Home » , , , , » Mengenal Sejenak Sang Duta, Candra Alfianto

Mengenal Sejenak Sang Duta, Candra Alfianto

Candra saat tampil
Tahun 2009 awal menginjakan kaki di RSUD Prof. Margono Soekarjo. Setahun sebelumnya  pria yang akrab dipanggil Mas Candra ini mengikuti seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tak dinyana ternayata ia berhasil masuk lolos ke RSUD Prof. Margono Soekarjo, Purwokerto. Sebagai pemuda yang begitu mencintai daerah kelahirannyanya, Wonogiri, asalnya ia berharap tidak bekerja jauh-jauh dari rumah. Namun Tuhan memilih jalan yang berbeda. Lima tahun yang lalu ia mulai mengabdi di rumah sakit terbesar di Banyumas ini di unit kerja PSR atas sampai tahun 2013 lalu.

Pada momen pemilihan duta RSMS Tahun 2014-2016 ini, pria yang berperawakan agak gempal ini mewakili unit kerjanya: Anastesi. Sebelumnya ada beberapa calon dari unit kerja anastesi yang akan menjadi delegasi, tapi hasil dari mufakat memutuskan Candra Alfianto untuk menjadi perwakilan. Tarnyata hasil dari mufakat berbuah hasil, akhirnya menjadi juara I putera Duta RSUD Prof. Margono Soekarjo Tahun 2014-2016.

Alumni  Akper PKU Muhammadiyah Surakarta ini sosok yang ramah, tutur katanya lembut namun tegas seperti saat ia menjawab pertanyaan dari dewan juri saat perlombaan Sabtu (24/5/2014) kemarin. Adalah momen yang membahagiakan baginya bisa ikut ambil bagian, bahkan sampai bisa menjadi juara. Tidak menyangka memang, namun itulah amanah yang harus dipegang. Walau sudah ditetapkan menjadi juara, Mas Candra masih berseloroh dengan rendah hati, “ Masih banyak yang lebih tampan, masih banyak yang lebih muda, masih banyak juga yang lebih cerdas dari saya,” ujarnya. “Namun ini mungkin sudah rezeki (yang diberikan Tuhan) bagi saya,” tambahnya.

Bersama Juara I Puteri Duta RSMS 2014-2015
Mulai tahun 2013 sang juara mengabdikan dirinya di unit kerja anastesi. Melihat beberapa seniornya di anastesi yang memiliki semangat muda dan pandai memprovokasi rekan-rekan kerjannya untuk beraktivitas kebaikan, ia pun tak ingin kalah. Ia mulai ikut terjun dalam beberapa kegiatan organisasi, salah satunya saat berkreasi membuat acara turnamen futsal bersama HIPKABI-IPAI Bulan Maret 2014 dalam menyambut pembukaan Gedung IBS baru. Sebagaimana yang telah diketahui keluarga besar RSMS, turnamen tersebut berhasil menjadi agenda kebersamaan dan kekeluargaan seluruh pegawai di lingkungan RSMS. Sedikitnya ada lebih dari 200 karyawan berkumpul mengikuti lomba, belum lagi para supporter yang sengaja datang untuk mendukung unit kerjanya masing-masing.

Tentang pemilihan duta yang telah berhasil diselenggarakan, Mas Candra punya perspektif bahwa kegiatan semacam itu sangat bagus, bahkan perlu ujarnya saat ditemui tim siSehat. “Karena seperti yang kemarin kita lihat, ternyata ada karyawan-karyawan yang bisa nyanyi,” tambahnya. Jadi menurut sang suami yang menunggu istrinya yang sedang hamil lima bulan ini, kegiatan-kegiatan seperti ini perlu untuk menggali potensi-potensi bakat  dan talenta yang dimiliki karyawan di lingkungan RSMS. “Kaya futsal kemarin, dari sana kita bisa lihat siapa yang jago, akhirnya bisa buat tim (Margono) dan menjadi juara di salah turnamen futsal.”

Memilih dunia kesehatan sebenarnya berangkat dari hasil berpikir realisitis Mas Candra saat muda. Yang ada dalam benak, yaitu mencari tempat kuliah yang memiliki peluang kerja yang besar. Saat ini yang paling potensial, menurutnya, adalah menjadi perawat. Maka ia memutuskan melanjutkan studinya di salah satu akademi perawatan di Surakarta. Walaupun bermula dari titik pijak realistis, namun tidak menjadikannya pragmatis. Apa yang saat ini ia dapatkan adalah amanah, apalagi melayani masyarakat adalah bagian dari ibadah. Jadi apa yang diberikan kepada institusi RSMS ini merupakan pengabdian total untuk melayani. Apalagi ia begitu merasa beruntung karena berdamping dengan rekan-rekan senior yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap kualitas pelayanan kepada masyarakat. Lebih dari lima tahun mengabdi, keinginan bekerja dekat dengan tempat kelahiran berangsur mulai terhapus karena semangat bekerja. “Sampai pensiun pun mungkin nanti saya di sini,” ujarnya sambil tertawa.

Sebagai bagian dari keluarga besar, apalagi kini resmi menjadi duta RSMS, Pria yang beralamat di Perum Kalikidang Blok O 10 ini memiliki harapan RSMS akan menjadi rumah sakit yang semakin baik dan memberikan pelayanan yang terbaik pula kepada masyarakat dan berjalan sesuai dengan landasan visi-misi RSMS. "Saya mengajak kepada seluruh warga RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo untuk menjaga citra baik rumah sakit dengan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, dan selalu bersikap sopan, ramah, dan murah senyum terhadap masyarakat atau pasien." ucap sang duta. Kemudian, "Ucapan terimakasih kepada istri dan orang tua yang selalu mengsupport dan terimakasih juga kepada teman-teman anestesi (IATI), tentunya tak lupa teman-teman perawat bedah IBS RSMS. Mari kita jaga kekompakan yang selama ini sudah terbina, " tambah sang duta di penutup wawancara. Harapan Mas Candra tentu sama dengan harapan seluruh elemen yang ada di lingkungan RSMS. Semoga RSMS terus memberikan kualitasnya, sebagai bagian dari rumah besar RSMS, siSehat tentu siap mendukung hal-hal positif yang dibangun RSMS. 

3 komentar:

  1. Mantap mas candra, hidup rsms, hidup anestesi

    BalasHapus
  2. Selamat Mas Candra, kami turut bangga dan berbahagis sekali atas prestasi kerja mu saat ini, tetap Istiqomah, Insya Alloh selalu berkah..... Aamiiin.

    BalasHapus
  3. congratulation mas candra..... semoga amanah.... alumni Keperawatan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta ... smoga bisa menjadi contoh untuk semua menjadi lebih baik.. amin

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template