Home » , , , » Sehari di Yogya yang Menyenangkan

Sehari di Yogya yang Menyenangkan

Hembusan angin pada Minggu (22/9/2013) dini hari sebenarnya cukup menusuk tulang. Tapi hal tersebut tidak membuat semangat rombongan Dharma Wanita, perwakilan RSUD Prof. Margono Soekarjo, dan KPRI Sehat RSMS Purwokerto menciut, justru sebaliknya, yang hadir malah kehangatan dan keceriaan. Animo rombongan dalam payung keluarga besar RSUD Prof. Margono Soekarjo ini sangat tinggi. Buktinya pukul 02.00 WIB rombongan pun sudah mulai datang, bahkan crew KPRI Sehat sudah hadir lebih dulu, pukul 01.00 untuk mempersiapkan segala perlengkapan tour yang diinisiasi oleh Dharma Wanita RSUD Prof. Margono Sokerajo ini. SiSehat merasa bangga atas turut diundanganya untuk berpartisipasi dalam tour.

Panitia mengabsen satu per satu peserta tour. Setelah komplit, tepat pukul 03.00 rombongan meluncur. Suasana dalam bis pun terasa hangat dan penuh canda. Tak jarang gelak tawa jadi penghias perjalanan.

Waktu Subuh tiba, bis berhenti sejenak, kemudian para rombongan turun untuk melaksanakan sholat di Mesjid Agung Kutuoarjo. Rombongan kembali lalu ke bis, dan paket catering sarapan sudah disiapkan panitia untuk dibagikan. Hal yang menarik, guna tetap melancarkan perjalanan, sarapan dilakukan di dalam bis. Tetapi rombongan tetap sarapan dengan lahap. Dalam perjalanan ada yang menggunakan waktunya untuk mendengar musik, ngobrol, bahkan tidak sedikit yang memilih tidur.

Jam setengah 9 bis sampai di tujuan pertama; Pantai Indrayanti. Menikmati suguhan ciptaan Tuhan ini sungguh mengasyikan. Pasir putih merekam jejak-jejak langkah rombongan. Akhirnya potensi narsisme teraktualisasi juga di Pantai ini. Girlband-girlband yang sedang marak di televis pun kalah dengan pose dan gaya Ibu-Ibu Dharma Wanita ini saat dipotret. Walau terik matahari begitu menyengat, tak sedikit pun menggangu ritual foto-foto. Asyik dan tetap ramai.

Setelah puas menikmati suasana pantai, rombongan berisitirahat untuk sholat dzuhur di salah satu mesjid di Area Prambanan. Di tempat itu, disediakan makan siang yang sebelumnya telah disiapkan oleh Ibu Direktur. Lagi, makan siang pun dilaksanakan di dalam bis. Hal ini menjadi pengalaman yang menarik bagi rombongan tour, dua kali makan di dalam bis. Suasana makan siang tambah asyik setelah adaa perwakilan SiSehat mengawali berkaroke ria.


Kemudian rombongan menuju tujuan ke dua; Museum Ullen Sentalu, di daerah Pakem, Kaliurang. Museum yang sebenarnya akronim dari ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku (Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan) ini membawa rombongan ke sejarah Keraton Yogyakarta dan Solo. Di sana ditampilkan ragam budaya dan kehidupan puteri keratin serta pernak batik, baik khas Yogya amaupun Solo. Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja (Sultan) di keraton Yogyakarta beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Di Museum Ullen Sentalu, rombongan tour mendapat pengetahuan tambahan bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Ada juga berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya.

Tepat sore hari sampai di tujuan selanjutnya, Dowa. Dowa merupakan butik yang khusus menjual tas wanita asli Jogja yang bertaraf Internasional. Kiranya menjadi tempat tujuan tour yang cocok bagi rombongan Dharma Wanita. Tas tas dowa sebagian besar hasil rajutan tangan manusia alias handmade bag dan tentunya ini salah satu cerminan kreatifitas tinggi dari anak bangsa, karena produk Dowa sudah diakui dunia akan kualitasnya.

Kenangan indah dari kunjungan ke Dowa ini, Ibu Direktur, selaku ketua Dharma Wanita berkoordinasi dengan pengurus Dharma Wanita mengkreasi ‘kebijakan’ untuk mensubsidi para anggota Dharma Wanita yang berpartisipasi dalam tour. Sungguh suasana yang menakjubkan. Akhirnya semua ibu-ibu bisa berkesempatan membeli oleh-oleh tas yang sudah dieksport ke Amerika dan Eropa ini.

Sebelum kembali pulang ke Purwokerto tercinta, bis berhenti sejenak di Ambar Ketawang. Para rombongan pun turun berduyun membeli oleh-oleh khas Yogya. Perjalanan dilanjutkan makan malam di salah satu tempat makan di Karang Anyar, kemudian tepat pukul 22. 30 rombongan tiba dengan selamat di RSUD Prof. Margono Soekarjo. Perjalanan sehari ini pun ditutup dengan senyum puas semua rombongan.


Momen ini menjadi kenangan berharga untuk semakin memperat tali silaturahmi dan persaudaraan segenap elemen yang ada di dalam keluarga besar RSUD Prof. Margono Soekarjo, termasuk bagi SiSehat. Seperti bait lirik lagu Iwan Fals, semoga “kemesraan ini janganlah cepat berlalu”. Amin []

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template