Home » , » Laporan Dana Sosial: Membagi Kebahagiaan

Laporan Dana Sosial: Membagi Kebahagiaan



Tanggal 7 Maret 2013 gerbang kesempatan berbuat baik sedang terbuka lebar, itulah hari di mana SiSehat melanjutkan aktivitas berbagi dana sosial. Setelah beberapa hari sebelumnya, kami menyampaikan profil siapa-siapa saja kandidat yang mendapat dana sosial dari program SiSehat Peduli Sehat, kemudian pada haril tersebutlah tim SiSehat mendistribusikan secara door to door dana sosial. Berbeda dengan aplikasi dana sosial sebelumnya, merujuk pada hasil analisa lapangan, tim SiSehat akhirnya mengambil kebijakan sumbangan yang diberikan kepada nama-nama calon penerima berupa dana cash yang telah diperhitungkan sematang mungkin.

Bapak Darmo Sugiyanto, selaku pengawas KPRI SiSehat RSMS pun ikut blusuk membagikan sumbangan tersebut. Beliau menyampaikan informasi tentang program ini kepada para penerima. Rumah pertama yang dikunjungi tim SiSehat adalah rumah Pak Darsun, berlokasi di Desa Mersi. Pak Darsun pun langsung menyambut tim SiSehat yang mana hari itu, ia sedang ”meliburkan diri” dari kesehariannya sebagai penjual buah di Pasar Mersi. Memang dari ujarannya, ia tidak tiap hari berangkat bekerja, apalagi minggu-minggu ini, istri tercinta sedang sakit. Oleh karena itu tidak sedikit waktu dihabiskan untuk menemani istrinya itu.

Dana yang dibagikan kepada Pak Darsun, hasil dari akumulasi kepedulian sosial anggota SiSehat, sebesar Rp. 800.000,- ditambah sumbangan lain dari orang-orang yang hanya ingin disebut sebagai Hamba Tuhan saja. Perlu diceritakan, ada yang menarik ketika proses sebelum pembagian dana ini, sempat ada beberapa pihak yang juga ikut berpartisipasi secara langsung dengan ikut memberikan sumbangan, itulah imbas positif yang diharapkan SiSehat, bisa menjadi inspirasi bagi anggota atau siapapun itu untuk melakukan hal yang serupa. Ada yang lucu saat pembagian dana itu, sang penerima sempat bertanya kepada Tim SiSehat apakah ini ada hubungannya dengan pemilihan kepala daerah, jelas kami pun tersenyum mendengarnya. Bapak Darmo kemudian langsung menjelaskan ihwal program ini.

Rumah kedua yang dikunjungi yaitu Rumah Ibu Kawen. Tidak seperti rumah sebelumnya, tidak ada yang menyambut kedatangan tim SiSehat. Saat itu Ibu Kawen hanya sendirian di rumah berukuran 3x4 meter. Benar, seperti yang diceritakan sebelumnya, Ibu berumur 69 tahun ini tidak bisa melihat, oleh karena itu terpaksa salah seorang dari tim SiSehat berinisiatif, pasca mengucapkan salam langsung masuk ke dalam rumah dan menjelaskan kepada empunya rumah bahwa tim SiSehat berkunjung untuk menyampaikan titipan Tuhan. Syukur luar biasa dana yang diajukan sebelumnya sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah bisa direalisasikan.

Kemudian pembagian dana dilanjutkan sore harinya. Dua rumah bersebelahan milik Ibu Naisem dan Bapak Madrusin yang berlokasi di daerah Bancarkembar RT 05 RW 08 yang tim SiSehat sambangi berikutnya. Distribusi dana sosial ini juga disaksikan oleh Ibu RT dan beberapa warga sekitar, sambil sedikit ngobrol maksud dari kunjungan SiSehat. Ibu Naisem mendapat sumbangan dana sebesar Rp. 800.000,- dan Pak Madrusin sebesar Rp. 1.000.000,- . Yang membuat getir awak SiSehat adalah saat masuk ke rumah Pak Madrusin. Tidak ada perabot rumah tangga yang melengkapi rumah bilik berukuran 3x3 meter itu, yang ada hanya kumpulan, maaf, rongsokan yang menjadi teman Pak Madrusin dalam kesehariannya ketika di rumah. Maklum memang ia hidup sebatang kara dan mencari penghidupannya sebagai seorang pemulung. Namun, dari pendapat dari warga sekitar, di umurnya yang semakin tua, ia tak terlihat letih mencari rezekinya itu.

Terakhir, adalah Ibu Siti Djuaenah. Rumah yang sebenarnya bukanlah rumahnya. Ibu ini terpaksa masih menumpang rumah milik saudaranya. Dana yang diberikan sebesar Rp. 500.000,- plus tambahan dari Hamba Tuhan yang tidak ingin disebutkan nominal dan namanya. Dana tersebut rencanya digunakan untuk menambah biaya kehidupan, apalagi mengingat anak-anaknya yang masih kecil.

SiSehat akan sangat bangga bila gerakan peduli seperti ini terus berkembang, SiSehat meyakini benar bila aktivitass berbagi sama sekali tidak akan mengurangi sesuatu dari kita, justru berbagi sama dengan bertambah.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template