apabila kita tidak sertai dengan ilmu . Sehingga hubungan kedu-duanya adalah saling terkait.
1.       Yang kedua adalah agar dapat membentuk sikap dan mental yang lebih kuat, karna sudah berhadapan langsung dengan masyarakat umum. 
2.       Belajar untuk hidup mandiri, karna usia sudah mencapai kedewasaan dan tidak mungkin selamanya akan bergantung pada orang tua.
3.       Dari sini saya punya teman baru sehingga dapat menjaring relasi yang banyak. Karena saya yakini semakin banyak relasi maka semakin kaya. Semakin kaya semakin bisa bermanfaat bagi orang banyak. InsyaAllah. Aamiin…

B.   Resume Materi
B.1.  Teori Penderitaan Jangka Panjang
1.       Yaitu dimana seseorang dapat bertahan ketika menjalani suatu proses penderitaan/ keprihatinan dalam fase yang cukup lama melalui step by step ritme perjalanan untuk mencapai sasaran yang hendak dicapai, dimana masa penderitaan jangka panjang merupakan masa berjuang.  
2.       Orang-orang yang tidak mampu bertahan pada posisi dibawah, maka orang tersebut mampu tidak bertahan manjadi orang yang berhasil. Karna didalam kesuksesan terdapat keberhasilan yang tertunda. Melalui keberhasilan ini tidak mungkin didapat dengan cara mudah atau secara tiba-tiba. Melainkan dengan jerih payah dan ketekunan serta kegigihan dalam menghadapi berbagai persoalan/ rintangan. 
3.       Orang-orang yang sukses harus siap mengalami keprihatinan. Karena dimana keberhasilan itu bukanlah hadiah dari Tuhan dengan cara serta merta , tetapi Tuhan akan memberikan hadiah  ketika diri kita mampu untuk berikhtiar (berusaha). Keberhasilan adalah imbas dari melakukan hal-hal rasional untuk mendapatkan Karunia-Nya. Jika Tuhan menghadiahkan sesuatu tanpa kita berusaha, maka kebaikan Tuhan patut untuk dipertanyakan/ diragukan, Karna Tuhan memiliki sifat adil.  
4.       Orang-orang yang mau prihatin dan berjuang, berarti orang tersebut mampu untuk menjadi pemimpin masa depan.  Maka ada orang yang kaya maupun miskin. Ini bukan karna persoalan status mereka yang kaya ataupun miskin, tetapi seorang yang pantas untuk menjadi pemimpin masa depan adalah dimana orang tersebut bersedia unuk hidup prihatin. Semakin tinggi jabatan yang ia pegang, maka semakin tinggi pula ia dalam mengemban amanah serta bertanggung jawab untuk memimin bawahannya. Dimana seorang pemimipin selalu siap memberikan pengarahan dan tanggapan yang fleksibel dari setiap masalah.
B.2.  Teori Melipat waktu
Yaitu dimana seseorang dapat menjadi pembeda dari yang lain dengan melakukan berbagai hal atau kegiatan agar kesuksesan itu cepat dapat ia raih dibandingkan dengan yang orang lain.
Misalnya :
pada saat orang tidur, maka anda belajar…
pada saat orang belajar anda juga belajar…
pada saat orang liburan anda mencari kesibukan dengan mengikuti magang…
Pada saat  Mahasiswa selasai kuliah kembali ke kost, maka anda mengambil jalan untuk menjadi aktivis dikampus….
Dari contoh diatas dapat diterangkan bahwa sedikit orang yang mampu melakukan hal yang berbeda. Jadi ciri-ciri orang tersebut adalah ia berani berbeda karna ia menggunakan cara/teori melipat waktu.  Sehingga kesuksesan lebih cepat diraih oleh orang yang pembeda dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan hal apapun.
Dari penjelasan diatas Membangun kapasitas diri memiki tiga sisi:
·         Knowledge ( Pengetahuan). Dimana pengetahuan ini mencakup beberapakriteria, yaitu cakap menulis, membaca, mendengarkan, dan merasakan.
·         Experience ( pengalaman ). Merupakan symbol dari rasa percaya diri. Karna melalui kepernahan  berarti orang tersebut pernah menjalani macam-maacam kegiatan/ aktivitas.  Punya daya ide dan inisiatif yang kuat.
·         Attitude ( Sikap). Sikap ini mampu memerlukan insting yang kuat untuk mempengaruhi orang lain agar keputusannya dapat diterima. Sikap ini cenderung pada sikap yang tenang dan berwibawa.
Dari beberapa proses diatas maka kesimpulannya adalah keyakinan akan melahirkan pola pikir. Dari pola pikir akan melahirkan Tindakan dan tindakan akan mempengaruhi hasil akhir. Sehingga yang menjadi penentu hasil akhir yang baik adalah dari keyakinan yang positif.
C. Perasaan Mengikuti  Materi
1.       Yang saya peroleh pada saat mengikuti materi kemarin adalah :
2.       saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila tulisan ini mengandung kata-kata yang kurang berkenan dihati Bapak.
3.       Rasa senang karna dapat menambah pemahaman saya tentang apa itu tujuan hidup. Dapat santapan rohani walaupun sedikit bingung untuk menjabarkan ilmu ketauhidan, dan dapat pula masukan yang sifatnya membangun dan memotivasi diri agar semangat terus dalam berkarya.
4.       Terakhir dapat pesan singkat dari pemateri : “ Janganlah terjebak pada kenikmatan sesaat, tetapi berfikirlah kenikamatan jangka panjanag”.  Yang intinya kita jangan mudah terkecoh oleh sesuatu yang didapatkan sekarang, karna sesuatu yang didapati sekarang belum tentu baik bagimu untuk dikemudian hari. Belajarlah untuk bersabar….
RESPON PEMATERI
Terima kasih atas emailnya, sebuah cara pengungkapan yang santai dan mencerminkan karakter seorang taksis. Saya memilih untuk tak meng-oreksi apapun juga dari apa yang dituliskan oleh taksis, sebab itu adalah sebuah kejujuran dan daya rekam atas apa yang di lihat, di dengar dan di rasakan. Sy melihat taksis memiliki motivasi yang kuat untuk berhasil. Semoga pengarahan kemarin menjadi sumber energi tambahan untuk memompa semangat dalam menjalani dan mengisi hari-hari berikutnya. Disamping itu, pengintegrasian ketauhidan dan tindakan horizontal membentuk satu formula yang efektif dan mengakselerasi capaian-capaian. Sebab apapun yang terjadi di dunia ini, sesungguhnya semua atas izin Tuhan. 
Okey, tetep semangat dan semoga menemukan tujuan-tujuan sesungguhnya dari kesadaran untuk magang di KPRI SEHAT. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, kembangkan inisiatif dan jadikan momen magang sebagai media strategis peningkatan kapasitas diri. Semoga nyaman menjadi "orang yang berbeda" dan sukses senantiasa menyertai Taksis. Semangat...
02. NURHAENI


Dari                      : Elbaz Dolinx
Kepada               : "dafarafi@yahoo.co.id"  
Dikirim              : Kamis, 24 Januari 2013 13:26

A.  Relevansi magang terhadap kehidupan masa depan
 photo nurhaeni_zps1b3b2bba.jpgDari pengalaman maganglah kita peroleh ilmu dari pengalaman kerja kita, disitu kita dapat mengamati serta mempelajari tekhnis kinerja dari tempat magang yang kita singgahi, kemudian dalam prosesnya, kita dapat melatih kemampuan diri tanpa adanya keterikatan sehingga kita dapat lebih focus untuk menjalaninya. Walaupun tidak sepenuhnya aktif dalam bekerja karna kita bukanlah karyawan, namun dari situ saya menemukan titik awal kunci rahasia untuk dapat membangun lapangan kerja sendiri nantinya, mulai dari perlengkapan  fasilitas suatu unit pekerjaan sampai pada proses bekerjanya. Namun jika hanya pada satu tempat saja dirasa kurang mencukupi, maka untuk lengkapnya saya harus mencari pembandingnya  di tempat lain agar saya dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya, dan itulah yang akan menjadi modal dimasa depan nanti.
B.  Resume
1.       Teori Penderitaan berjangka/Teori Melipat Waktu= Masa penderitaan= masa keprihatinan= berjuang .
2.       Jika dalam proses pada masa tersebut dilandasi dengan ” keikhlasan” maka akan membuahkan  kesuksesan. (Senyum Kesuksesan Hadir pada Kepercayaan Diri Anda)
3.       Keajaiban atau miracle  adalah dari akibat positif dari kebaikan yang pernah dilakukan.
4.       kapasitas diri :
·         Knowledge. Ilmu yang didapat yang disampaikan oleh seseorang bukan untuk meminta bantuan kerja tapi untuk memotivasi diri membangun lapangan kerja sendiri.
·         Experience. (kepernahan adalah sumber percaya diri) inisiatif menjadikan kepernahan dan kepernahan menimbulkan kepercayaan diri.
·         Attitude ( sikap ). Kebaikan lahir dari inerbeauty, pengaruh (kepemimpinan) itulah perjuangan. Dan pejuang adalah orang yang merakyat dan siap dirakyatkan.
5.       Tahapan proses : Keyakinan - pola pikir – tindakan –hasil akhir
C.  Perasaan setelah mengikuti materi penderitaan berjangka
·   kepositifan yaitu kepercayaan diri bahwa perbedaan yang positif menimbulkan peluang kesuksesan.
·   Semakin tinggi keyakinan terhadap sesuatu yang kemudian diolah oleh pikiran maka alam mewujudkannya.
RESPON PEMATERI
Thanks dah berkirim email, artinya nurhaeni mengabarkan bahwa ingin melanjutkan proses magang di siSehat. Saya fikir anda datang di tmpat yang tepat, dimana di tempat ini banyak media untuk mempelajari hal-hal baru dan sangat bermnfaat bagi pembentukan kapasitas diri. Semoga Magang kali ini melahirkan inspirasi-inspirasi baru yang berguna bagi pembentukan masa depan nurhaeni yang lebih baik dan berpengharapan. 
Teteap semangat dan mengembangkan keyakinan, sebab dengan hal itu nurhaeini berpeluang melakukan hal-hal luar biasa. Sukses selalu dan selamat magang....
03. UMMU SHOLIHAH
Dari                      : Ummu Sholihah
Kepada               : "dafarafi@yahoo.co.id"  
Dikirim              : Kamis, 24 Januari 2013 12:00

A.  RELEVANSI MAGANG DENGAN MASA DEPAN
 photo ummuh01_zpsbcc14741.jpgTridarma perguruan tinggi mengajarkan kepada mahasiswa untuk mentransformasi ilmu kepada masyarakat dan melakukan pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat pula. selain itu juga tidak lepas dari dunia pekerjaan yang nanti akan dihadapkan kepada realita yang ada mahasiswa harus mampu punya kapasitas dan kapabiltias dibidang keilmuanya. Melalui magang diharapkan  mahasiswa dapat menjalankan tanggungjawab sosial dan tanggungjawab akademik  ketika sudah terjun di masyarakat seutuhnya.  
Dalam hal ini terlebih dahulu pengertian magang menurut saya adalah lebih menekankan pada praktek kerja dan lapangan. Magang juga termasuk nilai tambahan. Saat ini persaingan dalam dunia kerja sangat membutuhkan kemampuan bersosial dan berkeilmuan  sehingga perusahaan melakukan penerimaan karyawan dalam dunia kerja dapat  dilihat dari berbagai sisi, denganhal tersebut perusahaan akan melihat dari sisi pengalaman, keahlian, dan segala sesuatu yang dapat menunjang dalam pekerjaan. Melalui  magang mahasiswa akan banyak didapat untuk masa depan seperti mendapatkan ilmu baru di lapangan, mendapat pengalaman kerja, menjalin relasi yang baik dengan perusahaan tersebut, memahami wilayah kerja dibidang tersebut, dan juga untuk mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi adalah untuk mentransformasikan pengetahuan perkuliahan terhadap dunia kerja,melatih keprofesionalisme dalam bekerja agar dapat menjalankan fungsi, tugas, kewajiban dan pekerjaan pokok dari institusi tempat saya magang yaitu di KPRI Sehat Margono PWT agar kedisiplinan ilmu saya dapat tercipta, serta untuk mensinergikan idealita perkuliahan dengan realita pekerjaan. Dalam banyak poin tersebut maka banyak pula yang akan saya dapatkan ketika magang di KPRI Margono untuk masa depan saya. Karena semua hal tersebut saling berkesinambungan. Resuman
B.  RESUME MATERI
Materi Teori Penderitaan Berjangka (Teori Melipat Waktu)
Kesuksesan bukan datang dari kekayaan, akan tetapi kesuksesan akan menghampiri kita manakala kita mau berusaha secara prihatin dan sungguh-sungguh. Jadi ketika kita pada posisi nol (berjuang) maka diproses tersebutlah kita harus siap menderita dengan keprihatinan seadanya. Bukan anak orang kaya yang akan menjadi pemimpin masa depan ketika orang tersebut terlena akan kekayaannya yang sekarang dimiliki. Akan tetapi orang miskin yang mau memikirkan dan berusaha dalam proses tersebut.
Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tiga factor diantaranya ada pembinaan individu, pembinasaan, dan ketegaan yang mendidik. Ketiganya dilakukan yang pertama pembinaan terlebih dahulu, akan tetapi yang kedua tidak perlu manakala yang ketiga berhasil dllewati. Ketika sseorang tersebut gagal dalam pembinaan maka harus ada yang mengkontribusikan wejangan-wejangan yang sekiranya dapat memotivasinya agar dapat bangkit dan berubah. Karena dalam proses tersebut dapat terjadi pembenturan mental seperti menjadi seorang peminta-minta ketika orang tersebut sudah dibiasakan dari kecil untuk dituruti apa yang menjadi  kemauannya. Untuk menjadi seseorangpun janganlah mempunyai pencapaian keinginan yang sifatnya sementara saja, akan tetapi semua itu harus dipikirkan untuk jangka waktu yang akan datang. Seperti dalam kasus seseorang yang lebih memilih selamanya menjadi karyawan swalayan yang dalam hal itu iming-imingnya termasuk lumayan dengan gaji yang sudah ditetapkan dan mencukupi, dengan menjadi seorang yang ikut magang tanpa digaji yang dalam lingkup ini substansinya dan tujuannya untuk hanya sekedar mencari ilmu dan pengalaman yang mungkin saja nanti ternyata penghasilannya melebihi kasus pertama tadi bahkan dapat menggaji seorang karyawan bukan digaji sebagai karyawan.
C.  HAL YANG DIRASAKAN MENGIKUTI MATERI
Hal- hal yang dirasakan saya setelah Mengikuti Materi ini adalah saya telah termotivasi dengan sosok motivator kita yaitu bp. Arsyad yang membuat saya mempunyai prinsip bahwa hidup adalah pilihan kita sendiri dengan bagaiman kita megolahnya maka kita akan menghasilkan apa yang telah ditanam sebelumnya. Dimana hidup itu harus mempunyai prospek untuk masa depan. Mungkin cukup sekian dari saya menurut pandangan saya yang sekilas tentang pak Arsyad dan Pak Dodi.
RESPON PEMATERI
thank atas emailnya, sebuah penjelasan yang lugas dan berdimensi luas.Saya berharap keterlibatan ummu di proses magang akan membawa pada satu kemanfaatan jangka panjang, khususnya dalam mencapai cita-cita ummu sesungguhnya. Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan memiliki konsekuensi masing-masing. Semoga ummu melakukanpilihan tepat sehingga ketercapian apa yang dicita-citakan menjadi lebih berpeluang. Sukses selalu dan semangat, semoga ragam inisiatif akan membawa pada lompatan kemanfaatan dalam mengikuti program magang kali ini. Semangatttt...
04. RENITA
Dari                      : Renita Mania
Kepada               : "dafarafi@yahoo.co.id"  
Dikirim              : Kamis, 24 Januari 2013 11:35

 photo renita01_zps090062cb.jpgA. RELEVANSI MAGANG DENGAN MASA DEPAN
Menurut saya, relevansi antara magang terhadap masa depan adalah ketika seseorang telah memiliki suatu pengalaman misalnya magang, maka orang tersebut akan memiliki nilai lebih dari orang lain yang belum pernah memiliki pengalaman apapun di dunia kerja. Karena suatu pengalaman ataupun kepernahan akan menjadikan kepercayaan diri seseorang lebih tinggi daripada orang yang belum pernah melakukan kepernahan tersebut. 

Sehingga, jika seorang mahasiswa yang sudah pernah bekerja, contohnya magang maka peluang untuk mencapai kesuksesan di masa depan akan lebih terbuka daripada orang yang lain. Karena, magang merupakan suatu ajang pembentukan karakter seseorang dan bagaimana seseorang belajar untuk beradaptasi di lingkungan yang baru, yaitu dunia kerja. Dan dari kegiatan magang tersebut, juga akan tumbuh mental – mental yang kuat untuk selanjutnya siap bersaing jika mahasisiwa tersebut telah menyelesaikan pendidikannya di masa yang akan datang. 

B. TEORI PENDERITAAN BERJANGKA
Untuk mencapai sebuah kesuksesan, tidaklah mudah semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi, akan banyak halangan yang dihadapi. Diawali dengan sebuah perjuangan yang kemudian terdapat sebuah masa yang disebut dengan masa penderitaan. Dan penderitaan tersebut akan dialami oleh seseorang dalam waktu yang lama, sehingga disebut dengan masa penderitaan berjangka. Dari penderitaan yang dialaimnya adalah bermaksud untuk meningkatkan kapasitas diri, seperti ilmu pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience), dan sikap (attitude). 

Dimana jika seseorang lebih sering mengalami suatu penderitaan, maka pengetahuan yang dialaminya akan semakin luas, begitu juga pengalamannya. Dan pengalaman tersebut akan menjadikan kepercayaan dirinya semakin tinggi. Serta akan mempengaruhi sikap pada dirinya. Karena dari sikap yang dimilikinya akan ditemukan jiwa seorang pemimpin. Apakah dia layak menjadi pemimpin atau tidak.

Pada masa penderitaan tersebut terdapat sebuah keperihatinan yang harus dialami oleh seseorang apabila ingin mencapai sebuah kesuksesan. Karena, suatu keberhasilan bukan hadiah dari Tuhan yang akan diperoleh secara tiba- tiba, melainkan dengan usaha yang keras. 
RESPON PEMATERI
Renita, karakter adalah salah satu yang akan membawa orang pada kesuksesan. Karakter tidak hanya sebagai pembeda dengan lainnya, tetapi juga sebagai media untuk meningkatkan fungsi penerimaan diri dan menebar pengaruh pad abanyak orang. Teruslah mengembangkan karakter sebagai pendamping kapasitas diri, sehingga 2 (dua) hal ini akan membentuk lompatan capaian. Kesungguhan adalah sisi lain yang melengkapi sebuah pencapaian, untuk itu keseriusan dalam menekuni sesuatu akan membentuk pengetahuan yang cukup dalam melakukan pilihan-pilihan strategis dalam hidup. Sukses selalu dan semangat.....

05.   HALIL BUDIYANTO
Dari                      : Elbaz Dolinx
Kepada               : "dafarafi@yahoo.co.id"  
Dikirim              : Kamis, 24 Januari 2013 13:23
 
A.  Apa Relevansi Magang Bagi Masa Depan?
Menurut hemat saya, mengikuti magang mempunyai relevansi yang kuat terhadap kehidupan masa depan. Magang adalah proses mengaktualisasikan diri dalam kinerja mempraktekan teori secara real di lapangan. Dalam dunia perkuliahan atau sekolah yang sering dipelajari adalah tentang teori-teori ilmu, sehingga belum mempunyai arti dalam kehidupan. Oleh karena itu, untuk dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman ilmu yang kita dapatkan adalah dengan mempraktekan ilmu itu dalam dunia nyata. Magang endiri mempunyai peranan penting dalam meraih masa depan, karena dengan mengikuti magang, kita bisa mengetahui secara langsung manfaat ilmu teori. Selain itu, magang juga bisa menjadi tempat menempa diri untuk mengembangkan potensi dan membentuk sikap dan mental profesional, sehingga dalam meraih masa depan bisa terlihat gambaran apa yang akan kita lakukan. Mempunyai chanel atau jaringan juga bisa menjadi keuntungan besar dalam proses magang. Dengan itu, di masa depan akan mudah untuk mencari panter guna membangun usaha sendiri.
B.  Resume Mengenai Teori Penderitaan Berjangka
Untuk meraih kesuksesan, kita harus melakukan proses penempaan diri yang melelahkan. Karena tak ada kesuksesan tanpa kepayahan. Dalam teori penderitaan berjangka kita akan di ajak menelusuri jalan menapakan kesuksesan yang sejati. Tidak peduli apakah orang itu keturunan orang kaya atau miskin, siapa yang mau mersusah payah dahulu pasti akan mengalami kebahagiaan. Misalnya, mahasiswa yang bersedia meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan yang positif dan mau meninggalkan kesantaian, walau dalam prosesnya dia amat memprihatikan, semua itu adalah proses untuk melipat waktu demi tercapainya kesuksesan. Dalam proses penderitaan itu akan terbentuk kapasitas diri yang memadai, yaitu akan mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman dan membentuk sikap yang baik. Semua itu diawali dengan keyakinan yang akan melahirkan pola pikir. Setelah pola pikir terbentuk baru akan ada tindakan yang menghasilkan titik tujuan.
C.  Apa yang Anda Rasakan Mengikuti Materi?
Yang saya rasakan adalah bertambah semangat dalam meraih impian. Karena menjadi berkembang dan berubah pola pikir saya dalam melakukan segala sesuatu dengan penuh optimis.
RESPON PEMATERI
Hmmm...halil seorang yang generalis dan cenderung filosofis. singkat, pada dan berisi, tetapi mewakili keseluruhan. Itulah kesan kuat atas email yang halil tuliskan. Itu keahlian yang tidak semua orang punya dan bisa menjadi bekal halil dalam menapaki masa depan dengan karakter kuat dan bertenaga. Semoga magang ini akan memberikan tambahan energi untuk menapaki kehidupan yang lebih bermakna. Terus semangat untuk berjuang, karena perbedaan hanya hadir dari sebuah tindakan brilian dan halil berpeluang besar melakukannya. Start from now....or never. Semangat....

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template