Home » , , » Dari Pijat Sampai Trainer Nasional

Dari Pijat Sampai Trainer Nasional

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuju badan yang sehat. Selain dengan menggunakan obat, hipnoterapi  kini sudah digunakan untuk membantu dalam penyembuhan. Cara penyembuhan yang bekerja di area mental dan psikologis ini pun menjadi alternatif dan mulai menjadi salah satu ‘pengetahuan’ yang semakin terus dikembangkan. Sebagai koperasi yang memiliki commonbond anggota para pejuang kesehatan yang mengabdikan diri di RSUD Prof. Magono Soekarjo, Purwokerto, ternyata SiSehat patut berbangga karena salah satu anggotanya merupakan ahli hipnoterapi. Beliau adalah Bapak Beta Sugiarso, S. Kep, nama yang hari-hari ini sering muncul sebagai pembicara di acara training-training motivasi dan seminar nasional.

Capaian hari ini tentu tak bisa lepas dari jejak-jejak langkah sebelumnya. Pak Beta muda mulai memiliki ketertarikan sudah sejak lama dalam hal-hal kesehatan yang alamiah. Tahun 1996 beliau sudah mulai mempelajari tenaga dalam di Pekalongan, tiga tahun kemudian melanjutkan belajar pijat refleksi, dan tahun 2000 belajar akupuntur. Bisa dikatakan minatnya ini berawal dari sebuah hobi. “Iya memang saya sejak dulu sudah hobi dan senang dengan suatu hal yang berhubungan dengan terapi alamiah,” ujar pria kelahiran Brebes ini.

Lebih lanjut, sekitar tahun 2002 dengan keterampilan terapi, Pak Beta muda berkeliling door to door untuk melayani para calon kliennya.  Semuanya dilakukan sambil menjalani pendidikan Formal D3 Keperawatan. Inilah sisi menarik nya, pengalaman benar-benar menjadi pelajaran berharga bagi beliau dalam menentukan langkah berikutnya. Akumulasi dari keteguhan-keteguhan dan kesetiaan dalam bekerja keras inilah yang akhirnya menjadi bekal beliau untuk mengabdikan kemampuan dan waktunya di bidang kesehatan alamiah sampai sekarang. 

Pria yang berulangtahun setiap tanggal 15 Desember ini mulai mengabdi di Pemerintah dan Masyarakat di RSUD Prof.DR. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2005 silam. Momen ini menjadi tangga berikutnya yang dinaiki untuk melakukan loncatan lebih tinggi, karena selang satu tahun kemudian beliau menkreasi ragam ilmu yang dimilikinya untuk disebarkan kepada khalayak luas. Mulailah beliau, saat itu masih sebagai seorang single fighter, membuka pelatihan-pelatihan sambil tetap terus mendalami ilmu hipnoterapi dari satu tempat ke tempat lain. Tahun 2006 belia mulai membuka lembaga training yang bertempat di Dukuhwaluh 04.07 Kembaran Banyumas Jawa-tengah, yang tak lain merupakan kediamannya sekarang.

Tahun 2009, pria yang kinin memiliki aktivitas sehari-hari di Poliklinik Obat Tradisional dan Komplementer Akupuntur RSMS ini, semakin mendalami hipnoterapi dari seorang dokter di Solo. Pengalaman yang membuatnya tidak pernah dilupakan saat itu adalah ternyata ilmu yang beliau dapatkan tidak bisa langsung dipraktikan pasca kembalinya ke bumi Purwokerto. Bukan Pak Beta kalau langsung menyerah begitu saja, justru semakin beliau tidak bisa mempraktikannya, semakin penasaran lah. Pilihannya belajar, belajar, dan belajar lagi sampai suami dari  Ervita Dwi Martyastuti ini mampu mempraktikan ilmu yang ia pelajarinya.
Pak Beta saat sedang menjadi trainer

Keterlibatan Koperasi Untuk Mengembangkan Ilmu


Pak Beta adalah sosok yang fokus pada proses, bagi hidupnya tak ada yang namanya ‘gagal’. Karena dalam nilai yang dipegang teguh adalah muasal dari proses akan mencipta dan memperluas proses yang lebih besar lagi, dan dari tahapan-tahapan itu akan mengirim umpan balik dalam bentuk sumber informasi yang berharga, sampai akhirnya tercapailah apa yang dicita-citakan. Cita-cita itu pun tak lain adalah proses yang terus berlanjut untuk mengkreasi proses yang lebih besar lagi. Terus dan terus, seperti motto hidupnya, “Sekali layar berkembang, maju terus!”

Dari semangat itulah, sekitar tahun 2008 ada peluang bagi ayah Naila Rahma Ulya dan Nasywa Syahquita Aqilla untuk belajar lebih banyak lagi dan semakin mengembangkan kapasitasnya di bidang keahlian kesehatan alamiah. Dengan perencanaan yang matang bersama istrinya, akhirnya beliau memutuskan untuk memanfaatkan dana dari Koperasi SiSehat. SiSehat dalam hal ini merasa bangga, karena kemanfaatan koperasi bisa menjadi jembatan untuk mendapat ilmu yang lebih tinggi bagi anggotanya. Untuk mendukung pengabdiannya, ragam lisensi baik dalam negeri maupun luar negeri beliau dapatkan, seperti Accupuncture,Accupressur,Herbal, Hypnosis, Hypnotherapy, Neuro-Linguistic Programming (TM).

Sampai saat ini, beliau pun tak hentinya terus belajar. Perjalannya menjadi motivator dan trainer ke berbagai daerah pun menjadi sebuah proses pembelajaran berharga. Beliau bangga karena ilmu yang dipelajarinya bisa disebarkan juga diterima dengan baik oleh masyarkat dan civitas kesehatan. Misalnya saat menjadi narasumber di Seminar Nasional di Universitas Brawijaya tentang komplementer dalam keperawatan.

Mengemas Emosi Menjadi Positif

Berbagi Ilmu: Pak Beta bersama para mahasiswa keperawatan
Ilmu yang kita dapatkan di manapun, harus bisa menjadi manfaat, baik bagi diri sendiri dan tentunya bagi yang lain. Ilmu hipnoterapis dan kesehatan alamiah selain digunakan untuk kesehatan, beliau juga mengkreasinya menjadi tools yang beliau ciptakan sendiri, yaitu Emotion Change Strategy (ECS). Tools ini bertolak pada hakikat semua manusia pasti mempunyai emosi, namun sayang tidak semua orang mampu memanual emosinya, bahkan tidak sedikit justru manusia malah dikendalikan oleh emosi. Akhirnya emosi pun dilihat sebagai sesuatu yang negatif. Padahal emosi bila disibak lebih jauh, adalah faktor penting seorang manusia mampu mencapai berbagai tujuan dalam kehidupannya. Dan untuk mengubahnya menjadi positif atau tidak adalah pilihan.

Bersama lembaga trainingnya, Pak Beta sering menggelar ragam pelatihan  untuk mengubah emosi tersebut dengan menyajikan metode dahsyat praktis, mudah dan efektif. Inilah sisi menarik dari tool yang diciptakan oleh Pak Beta. Toolsnya mengubah emosi positif secara efektif  untuk mencapai tujuan dengan indah dan menyenangkan sesuai realita kehidupan. Ketika seseorang mampu menjadikan emosi dirinya positif, maka berbagai hal positif secara alamiah semakin dekat dengan diri kita. Bak magnet, apa yang kita cita-citakan dengan sendirinya mendekati dan terealisasi.

Langkah-langkah dari anggota SiSehat bernomor 2145 ini bisa menjadi sumber inspirasi. Selama mampu bermanfaat banyak dan baik bagi keluarga dan masyarakat, Pak Beta memilki semangat besar untuk terus mengembangkan semua keilmuan yang bermanfaat tersebut. Pak Beta memiliki ketertarikan di bidang kesehatan alamiah, mempelajari, mendalami kemudian menyebarkan manfaatnya. Nah, tak hanya Pak Beta, yang lain pun pasti bisa memberi manfaat bagi sesama dengan cara masing-masing. Bagaimana dengan anda?

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template