Home » , , , » Apa dan bagaimana oleh-oleh RAT 34

Apa dan bagaimana oleh-oleh RAT 34

RAT telah usai dan pelaksanaannya berlangsung khidmat dan demokratis. Kondisi ini juga menunjukan kualitas warga siSehat dalam mengembangkan demokrasi terus meningkat. Semoga hal ini menjadi petanda SiSehat dan segala unsur di dalamnya semakin bisa melahirkan ketakjuban-ketakjuban dari kolektifitas (kebersamaan) yang terbangun.

Inilah point-poin yang menjadi garis-Garis Besar Program Kerja Koperasi SiSehat Tahun 2014.

1. Organisasi. Sehubungan dengan terbitnya UU No.17 Tahun 2012 yang menggantikan UU No.25 tahun 1992, maka perlu dilakukan :
a. sosialisasi kepada anggota tentang UU No.17 Tahun 2012 berikut implikasinya terhadap organisasi siSehat dan anggota.
b. Menyusun Persiapan penyesuaian siSehat dari sisi organisasi dan kelembagaan terhadap UU No.17 tahun 2012.
2. Anggota. Sebagai sebuah institusi pemberdayaan berinisial koperasi, siSehat perlu meningkatkan daya dukung terhadap aktivitas-aktivitas produktif yang dijalankan anggota. Hal ini dimaksudkan untuk membangun relevansi kuat antara kemajuan siSehat dan Kemajuan anggota.
3. Mengintensifkan komunikasi produktif dengan pihak RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto dalam rangka mempertahankan eksistensi organisasi dan unit-unit layanan yang sudah ada maupun menjajagi perluasan kesempatan siSehat mengembangkan unit layanan lainnya di lingkungan RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto.
4. Komunikasi Kelembagaan. Memperluas komunikasi kelembagaan dengan institusi bernafas koperasi dan juga non-koperasi. Hal dimaksudkan untuk semakin memperkuat eksistensi kelembagaan siSehat dan juga bagian dari upaya penjajagan kerjasama yang saling mendukung.

B. Usaha dan Keuangan
1. Mendorong siSehat menjalin kemitraan mutualisme (saling menguntungkan) dengan anggota siSehat dalam bentuk pembangunan dan penyelenggaraan usaha-usaha produktif. Hal ini sangat dimungkinkan mengingat bahwa anggota siSehat adalah insan-insan produktif (berpenghasilan) dan sebagian besar memiliki keahlian yang bisa di dorong untuk membentuk aktivitas-aktivitas produktif yang bermanfaat jangka panjang.
2. Mengoptimalkan pemanfaatan sebagian unit ruko dan sebagian lahan perumahan yang masih tersedia untuk usaha-usaha produktif yang perintisan dan penyelenggaraannya di serahkan sepenuhnya kepada pengurus siSehat.
3. Memperkaya aplikasi strategi pengembangan unit-unit layanan berbasis edukatif (pendidikan). Hal ini dimaksudkan untuk membangun kebermanfaatan jangka panjang baik untuk perkuatan unit-unit layanan siSehat maupun keterbentukan manfaat jangka panjang bagi pribadi anggota.
4. Mendorong pertumbuhan modal. Data menunjukkan bahwa masih perlu dilakukan peningkatan dalam hal permodalan yang bersifat permanen . Disamping untuk memperkuat dan meningkatkan kemandirian usaha-usaha siSehat, langkah ini juga lebih memungkinkan untuk mengembangkan unit-unit layanan yang mempertinggi peluang siSehat memperluas kebermanfaatannya bagi anggota.
5. Memperluas kemitraan mutualisme dengan pihak eksternal yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan anggota dalam arti luas dan juga penguatan kapasitas usaha siSehat

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template