Home » » RAT ke-36 SISEHAT TAHUN 2016 "Semakin Berpartisipasi, Semakin Banyak Arti"

RAT ke-36 SISEHAT TAHUN 2016 "Semakin Berpartisipasi, Semakin Banyak Arti"

Bertempat di Aula 2 RSMS pada Hari Minggu tanggal 27 maret 2016, SiSehat menggelar hajatan besar Rapat Anggota Tahunan (RAT). 150 peserta RAT  yang masing masing mewakili dari 7 (tujuh) anggota siSehat lainnya. Dibarisan tamu undangan  berasal dari PKPRI, Disperindagkop Banyumas dan Dekopinda Banyumas mengikuti jalannya RAT Tutup Buku Tahun 2015. 
Dimulai pukul 09.00 RAT ke-36 siSehat dimulai dengan thema "Semakin Berpartisipasi, Semakin Banyak Arti". Thema ini bermakna motivasi bagi anggota untuk mengembangkan keterlibatan dan partisipasinya mengembangkan siSehat.  
Dalam sambutannya, Ketua KPRI Sehat Bp Rismanto, SKM., memaparkan bahwa RAT merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota. Salah satu senior di bagian Anastesi RSMS tersebut juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari segenap kalangan sehingga 2 (dua) periode kepengurusan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Menjadi lebih baik dan peningkatan kualitas SiSehat dimata anggota menjadi harapan beliau dipenghujung sambutannya.
Mewakili Disperindagkop Kab. Banyumas,  Bapak Junianto mengungkapkan  bahwa dari 550-an koperasi berbadan hukum yang ada di wilayah Banyumas, kurang  dari 50% yang sudah melaksanakan RAT. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa RAT merupakan ajang evaluasi kinerja koperasi dihadapan anggota. Beliau juga menandaskan bahwa kemajuan koperasi dipengaruhi oleh  3 (tiga) faktor: pengurus/management, pengawas, anggota. Sinergi ketiganya merupakan cermin kekuatan koperasi yang semakin lengkap dengan adanya unsur pembinaan. “Disperindagkop tidak hanya mengurusi koperasi,  ada IKM, UMKM, usaha kecil, dan perlindungan konsumen”, demikian kata pria berpenampilan perlente tersebut.  Di akhir sambutan beliau menekankan bahwa daya saing koperasi dan usaha kecil menengah menjadi keharusan supaya mampu bersaing dengan negara lain. Apalagi pasar global bukan hanya sebuah rencana tetapi sudah didepan mata. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi, demikian ungkap beliau mengakhiri sambutannya.
Sementara itu Bapak Haji Agus Mulyadi yang mewakili Dekopinda Banyumas menyambung paparan dari Disperindagkop dengan sedikit nada guyonan. “Walaupun belum 50% koperasi bisa mengadakan RAT,  Dekopinda sudah sangat kepayahan membagi waktu untuk menghadiri RAT ke segala pelosok” candanya. Selanjutnya wakil Dekopinda Banyumas tersebut memaparkan 3 (tiga) pilar koperasi yang kekuatan utamanya terletak pada anggotanya. Sebab, akumulasi anggota merupakan modal dan kekuatan utama koperasi.  Beliau  mencermati angka 36,6 % anggota yang masuk dalam kategori loyal. Belia menilai masih perlu ditingkatkan oleh segenap anggota.  Beliau juga menandaskan bahwa RAT tidak hanya kewajiban organisasi, tetapi merupakan momentum strategis untuk  evaluasi, penyampaian ide dan gagasan, media sosialisasi dan edukasi anggota. Mengingat RAT kali ini ada agenda Re-organisasi, beliau menyampaikan pesan perlunya 3R melekat pada para calon pengurus, yaitu  jujur (kemampuan mengendalikan diri), kober/sempat, dan pinter.
Tidak kalah menariknya adalah beberapa poin penting dari sambupatn Bapak Andy mewakili PK-PRI (Pusat Perkoperasian Pegawai Republik Indonesia) Banyumas :
a.      Pegelaran RAT di Bulan Maret merupakan salah satu indikator SiSehat benar-benar sehat. Inovasi, harapan dan keinginan anggota untuk KPRI Sehat bisa dijadikan inspirasi pengembangan ragam strategi bagi pengurus dan pengawas periode berikutnya.
b.      Dalam konteks membangun kebersamaan pertanggungjawaban bukan hanya milik pengurus dan pengawas, namun meomentum yang menjelaskan kinerja anggota baik dalam konteks selaku pemilik (owner) maupun selaku customer (pelanggan).
c.      Untuk meng-akselerasi pertumbuhan perusahaan koperasi, anggota perlu meningkatkan partisipasi aktifnya. 
d.      Mempererat komunikasi dan koordinasi sebagai inspirasi dalam mengembangka kualitas dan kuantitas layanan bagi anggota nya.

Sidang berjalan dinamis, dimana respon anggota menunjukkan semangat kuat untuk mengembangkan siSehat. Dalam sesi pandangan umum, beberapa anggota tampak begitu antusias menyampaikan pertanyaan maupun apresiasi kepada pengurus periode 2013-2015. Selaku anggota, Bapak Ibrahim menyampaikan apresiasinya atas kinerja pengurus. Selain itu menggagas kemungkinan SiSehat mengembangkan project besar yang meng-akselerasi dan mengibarkan bendera siSehat. Bapak Woro mencoba mencermati sistem poin sebagai media efektif untuk men-stimulan pertumbuhan partisipasi aktif anggota. 
Selalu ada kejutan dari beberapa masukan dan pertanyaan, salah satunya adalah usulan tentang diperbolehkannya karaywan/ti non PNS untuk menjadi anggota SiSehat. Pembahasan tentang ini sempat menghangatkan suasana  dan akhirnya disepakati untuk menyerahkan kajian komprehensifnya kepada pengurus baru periode 2016-2018. 
Setelah sesi pertanggungjawaban dan pandangan umum selesai, RAT kemudian mulai memasuki agenda pesta demokrasi yaitu pemilihan pengurus dan pengawas KPRI SEHAT RSMS periode 2016-2018. Agenda ini dipimpin langsung oleh Bapak Andik selaku perwakilan PKPRI Banyumas. Sebelum pemilihan dimulai, Pak Andik membacakan peraturan dan perundang-undangan yang mengatur tentang pemilihan dan pengangkatan pengurus dan pengawas. Beliau juga menghimbau peserta RAT untuk bijaksana dan mempertimbangkan banyak hal demi kemajuan siSehat. Jika di periode-periode sebelumnya peserta RAT memilih calon pengawas dan pengurus untuk posisi ketua, sekretaris, dan bendahara. Pesta Demokrasi yang berlangsung meriah ini akhirnya menetapkan Bapak Tarkijo selaku ketua pengurus dan Bapak Rismanto selaku ketua  pengawas untuk periode 2016-2018.  Setelah melakukan komunikasi, ketua pengurus dan ketua pengawas akhirnya mengumumkan susunan kepengurusan dan kepengawasan sebagai berikut :
Badan Pengawas :
                                    Ketua             : Bp Rismanto, SKM.
                                    Sekretaris     : Bp. Wahyu Sudjatmiko
                                    Anggota        : Bp Sutarno, SH
Pengurus :
Ketua             : Bp Tarkijo, SKM.
                                    Sekretaris     : Ibu Yuniati Suryaningsih, SE, Akt
                                    Bendahara    : Ibu Titin Eka Romayana

Sesudah pengumuman, Bapak Haji Agus mewakili pimpinan Dekopinda Banyumas akhirnya mengangkat sumpah pengurus dan pengawas yang dilanjutkan dengan pelantikan.

Selamat kepada Badan Pengawas dan Pengurus periode 2016-2018 ............semoga sukses dalam mengemban amanah dan senantiasa dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT. Amin Ya Robbal ‘Alamin. 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template