Home » , » Mendalami Simbol Sosial di Sekitar Kita

Mendalami Simbol Sosial di Sekitar Kita

“Saya apresiate atas motto-motto sosial yang di kampanyekan SiSehat, misalnya isu 'sederhana' merupakan menjadi sebuah gagasan yang layak di budayakan” ujar Ibu Martuti di sela RAT ke 33 kemarin.

Apresiasi ini jelas menjadi sumber inspirasi bagi SiSehat untuk mencipta kembali kata-kata bernas dan menginspirasi bagi para anggota. SiSehat percaya, tanda-tanda yang dihadirkan bukanlah sebatas pemanis sudut ruangan. Lebih dari itu, yakni sebuah ajakan untuk menciptakan perubahan-perubahan di sekitar kita.

Contohnya “Meminjam adalah jembatan untuk menabung” ditampilkan di salah satu titik Kantor Simpan Pinjam SiSehat. Tentunya ini tidak sekedar penunjang nilai estetis semata, namun menjadi ajakan bagi para anggota untuk memahami nilai filosofis dari aktivitas simpan pinjam. Satu simbol dengan simbol lain yang ditampilkan SiSehat tidak berdiri sendiri-sendiri tapi satu sama lain saling berkaitan. Maka di meja pelayanan Simpan Pinjam tertera jelas tulisan “Menabung = Membantu”. Dengan membudayakan menabung berbasis kesadaran bisa menjadi salah satu bentuk ikhtiar kita untuk membantu sesama. Semakin besar kita melakukan simpanan, semakin besar pula peluang kita untuk membantu saudara seperjuangan kita sebagai sesama anggota. Simpanan itu pun selanjutnya berpotensi menjadi sumber permodalan bagi usaha bersama kita untuk mendorong dan mempercepat kemandirian koperasi SiSehat.


SiSehat percaya aktivitas kebaikan yang kita lakukan, sekecil apapun itu, tetap akan berimbas pada diri kita
sendiri dan orang-orang terdekat dengan kita. Budaya hidup sederhana tanpa henti terus dikampanyekan SiSehat, memiliki harapan mampu berimbas menghapus gap sosial. Karena nilai sederhana adalah perwujudan lain dari kebersamaan ala koperasi, dalam keseharian kita tidak melihat atribut sosial siapa pun dia, dalam berkoperasi yang penting adalah karya apa yang diberikan bagi kebaikan bersama. Itu saja.

Ke depan simbol-simbol sosial khas SiSehat tetap tampil sebagai upaya memantik pemikiran dan refleksi bagi para anggota. Memang satu kata bisa berjuta makna dalam memahaminya, ya tak ubahnya seperti hidup kita, hidup sekali tapi harus berjuta makna.

1 komentar:

  1. Amiin, semoga bukan sekedar symbol tapi lebih pada kebermaknaan sebagai interpretasi kesadaran atas keterpaduan pemahaman ideologis

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template