Home » » Partisipasi Anggota Menjadi PR Kita

Partisipasi Anggota Menjadi PR Kita



Di antara halaman Laporan Pertanggunjawaban yang ber-cover kuning cerah,  termuat satu bagian  yang menyajikan peta partisipasi aktif anggota SiSehat kurun waktu 2007 sampai dengan 2012. Sejarah merekam Tahun 2007 memunculkan angka 5% jumlah anggota yang loyal, kemudian tahun berikutnya 2008, kembali menghadirkan angka 5% jumlah anggota yang loyal. Tahun 2009 mulai mengalami kenaikan cukup signifikan, dari 903 anggota waktu itu, 16 % nya terkategorisasi sebagai anggota yang loyal. Tahun 2010 tren grafik partisipasi anggota menurun menjadi 14% tapi sebaliknya satu tahun kemudian, tahun 2011 partisipasi mengalami kenaikan yang siginifikan, dari 970 jumlah anggota waktu itu, 310 nya atau 32% terkategorisasi sebagai anggota yang loyal. Namun sayang, tren grafik partisipasi untuk tahun 2012 kemarin  mengalami penurunan, hanya 20% anggota dari jumlah 950 orang yang termasuk ke dalam klasifikasi  anggota loyal. Fenomena ini yang kemudian mulai terbaca dan sempat menjadi wacana yang berkembang dalam RAT ke 33 kemarin.

Dinamika tren grafik pertumbuhan partisipasi anggota SiSehat cukup fluktuatif. Hal ini layak menjadi bahan perenungan bersama, menelusuri akar masalahnya dan mecari solusi efektif. Seperti yang oleh Ibu Martuti pertanyakan saat proses RAT kemarin, fenomena ini menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh elemen SiSehat. Muncul tanya dalam benak seperti yang diiungkapkan oleh Ibu yang pandai bernyanyi ini 1) Apakah hal ini karena tidak adanya hadiah sebagai alat motivasi seperti tahun-tahun sebelumnya; 2) atau karena jarak dan kesibukan anggota yang luas biasa? 3) atau pertanyaan lain karena seperti adanya indikator loyalitas yang berbeda? 4) atau bisa saja karena ada pergeseran “kebutuhan” dari anggota yang memerlukan nuansa sentuhan entertainment dalam aspirasi sosial-ekonomi-budayanya. Itulah pertanyaan-pertanyaan penting yang perlu dijawab segera bersama oleh kita.

Mari telusuri tanya-tanya itu untuk bertemu jawabnya. Analisa yang menyatakan penurunan partisipasi anggota  karena tidak adanya motivasi dalam bentuk hadiah seperti tahun-tahun sebelumnya kiranya kurang begitu relevan. Karena fakta berkata sebaliknya, selama pelaksanaan program SuperPoin yang menawarkan berbagai hadiah justru kurang direspon anggota. Dengan kata lain, berarti ada permasalahan lain yang menjadi sebab dari masih minimnya partisipasi anggota.

Alasan kesibukan dan jarak pun mengemuka, dan hal ini cukup memadai menjadi alasan karena mengingat aktifitas para anggota yang berada di lingkungan RSMS dan Geriyatr  yang sangat padat. Telaah dari kondisi ini, segala unsur SiSehat berupaya berpikir keras dan menghasilkan tawaran jemput bola dan penambahan variasi ketersediaan barang sebagai solusi untuk meningkatkan partisipasi. Misal melaksanakan sistem delivery order khusus bagi anggota, bisa dikirim ke ruangan kerja ataupun ke rumah sang anggota. Sistem ini pun perlu pengkajian mendalam dalam melihat efektifitasnya.

Bicara tentang partisipasi tidak lepas dari peran edukasi. Berita-berita tentang suksesnya koperasi besar berkelas dunia pun dilandaskan pada peran pentingnya edukasi. Oleh karena itu edukasi ini akan tetap menjadi pilihan yang tidak bisa ditawar lagi. Bagi SiSehat every time is education, jadi tidak perlu heran bila setiap sudut di lingkungan SiSehat selalu tampil “sesuatu” yang bisa menginspirasi. Edukasi yang diselingi dengan sosialisasi nan massif dan variatif itu pun harus terus diaplikasikan sehingga besar harapan cepat atau lambat bisa menyentuh titik keinginan anggota mengembangkan partisipasinya secara optimal. SiSehat adalah ruang aspirasi sosial-ekonomi dan budaya para anggotanya, berkembang atau tidaknya SiSehat tergantung para anggota, baik sebagai pemilik maupun sebagai pelanggan. Karena dalam koperasi, tidak lagi mengenal kata saya, kamu, dia atau mereka tapi “Kita”!

Selama sistem yang akan dibangun berlandas nilai dan semangat kolektifitas tentu segenap tim awak SiSehat akan lebih bersemangat lagi mengemban ikhtiar tersebut. Dan harapannya anggota pun bisa meresponnya secara positif dan konsisten. Bagaimana, siap?

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template