Home » » Silaturahmi KPRI Mardi Husada RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara Di Kantor SiSehat

Silaturahmi KPRI Mardi Husada RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara Di Kantor SiSehat

“Filosofis Koperasi adalah tentang membangun orang, hal ini perlu ditekankan karena faktanya 99% koperasi di indonesia lemah secara filosofis”, kata Management Sisehat di ruang kerja KPRI Prof. Dr. Margono Soekarjo, Purwokerto saat dialog dengan beberapa tamu dari RSUD Banjarnegara .

Management KPRI Sehat RSMS menafsirkan ulang filosofis berkoperasi, bahwa fokus berkoperasi 95% adalah menerapkan filosofis koperasi kepada anggota, sedangkan aspek teknis manajerial cukup 5% saja.  Dan tentang bagaimana koperasi di negara ini nampaknya melupakan tentang hakekat berkoperasi yang mandiri dan otonomi, berdiri di atas kaki sendiri tanpa harus “menempel” pada induk semangnya.

Dialog di atas merupakan cuplikan rangkaian pertemuan antara dua institusi pada hari Rabu 13 April 2016. Hari itu  KPRI Prof. Dr. Margono Soekarjo, Purwokerto kedatanga tamu istimewa dari KPRI Mardi Husada RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara hari. Kunjungan dan study banding merupakan agenda kepengurusan baru sebagai referensi pembuatan program kerja pengurus periode ini.

Datang sekitar jam 14.00, rombongan langsung menuju kantor KPRI Sehat di lantai II toko dan kantin Milki. Setelah bertemu dengan staf dan management, mereka berkeliling melihat Kantin Kita, Toko Pelangi dan kembali lagi ke kantor untuk bertemu dengan Management KPRI Sehat.

7 orang yang merupakan pengurus dan badan pengawas KPRI Mardi Husada RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara nampak antusias melemparkan beberapa pertanyaan dan informasi mengenai unit usaha KPRI Sehat. Beberapa pemikiran dan pertanyaan meluncur begitu saja sambil selama perjalanan berkeliling melihat unit usaha KPRI Sehat.
Silaturahmi dan dialog dengan management KPRi Sehat suasana berlangsung cair. Alih alih berformat study banding yang penuh dengan formalitas dan pertanyaan teknis, proses transformasi berlangsung informal, penuh nuansa  kekeluargaan layaknya teman yang lama tidak berjumpa.

Di sela sela canda yang menggelitik, Management SiSehat yang sudah belasan tahun makan asam garam perkoperasian mengajak peserta studi banding untuk menggali lebih dalam pemahaman berkoperasi. Banyaknya anggota koperasi yang melakukan “perselingkuhan” dengan memilih bertransaksi dengan lembaga non koperasi daripada di unit usaha koperasi menjadi salah satu fokus perbincangan. “Lebih “gila” lagi, banyak institusi berbaju koperasi tetapi hati dan perilakunya jauh dari filosofis koperasi, dan hebatnya lagi koperasi masih bertahan sampai saat ini” lanjutnya.

Menanggapi wacana koperasi SiSehat, salah satu peserta sambil bercanda menyatakan bahwa paparan dari Sisehat tersebut telah memporakporandakan pemkiran mereka sebelumnya tentang berkoperasi. “Diskusi ini telah menumbuhkan “keliaran” pemikiran dan model baru berkoperasi yang mudah mudahan bisa kami diterapkan” tambah salah satu pengurus di KPRI Mardi Husada tersebut.


“Kami tunggu kabar selanjutnya, mau dibubarkan atau dilanjutkan” canda SiSehat dipenghujung perbincangan kunjungan yang sekaligus menjadi penutup dialog dan kunjungan teman teman dari KPRI Mardi Husada Banjarnegara.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template