Home » , , , , , , , » Mengenal Lebih Dekat Nenek 80 Tahun yang Sebatang Kara

Mengenal Lebih Dekat Nenek 80 Tahun yang Sebatang Kara

Senin, 23 Mei 2016 team siSehat kembali melanjutkan survey siSehat Peduli Sehat. Kali ini kami menuju daerah Baturaden tepatnya di RT 04 RW 03 desa Kutasari. Tepatnya pukul 16.30 WIB setelah selesai jam kerja kami berangkat ditemani salah satu awak si Sehat unit Perdjasu, bapak Ayat Setiawan beserta istri menuju lokasi.
Sesampainya disana kami bertemu dengan nenek renta yang hidup sebatang kara. Eyang Darsiwen, demikian tetangganya biasa memanggil perempuan yang hidup seorang diri tersebut. Tergopoh gopoh beliau menerima kedatangan kami, dan dipersilahkan masuk dalam ruang kecil berdinding anyaman bambu, tempat yang dulu ditinggalinya bertahun tahun dengan suami tercinta. Walaupun terbilang sudah sepuh sosoknya yang sudah dimakan usia masih terlihat enerjik dan ramah wajah rentanya nampak ceria menjawab pertanyaan kami walaupun sambil sesekali tersengal tak mampu menyembunyikan napas tuanya.
Dahulu hari hari nenek energik itu tidak pernah sepi, masih ada sang suami yang setia menemaninya. Bertahun tahun menjalani bahtera rumah tangga, namun Tuhan belum berkenan memberikan keturunan sehingga setelah kepergian suami tercinta praktis sosok yang kini usianya hampir mendekati 80 tahun selama ini hidup sebatang kara.
Sebenarnya Janda tanpa anak tersebut masih memiliki kerabat, namun dirinya tidak tega menambah beban bapak Sodik, keponakannya bertempat tinggal tidak jauh dari rumahnya yang untuk kebutuhannya sendiri pun masih kekurangan. Dia memilih menikmati kesendiriannya dimana dulu bersama suami tercinta menghabiskan waktu bersama.
Rumah yang beliau tempati merupakan hasil dari program Bedah Rumah dana PNPM, dibantu dengan swadaya masyarakat yang pembangunannya hasil gotong royong masyarakat sekitar. Bahkan sebenarnya bangunan sederhana yang sekarang ditinggalinya berdiri bukan di atas tanah milik sendiri. Beruntung masih ada tetangga yang berbaik hati mengizinkan eyang Darsiwen untuk menempatinya.
Janda tanpa anak ini tidak mempunyai penghasilan dari manapun.  Untuk bertahan hidup dirinya hanya makan seadanya tergantung dari kebaikan para tetangganya. Setiap hari ada saja tetangga yang memberikan bantuan, kadang berupa makanan, sayur, bahkan uang. Sesekali beliau mendapat jatah Raskin dan kompensasi BBM atau yang dikenal dengan BLT yang bisa digunakan untuk keperluan sehari hari.
Usia senja dengan segala keterbatasan tidak menghalangi sosok sederhana itu untuk tetap bersosialisasi dengan lingkungan. Jika ada tetangga yang mempunyai hajat, pengajian, atau kegiatan rutin di lingkungan RT bisa dipastikan beliau tidak pernah absen. Sepasang kaki rapuhnya selalu siap mengantar si nenek menghadiri segala aktivitas masyarakat meskipun dengan langkah tertatih.
Selain jiwa sosialnya yang memang tinggi, itu adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas kepedulian saudara dan orang – orang yang peduli kepada dirinya. Faktor umur  dan keterbatasan fisik memang tidak memungkinkan dirinya membalas semua kebaikan mereka,  hanya dengan doa yang bisa dipanjatkan kepada semua orang yang selama ini sudah peduli kepadanya. Di akhir kunjungan Eyang Darsiwen berterima kasih atas kedatangan kami dan berharap siSehat selalu peduli dengan orang orang lain yang bernasib sama seperti dirinya.
Tidak lupa kami team siSehat mengucapkan terima kasih kepada bapak Ayat yang telah memberikan informasi calon penerima bantuan dan bersusah payah meluangkan waktunya menyempatkan menemani team ke lokasi. Seperti biasa salah satu personil siSehat yang kini bertanggungjawab di bagian gudang hanya tersenyum simpul, “walaupun saya tidak bisa membantu secara langsung setidaknya bisa meluangkan waktu dan memberi informasi kepada orang lain yang bisa membantu

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template