Home » » QURBAN BERJAMA'AH 1436 H

QURBAN BERJAMA'AH 1436 H


KESETIAKAWANAN DAN KEPEDULIAN DI QURBAN BERJAMA'AH 1436 H


           
Jam 06.30 Wib, Pasukan Qurban Berjama’ah  sudah standby di lokasi pelaksanaan, mulai dari unsur RSMS, Babinrohis RSMS, DWP (Dharma Wanita Persatuan) RSMS dan KPRI SEHAT RSMS. Apakah penyembelihan hewan qurban langsung dilaksanakan?. Belum, sebab masih menunggu para peserta Program Qurban Berjama’ah RSMS 1436 H yang akan hadir menyaksikan sesuai dengan undangan jam 07.00 Wib sesuai undangan. Sisa waktu yang ada dioptimalkan untuk koordinasi teknis dan penyiapan segala peralatan yang diperlukan. 8 (delapan) orang pasukan penyembelih hewan sudah siap dan 25 (dua puluh lima) orang bagian packaging juga siaga. Tidak ketinggalan, kaum ibu anggota DWP RSMS juga siap turun tangan membantu proses distribusi daging dan memasukkannya ke dalam kantong. Sungguh sebuah Harmonisasi dan kombinasi yang indah diantara RSMS, Babinrohis RSMS, DWP (Dharma Wanita Persatuan) RSMS dan KPRI SEHAT RSMS. Sekitar Jam 07.00 Wib, diperoleh kepastian dari sebagian peserta program qurban untuk mempersilahkan penyembelihan. Satu sapi pun mulai digiring dengan teknik ciamik yang diperagakan oleh para ahlinya. 

       
Sapi pertama cukup
cooperative dan dalam waktu singkat penyembelihan pertama pun sukses dilakukan diiringi gema takbir yang mengalun dari segenap yang hadir. Setelah memastikan sapi tidak bergerak lagi, pengolahan pun diawali dengan proses pengulitan. Sapi kedua pun menyusul dieksekusi setelah semua peserta program mempersilahkan. Alhamdulillah, juga berjalan lancar sebagaimana sapi yang pertama. Selanjutnya, penyembelihan 2 (dua) kambing, sementara 2 (dua) sapi lainnya sementara ditundakan menunggu Bapak Direktur RSMS dan pejabat struktural menyelesaikan apel pagi. Akhirnya, penyembelihan 2 (dua) sapi terakhir pun digelar bersamaan kehadiran Bapak Direktur RSMS dan para pejabat struktural.

Sebelum penyembelihan, Dr. Haryadi  Ibnu Junaedi,SpB. Selaku  Direktur RSMS memberikan arahan dan sekaligus menyemangati segenap panitia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa hal yang antara lain:
1. Qurban mengingatkan kita tentang  kisah pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Kisah itu menunjukkan bagaimana seharusnya keimanan terhadap Allah SWT itu secara kaffah dan penuh keikhlasan. Ini merupakan tauladan yang harus kita resapi dan juga contoh dalam keseharian hidup. Kita tidak perlu ragu dalam segala urusan yang berhubungan dengan keimanan sebab kedekatan kepada Allah SWT bermakna penjagaan Allah SWT di hidup kita. 
2. Program Qurban jama’ah RSMS 1436H ini merupakan bagian dari upaya untuk merekatkan dan meningkatkan kualitas ukhuwah (persaudaraan) segenap civitas RSMS. Disamping itu, hal ini juga untuk membangkitkan dan atau meningkatkan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Sebab, faktanya sebagian dari anggota masyarakat ada yang hidupnya belum beruntung  sehingga memelukan kepedulian dan kekikhlasan dari anggota masyarakat lainnya dalam bentuk berbagi. Oleh karena itu, program ini juga diharapkan sebagai pengingat dan sekaligus penyemangat untuk senantiasa peduli terhadap sesama.
3. Berharap program ini menjadi awalan dan akan ditindaklanjuti di tahun-tahun berikutnya.          

Usai sambutan, penyembelihan sapi ke-3 (ke tiga) dan ke-4 (ke empat) pun dilaksanakan. Kini tim semua bergerak menjalankan tugasnya masing-masing, ada yang mengkuliti, ada yang membersihkan, ada yang memotong daging, ada yang me-nimbang, ada yang memasukkan ke dalam kantong plastik  dan ada pula yang menghitung guna memastikan terpenuhinya target distribusi yang sudah direncanakan. Sebab, bisa jadi persoalan besar bila jumlah akhir bungkusan kurang dari kupon yang disebarkan kepada kelompok penerima. “Hal ini jangan sampai terjadi”, demikian pesan dan arahan Pak Direktur di rapat koordinasi terakhir.

Alhamdulillah, seperti prakiraan awal menjelang jam 12.00 Wib proses pembungkusan hewan qurban sudah selesai dan siap dibagikan kepada mustahid yang menurut rencana dimulai  jam 13.00 wib setelah istrahat satu jam untuk menunaikan sholat zuhur dan juga makan siang. Menjelang jam 13.00 wib, para pemegang kupon mulai berdatangan secara bergelobang. Mereka adalah anggota masyarakat sekitar RSMS dan juga sekitar RS.Geriyatri. Juga tidak ketinggalan para tukang becak yang biasa nge-temp di sekitar RSMS. Dari lingkingan internal, juga ada para karyawan Cleaning Service, kelompok sopir, kelompok satpam, kelompok petugas parkir dan juga para petugas toko.

Ada kebahagiaan dan juga keharuan luar biasa atas kesempatan yang diberikan Tuhan menjadi bagian dari pegelaran “qurban berjama’ah RSMS 1436H” ini. Disatu sisi kagum atas kepedulian civitas RSMS yang hanya dalam waktu singkat bisa terkumpul 4 (empat) sapi dan 2 (dua) kambing, disisi lain mendapati aura keceriaan dan kebahagiaan di wajah-wajah barisan mustahid (kelompok penerima hewan qurban) merupakan pengalaman bathin luar biasa. Tak cukup digambarkan dengan kata-kata. Sungguh sangat membahagiakan dan sekaligus mengharukan berkesempatan menjadi bagian dari perhelatan kepedulian dan kesetiakawanan yang ter-packaging dalam program Qurban Berjama’ah. Terkadang sesuatu hanya biasa saja bagi sesesorang namun ternyata bermakna kehidupan bagi lainnya.  Semoga kepedulian terus menginspirasi energi untuk mengisi hidup dengan kebaiakan-kebaikan yang meningkatkan kemanfaatan bagi sesama dan juga kemuliaan dihadapan Tuhan. 

Sebagaimana harapan besar Bapak Direktur, semoga ini awalan yang kemudian menjadi budaya Tahunan di lingkungan RSMS. Disisi lain, semoga program ini juga efektif membangunkan dan atau meningkatkan semangat kepedulian dan juga gairah berbagi di keseharian segenap civitas RSMS. Amin Ya Robbal ‘Alamin.







          


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template