Home » , , » Tradisi Membahagiakan Orang Lain

Tradisi Membahagiakan Orang Lain

Sudah sejak lama, waktu masih kecil mungkin, orang tua atau para guru kita sering mengajarkan tentang pentingnya saling membantu. Hampir di setiap mata pelajaran, selalu ada contoh yang disampaikan tentang perbuatan yang mulia tersebut. Beberapa di antaranya bisa jadi masih membekas lekat dalam ingatan.

Kini, sudah belasan atau mungkin puluhan tahun lamanya sejak kita diajarkan tentang perbuatan mulia tersebut. Sejenak berefleksi. Apakah ajaran tersebut kita masih mengingatnya, hanya menjadi sekedar ingatan atau telah kita praktikan dalam keseharian, sehingga kita lupa tentang ajaran cerita tersebut karena sudah saking seringnya kita membantu dan membahagiakan orang lain.

Ketika membahagiakan orang lain sering dilakukan sampai kita lupa tentang apa yang diperbuat itulah yang disebut dengan kebiasaan atau tradisi. Beberapa sosiolog, tradisi atau kebiasaan secara sederhana diartikan sebagai sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan. Nah, tampaknya ini akan menjadi sesuatu yang hebat, bila setiap individu berhasil menjadikan agenda membahagiakan orang menjadi kebiasaan, kemudian secara regenerasi disampaikanlah tentang ihwal yang baik ini kepada generasi penerus kita: anak, cucu bahkan cicit. 

Membahagiakan orang lain dapat mencabut sisi egeois manusia, karena yang menjadi indikator kebahagiaan tidak lagi ditujukan pada diri sendiri, tapi lebih luas, kebahagiaan yang sosial, kebahagiaan yang kolektif. Sehingga secara psikologis berbuat baik ini bisa membuat perasaan lebih menentramkan dan mencipta potensi berpengharapan. Secara filosofis, koperasi pun demikian. Kebahagiaan dalam koperasi adalah kebahagiaan bersama.Bukan saya, kamu, dia, atau mereka, tapi kita. Ya, kebahagiaan kita. 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template