Home » , , , , » Konsumsi Adalah?

Konsumsi Adalah?

Saat pintu kantor Milky lantai 2 pertama kali dibuka, anda akan langsung diperlihatkan tulisan dengan background warna hijau segar bertulis “Konsumsi adalah sisa menabung” tepat di pintu masuk ke ruangan simpan pinjam. Lagi, untuk kesekian kali SiSehat menyempilkan pesan-pesan positif di setiap sudut yang ada di lingkungan SiSehat. Dengan kata-kata unik, yang bila didalami memiliki nilai nan bernas diharapkan bisa menjadi serpihan inspirasi bagi para anggota atau siapa saja yang membacanya. Pesan unik ini tidak datang begitu saja atau turun dari langit, ada hal besar yang melatar-belakanginya yakni sebuah kondisi di mana banyak masyarakat kini terjebak dalam jeratan konsumerisme. Keadaan ketika manusia-manusia modern mulai sulit membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang sekedar hasrat. Oleh karena itu SiSehat dalam hal ini merasa terpanggil untuk memberi edukasi lewat pesan-pesan yang dikumandangkan dalam teks-teks yang menghiasi sudut-sudut SiSehat.


Pesan yang tertulis, “Konsumsi adalah sisa menabung”, ingin mengkaitkan antara tindakan konsumsi dan tindakan menabung yang tak jarang sebagian dari masyarakat salah menilainya. Tidak sedikit yang masih menganggap menabung itu hasil dari sisa. Sisa dari pemasukan yang digunakan untuk konsumsi keseharian. Memang hal ini tidak sepenuhnya keliru, orang-orang tua kita dulu juga sempat mengajarkan saat kita kecil, uang yang ditabungkan dalam celengangan tiada lain sisa dari uang jajan kita. Namun langkah tersebut tak jarang membawa kita terlena untuk belanja ini-itu dan kurang menyadari pentingnya menabung, dan malah menabung ini akhirnya dijadikan pilihan langkah yang terakhir. Itu pun bila ada sisa, nah jika tidak ada, bagaimana?

Mau beli motor, kita nabung. Beli perlengkapan ini-itu kita juga nabung, beli rumah juga kita nabung lagi. Menabung ditilik dari semangatnya adalah untuk mempersiapkan masa depan, oleh karena itu pilihan ini patutnya harus diprioritaskan sedari awal. Nah, maka dari itu mengapa tidak kita segera berhijrah persepsi dalam pola pikir menabung? Jika dalam cerita awal tadi, menabung itu sisa dari konsumsi, maka kita sekarang membalikan logika tersebut; justru konsumsilah yang sisa dari menabung. Dengan langkah tersebut, menabung justru menjadi bagian dari perencanaan besar untuk masa depan kita. Sederhananya bila rezeki datang, prioritaskanlah langsung sebagian rezeki tersebut untuk masuk ke pos tabungan kita. Lalu kemudian baru sisanya kita gunakan untuk konsumsi keperluan kita sehari-ini. Ini sama sekali tidaklah sulit, modal awalnya adalah konsistensi kita. Cukup itu saja dulu, mari menabung dan SiSehat siap melayani!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template