Home » » Celah Kebaikan siSehat Bersama Zona Bombong

Celah Kebaikan siSehat Bersama Zona Bombong

Jum’at, 29 April 2016 seorang pasien yang berasal dari Kabupaten Tegal  diantar oleh salah satu pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal  untuk berobat di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Setelah proses administrasi selesai, personil Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal itu pun  kembali ke kota asalnya. Sebelum kembali ke kota asal, pejabat Dinkes Tegal itu mencoba berkomunikasi dengan Zona Bombong, sebuah komunitas di kota Purwokerto yang dikenal concern dengan persoalan-persoalan kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama, khususnya anggota masyarakat yang sedang mengalami kesusahan. Singkat cerita, zona bombong menyanggupi mendampingi dan memantau pasien selama rawat inap di di Ruang Bougenville RSMS itu.

Setelah beberapa hari menjalani perawatan, muncul persoalan yang memerlukan solusi. Si penunggu pasien,  yang merupakan anak angkat sang pasien,  memiliki keterbatasa keuangan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama menungguin pasien tersebut. Atas kondisi ini, Team Zona Bombong mencoba ber-koordinasi dengan Team siSehat guna mencari solusi atas persoalan yang ada.
Bak gayung bersambut,  siSehat yang memang sudah memiliki program siSehat Peduli Sehat (Program yang meng-kampanyekan pentingnya berbagi dan peduli)  memandang situasi ini sebagai peluang kebaikan. Setelah berdiskui intensif  akhirnya siSehat berkontribusi dalam hal pemenuhan kebutuhan makan penunggu pasien tersebut dengan durasi 3 (tiga) kali sehari. Atas kesepakatan ini,  Unit Organisasi siSehat  selaku penanggungjawab program mulai bergerak terhitung sejak Senin, 02 Mei 2016. 

langkah pertama adalah melakukan survey ke ruangan  untuk melihat langsung kondisi pasien dan penunggunya.  Sesampainya diruang rawat, Tim siSehat mengalami  kesulitan menemukan pasien maupun penunggunya yang ternyata sudah dipindahkan ke ruangan ICCU. Akhirnya, Tim siSehat  penungu pasien yang kemudian diketahui bernama Puji berusia 18 tahun. Perempuan inilah  yang selalu setia menunggu Sang Ibu Tercinta Suratmi, seorang perempuan berusia 51 tahun yang mengidap penyakit tumor. “kami kesini diantar Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal kemarin hari jum’at sore” ucap perempuan muda asal Desa Bangun galih Kecamatan Keramat Kabupaten Tegal lirih ini ketika Tim siSehat menanyakan asal mula hingga sampai ke RS Margono Soekarho Purwokerto. Berdasarkan pengakuan beliau , Bu Suratmi mengidap penyakit tumor semenjak 2014 saat  memeriksakan adanya benjolan ke sebuah rumah di kota Tegal dan  sempat melakukan operasi tumor. Namun, belum sembuh total dan bahkan  Pasca lebaran 2015,  kondisi tubuh Bu Suratmi drop kembali. Setelah melalui serangkaian proses, akhirnya berkat  berkat surat rekomendasi dari Dinsoskes  Provinsi Jawa Tengah, Bu Suratmi dirujuk ke RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.  


Mendengar alur  ceritanya, Team siSehat hanya bisa terdiam dan ikut larut dalam kesedihan yang mendalam. Saat menemukan moment yang tepat, dengan sangat hati-hati, Tim siSehat  menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka adalah menawarkan bantuan kebutuhan makan sehari- hari selama satu minggu. Mendengar maksud baik siSehat ini, dengan sedikit tertunduk menahan haru, puteri  Bu Suratmi tersebut menyambut baik dan mengucapkan terima kasih serta meminta doa supaya ibunya diberi kemudahan dan kesembuhan. Tim siSehat hanya memanjatkan doa semoga kontribusi kecil dari siSehat bisa meringankan beban penderitaan Bu Suratmi. Sebelum pamit, Tim siSehat juga mencoba membesarkan hati puteri Bu Suratmi agar senantiasa bersabar dan terus berdo’a untuk kesembuhan ibunya tercinta.  

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template