Home » , , , , » Kartika Nur Ma’rifah, Sang Duta RSMS Puteri

Kartika Nur Ma’rifah, Sang Duta RSMS Puteri

Di tengah aktivitas tambahannya sebagai duta, siSehat berhasil mencuri waktu mewancarai sang duta RSMS puteri: Kartika Nur Ma’rifah dari Instalasi Rawat Jalan Abiyasa. Dengan ramah ia menyambut siSehat dan mengajak ke salah satu ruangan untuk mengobrol. Obrolan kecil dimulai tentang perasaannya setelah terpilih menjadi seorang Duta RSMS Tahun 2014-2016. “Ga nyangka bisa terpilih, ga ada persiapan terlebih dulu. Tapi seneng, ada kebanggaan tersendiri,” ucapnya sambil dihiasi senyum. Sebagai anak yang berbakti, sebelum berangkat mengikut agenda pemlihan Duta RSMS,  ia bercerita  menyempatkan meminta doa restu dari orang tuanya. Ternyata ketidak-sangkaannya dan doa reestu dari orang tua kini berbuah amanah. Menjadi seorang duta, perempuan yang akrab dipanggil Mba Etik ini, tentu akan dihadapkan dengan ragam aktivitas di depan mata, dan sang duta puteri sudah siap dengan tugas-tugas barunya. “Insya Alloh siap, ini sudah amanah. Menjadi duta juga membawa nama baik RSMS,” jelasnya lagi.

Belum genap empat tahun, sang duta mengabdi di RSMS. Tepatnya November tahun 2010 lalu awal kariernya melakukan tugasnya di Instalasi Rawat Jalan Abiyasa. Banyak yang ia pelajari dari kehidupan barunya di RSMS. Berbeda saat masih di bangku kuliah yang lebih sering bersua dengan rekan-rekan seumuran, kini ia perlu terampil dan lebih bijak, karena yang dihadapinya adalah semua elemen masyarakat. Sangat beragam karakter dan latabelakangnya. Dari mulai anak kecil sampai usia lanjut harus dilayani dengan baik. Didukung rekan-rekannya yang lebih senior, proses adapatasi jadi lebih cepat. “Di kita sering berbagi pengalaman,” tambahnya.
Juara I Duta RSMS Puteri

Memilih dunia kesehatan pada awalnya adalah masukan dari orang tua. Setelah lulus sekolah menengah atas kemudian ia melanjutkan studi DIII keperawatan di salah satu kampus di Purwokerto. Dan setelah mulai mengabdi di RSMS, ia bisa mengambil hikmah yang berharga. Karena bagi perempuan yang berulangtahun 24 April ini tugas menjadi seorang perawat adalah tugas yang mulia. Membantu orang yang sedang kesulitan. Jadi selalu ada nilai keikhlasan yang harus melekat dalam setiap gerak tugasnya. “Selain sebagai seorang professional, bila lillahi ta’ala, semoga ada nilai plusnya dari Tuhan,” ucapnya dengan bijak

Berkenaan dengan tugasnya kelak menjadi duta, Mba Etik memilih menjadikan momentum ini sebagai refleksi sebagai cerminan diri. Jadi agar semuanya berangkat dari dorongan diri sendiri. Karena mengemban amanah ini harus bisa menjadi sauri tauladan  bagi seluruh masyarakat Margono. Sebagai duta yang juga adalah karyawan RSMS, ia perlu terus dan terus berusaha memberikan pelayanan lebih baik lagi. Ke depan, Ia pun siap untuk membantu program-program dari RSMS.
Bersama Sang Duta Putera

Ada motto yang ia pegang teguh dalam kehidupannya, “Setiap hari adalah belajar. Jadi setiap harus lebih baik,” ucapnya kepada siSehat. Jelaslah kini mengapa nada-nada positif selalu terlontar dari Mba Etik. Selain cantik, sang duta juga memiliki keyakinan dan kesadaran yang luar biasa tentang pentingnya belajar. Ia meyadari benar, bahwa manusia yang baik adalah manusia pembelajar, yang selalu berusaha mencari hikmah dalam setiap detik kehidupan. Dalam konteks ke-RSMS-an, Mba Etik pun berulang kali menyampaikan hal ini kepada siSehat tentang pentingnya memberikan pelayanan sepenuh hati. “Kita harus bisa melatih diri (belajar) untuk terus mengingat satu niat kita melayanai orang lain, harus melatih rasa empati dan juga simpati.”

Di akhir obrolan, ada yang menarik yang terucap dari sang duta, “Di RSMS semua sama, tak ada jurang pemisah antara CS, satpam, dokter, perawat, semuanya tugasnya satu melayani masyarakat. Jadi harus ada kerjasama di antaranya,” jelasnya. Jadi penutup yang menarik. Tampaknya kata-kata ini layak menjadi bahan motivasi kita bersama. []

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template