Home » » MEMANTIK KEAKRABAN LEWAT TURNAMEN VOLLEY

MEMANTIK KEAKRABAN LEWAT TURNAMEN VOLLEY

Sekelompok karyawan/ti di lingkungan RSMS berinisiatif menggelar satu turnamen Volley yang mempertandingkan antar club Volley dadakan dari masing-masing unit kerja di Lingkungan RSMS.  Event ini kemudian dikaitkan dengan agenda peringatan Hari Kesehatan Nasional. Event ini sangat bergengsi dimana 8 (delapan) club berjuang  memperebutkan piala Direktur RS Margono Soekarjo Purwokerto. Pertandingan di gelar pada  hari Minggu, 8 November 2015 yang dimulai pagi hari tepatnya pukul 08.00 WIB  

             Pegelaran kompetisi tergolong serius dimana  Peraturan pertandingan menggunakan standar  Internasional terbaru yang disahkan pengurus pusat PBVSI.  Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur dengan Two Winning Set (Dua Set Kemenangan Rally Point).Tidak hanya dari sudut aturan saja, untuk lebih memeriahkan turnamen, panitia mempersilahkan setiap tim  untuk menggunakan jasa pemain profesional dengan jumlah  maksimal 3 (tiga)  pemain. Kebijakan panitia inipun membuat mutu setiap pertandingan menjadi sarat kualitas.
            Turnamen diawali dengan acara seremoni. Dalam sambutannya, Selaku ketua Panitia Rismanto, SKM mengucapkan terima kasih atas kinerja dan kekompakan segenap panitia sehingga turnamen bisa diselenggarakan sesuai rencana.   Beliau juga mengapresiasi tingginya animo para suporter yang datang untuk mendukung tim kesayangannya.  Lebih lanjut beliau  memaparkan bahwa turnamen  bukanlah sekedar menjadi  juara, tetapi juga bagian dari upaya menjaga kesehatan jasmani, media saling mengenal antar bagian dan momen yang baik untuk menyambung  silaturahmi antar unit kerja. Turnamen  Volly ini juga diharapkan bias menjadi vitamin atau media refreshing  segenap karyawan/ti RSMS disela rutinitas memberi pelayanan terbaik kepada pasien dan masyarakat. Di akhir sambutannya, beliau  mengucapkan terima kasih atas dukungan RSMS sehingga turnamen  Volly bisa di gelar dan sekaligus memohon perkenan  perwakilan dari manajemen RSMS (cq. Ibu Nurekta) untuk memberikan arahan dan sekaligus membuka turnamen ini  secara simbolis. .
Add caption
            Dalam sambutannya Ibu Nurekta menyampaikan permohonan maaf dan salam dari Bp Direktur RSMS atas ketidakhadiran beliau dikarenakan sedang berada di kota Semarang dalam rangka perjalanan dinas.  Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas inisiasi dan gagasan pegelaran turnamen ini. Beliau juga  mengapresiasi segenap  pihak yang telah meluangkan waktu liburnya untuk mendukung tim kesayangannya  sehingga menambah semaraknya turnamen volley kali ini.  Beliau berpesan bahwa Kemenangan memang harus diraih tetapi sportivitas lebih diutamakan dan wajib dijunjung tinggi. Beliau mengingatkan bahwa pegelaran turnamen ini adalah media untuk mempererat tali persaudaraan sesama karyawan/ti RSMS dan sekaligus menjaga keseimbangan otak kiri dan kanan, khususnya lebih mengaktifkan otak kanan.   Beliau berpenilaian bahwa turnamen Volly  ini juga bisa menjadi bagian dari upaya mencari  bibit terpendam yang layak difaslitasi  untuk membawa nama harum RSMS.  Beliau bahkan berharap ke depan yang diselenggarakan tidak hanya olahraga saja, tetapi juga perlu digagas semacam pentas seni sehingga menambah dinamika RSMS.  Lewat  berbagai kegiatan, lomba dan media kebersamaan semacam ini juga  diharapkan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja seluruh karyawan/ti RSMS. Di penghujung sambutan, beliau mengutip satu  ungkapan mensana in korpore sano (didalam tubuh yang sehat tersimpan jiwa yang kuat) dan sekaligus menyampaikan harapannya agar pegelaran olah raga volly ini tidak berhenti pada turnamen  ini tetapi juga bisa dilakukan sebulan sekali dalam format olah raga bersama . Akhirnya, secara simbolis turnamen resmi dimulai dengan melakukan servis  bola. Ternyata, Ibu Nurekta cukup mahir dalam melakukan service..sebuah pemandangan menarik dan menghibur…. Turnamen pun dimulai….

Jalannya Turnamen
Diikuti oleh 8 (delapan) club yaitu, Club Analis, HIPKABI, IPAI, RADIOLOGI, PPNI, Security,  si SEHAT A dan Clup si SEHAT B, masing-masing club bertanding sesuai hasil drawing yang dilakukan saat technical meeting berlangsung. Hasil drawaing menempatkan siSehat B harus berhadapan dengan Tim Analis; Hipkabi berhadapan dengan IPAI; Radiologi berhadapan dengan PPNI dan; Security berhadapan dengan  Tim siSehat A.
            Pertandingan perdana menampilkan team koperasi Sehat B yang berhadapan dengan tim  Analis .  Pertandingan berjalan seru dan seimbang, masing masing club saling serang dan mengejar point. Berbagai strategi dan taktik cantik mereka peragakan. Kualitas sebanding memaksa  pertandingan harus dilalui dengan 3 (tiga) babak untuk menentukan pemenang. Akhirnya, si Sehat B beruntung sebagai pemenang untuk partai perdana ini.  Pertandigan kedua mempertemukan antara Hipkabi dan Tim IPAI. Pertandingan ini dimenangkan oleh Hipkabi. Tim radiology keluar sebagai pemenang dalam pegelaran pertandingan Partai ke 3 (tiga) saat melawan PPNI. Sementara itu, Security sukses menunjukkan kedigdayaannya dengan mengehmpaskn tim siSehat A. Akhirnya, Babak penyisian melahirkan 4 (empat) semifinalis   yaitu; siSehat B, IPAI, radiology dan Security. 


Sisi Lain Pegelaran Semifinal
            Ada yang menarik di pegelaran Babak Semifinal pertama yang mempertemukan antara Tim si Sehat B dengan  IPAI. Disatu sisi Bapak Rismanto, SKM terdaftar sebagai pemain Tim IPAI, disisi lain beliau sendiri adalah ketua KPRI SEHAT dimana tim siSehat B Bernaung. Perang bathin mungkin dialami oleh beliau, disatu sisi beliau harus mati-matian membela Tim IPAI dan disisi lain itu berarti beliau harus merontokkan perjuangan Tim siSehat B. Namun, kecanggihan strategi Tim IPAI tak cukup bisa membendungs semangat Tim siSehat B yang tampil menggila dengan strategi dan taktik ciamik dan antisipatif.  Akhirnya, Tim IPAI menyerah setelah melalui 3 (tiga) set pertandingan. Sebuah pejuangan yang melelahkan. 
            Pertandingan selanjutnya juga tidak kalah seru dan sengit saat pertandingan semifinal ke-2 (dua) berlagsung dimana Tim  Security berhadapan dengan Tim tangguh Radiologi.  Postur tinggi dan tegap tidak menyurutkan langkah club Radiologi memperagakan permainan cantik untuk mengimbangi permainan Club Security yang taktis. Jual beli pukulan, saling smash dan peragaan permainan ciamik membius penonton memadati area pertandingan. Akhirnya perlawanan sengit Tim  Radiologi harus terhenti secara terhormat dan mengakui kemenangan Club Security. Akhirnya, partai final mempertemukan antara Tim siSehat B dengan Tim Security.

Pertandingan Final
            Setelah pertandingan sempat terhenti akibat hujan yang mengguyur lapangan akhirnya partai  final dilaksanakan antara Tim  siSehat B dengan Tim Security. Jumlah penonton kian  banyak berdatangan memadati area pertandingan.  Bahkan beberapa penjual didepan pagar  RSMS dan para penarik becak  memadati area pertandingan untuk menyaksikan partai final ini.
            Pada partai final ini,  untuk bisa keluar sebagai juara sebuah  tim  harus memenangkan tiga set dengan system  rally point. Untuk menetralisir aura memanas partai final, kedua team terlebih dahulu bersalaman &  foto bersama panita… sebuah antisipasi cerdas dari panitia agar tetap pada koridor keakraban.  Partai ini diprediksi bakal berjalan sangat seru.  Tingginya  tensi pertandingan juga merasuki segenap  suporter dan penonton.
            Babak pertama dimulai, gemuruh dan sorak para pendukung dan penonton membahana semenjak peluit panjang tanda pertandingan dimulai. Dengan tekad bulat memburu kemenangan Kedua team memulai babak pertama dengan permainan cepat.  Gebrakan, serangan, dan smash membuat bola voli berpindah tempat dengan cepat, diselingi suara dentuman pantulan bola voli, teriakan pemain dan sorak sorai penonton  membaur menjadi satu. Dengan postur tinggi, tegap dan lincah dalam melakukan blocking membuat tim Sehat B kesulitan, dan babak pertama menjadi milik tim security dengan kemenangan 2 (dua) set.
            Kekalahan di babak pertama membuat tim Sehat B penasaran dan terpacu semangatnya untuk meninkatkan semangat dan strateginya di babak kedua . Kekompakan, keuletan dan kejelian dalam membaca bola membuat tim Sehat B menjadi begitu perkasa di babak kedua dan sukses menjadikan  kedudukan imbang 1-1 . Pertandinganpun kian memanas walau aura kegembiraan terbalut sedikit ketegangan tetap terlihat di kedua belah pihak...
            Memasuki babak ketiga penonton semakin menyemut memadati area pertandingan, tidak ketinggalan supporter masing masing tim berteriak lantang dalam meneriakan yel yel dukungannya. Tim security memulai babak ketiga  dengan baik, kombinasi smash, jumping serve dan high blocking diperagakan dengan apik. Tim Sehat B harus berjibaku untuk membendung serangan bertubi dari tim lawan. Ditengah serunya pertandingan  tim Sehat B terpaksa kehilangan salah satu pemainnya karena cedera saat melakukan lompatan, rupanya ada otot yang tertarik yang memaksa pemain harus berhenti bermain dan digantikan pemain lain.
            Kehilangan satu pemain inti membuat pertahanan Sehat B goyah, yang akhirnya memaksa untuk mengakui kehebatan gempuran tim security. Kedudukan 2-1 untuk tim Security. Memasuki babak keempat tim security hanya membutuhkan satu kemenangan untuk memastikan juara, sementara tim Sehat B membutuhkan kemenangan untuk mempertahankan asa juara.
            Babak keempat dimulai…..dengan asa dan semangat  membara, deraan letih dan keringat bercucuran tidak membuat kedua tim kehilangan permainan terbaiknya. Dengan tensi yang semakin memanas pertandingan menyuguhkan kombinasi dan kecantikan seni dari sebuah pertarungan. Walaupun tidak bisa dipungkiri tim Sehat B nampak pincang kehilangan 2 pilarnya yang cedera. Memasuki pertengahan pertandingan, dominasi tim security semakin terlihat diantara payahnya tim Sehat B dalam mengantisipasi serangan lawan. Dan akhirnya tim Sehat B harus mengakui keunggulan tim lawan dan merelakan gelar juara direngkuh tim Security.
            Akhirnya...ditengah deru angin dan gerimis gelaran pertandingan  bola voli antar profesi kesehatan mencapai titik finisnya. Usai pertandingan kedua tim bersalaman dan saling bercanda seolah melupakan panasnya tensi saat pertandingan berlangsung, gambaran aura sportifitas yang patut dibanggakan dan ditauladani. 
            Panitiapun berkemas dan mempersiapkan seremoni pemberian Piala kepada para  pemenang, perwakilan tim berbaris dan berjejer rapi di lapangan mendengarkan sambutan dari ketua Panitia yang  begitu berbahagia atas  suksesnya penyelenggaraan turnamen  voli ini. Beliau mengucapkan selamat kepada para pemenang. Diakhir sambutan panitia mengharapkan ke depan kegiatan ini akan kembali dilaksanakan dan menjadi kegiatan rutin di rumah sakit. Seremoni diakhiri dengan penyerahan hadiah dan piala kepada pemenang Juara I team Security, Juara II tim Sehat B dan juara 3 & 4 merupakan juara bersama tim  HIPKABI dan Tim Radiologi.
Selamat Kepada semua pemenang ….






0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template