Home » , , » Ketika Niat Baik Berbuah Kebaikan

Ketika Niat Baik Berbuah Kebaikan

Berawal dari keterpanggilan Bapak Darmo Sugiyanto setelah mendengar cerita tentang Bapak Isnen dan Ibu Kitem, warga Desa Karang Nangka RT 2 RW 5, Kecamatan Kedungbanteng, yang memiliki seorang anak yang sedang dalam proses tindak lanjut pengobatan, namun karena keterbatasan kondisi ekonomi, kelanjutan pengobatan menemui kendala.

Sang anak dari pasangan Bapak Isnen dan Ibu Kitem itu bernama Aisah Dewi Karmila. Sebuah nama yang cantik. Secara fisik sang anak terlahir dengan jenis kelamin perempuan, namun seiring waktu secara fisik dan psikologis terjadi perubahan gradual dengan kelaminnya. Sang Aisah kecil lebih tampil seperti seorang anak lelaki dibanding anak perempuan. Dia lebih senang dengan permainan-permainan khas anak laki-laki. Awalnya hal ini dianggap wajar, dan tak ada yang menyadari perubahan tersebut. Sampai Aisah duduk kelas dua SD, walau secara fisik dan psikologis dominasi mirip anak lelaki, tapi ia tetap menggunakan seragam perempuan. Sampai pada akhirnya pihak sekolah menyadari perubahan tersebut. Dari alat reproduksinya, walaupun tidak sempurna, ternyata Aisah seorang lelaki. Dibenarkan pula setelah dicek lab, dalam tubuh Aisah terdapat kromosom Y (kromosom yang hanya dimiliki lelaki). Kemudian pihak sekolah menyampaikan informasi kepada orang tua Aisah.

Sebagai orang tua, Bapak Isnen dan Ibu Kitem pun tak bisa berbuat banyak. Memilih berobat tentu pilihan yang sulit, apalagi Bapak Isnen selaku kepala keluarga yang hanya kerja serabutan, membayangkan akan habis berapa rupiah untuk pengobatan perubahan alat reproduksi. Bahkan untuk berbagi cerita pun mereka merasa malu. Keluarga hanya bisa diam seribu bahasa. Sampai pada akhirnya atas dorongan pihak sekolah dan pemerintah desa setempat, orang tua Aisah segera mengobati sang anak. Namun kendala kembali muncul. Karena keterbatasan peralatan kesehatan yang ada di rumah sakit yang ada di Banyumas, sang anak pun dirujuk untuk dilakukan tindak lanjut ke rumah sakit di Semarang. Pernah dilakukan beberapa kali pengobatan pada Tahun 2010 sampai terakhir Bulan Maret 2013 namun hasil belum optimal. Oleh karena itu dalam jangka waktu dekat, Aisah yang kini berganti nama menjadi Riki ini, akan segera dirujuk kembali untuk pengobatan di Semarang. Berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi, orang tua Riki tentu memerlukan bantuan uluran tangan dari pihak yang terketuk hatinya.

Bapak Darmo Sugiyanto, salah seorang anggota SiSehat, merasa terketuk dengan kisah ini. Kemudian beliau berbagi cerita kepada crew SiSehat. Secara objektif crew SiSehat menilai hal ini sebagai peluang kebaikan, khususnya dalam hal berbagi. Atau memang ini semacam suratan, niat baik seseorang bila berangkat dari kejernihan hati akan selalu menemui titik temu jalannya. Akhirnya setelah survey yang dilakukan oleh crew organisasi SiSehat dan kesepakatan dari pengurus pada Hari Jumat 25 Oktober 2013 crew SiSehat bersama Bapak Darmo Sugiyanto berangkat ke Desa Karang Nangka untuk meyalurkan dana sosial hasil dari kolektifitas para anggota SiSehat yang menyempatkan berbagi sebagian hartanya di kotak-kotak SiSehat Peduli Sehat yang ada di beberapa titik di unit-unit usaha SiSehat. Dibantu oleh pihak pemerintah desa setempat, tim SiSehat diajak ke rumah Riki, dengan penuh semangat tim SiSehat, Bapak Darmo Sugiyanto begitu juga pemerintah desa yang tak lain turun langsung adalah kepala desanya, menapaki jalan kecil.

Dana yang disalurkan mungkin belum bisa memenuhi semua kebutuhan pengobatan Riki. Tapi semoga, sekurangnya bisa meringankan beban. SiSehat tentu senang bisa ikut berpartisipasi memberi bentuan. Tentu hal ini tak lepas dari kontribusi para anggota yang aktif memberikan sebagian rezekinya untuk disalurkan kepada pihak yang tepat dan benar-benar membutuhkan. Memang benar adigum manusia adalah mahluk sosial, kita tak bisa hidup sendiri. Selalu, selalu dan selalu memerlukan bantuan orang lain.

3 komentar:

  1. Sangat bagus sekali artikelnya..

    BalasHapus
  2. Semoga Mas Riki segera sehat dan bisa kembali seperti anak normal lainnya

    BalasHapus
  3. Selamat siang sahabat informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template