Home » » Menggali Bakat dari Punggawa siSehat

Menggali Bakat dari Punggawa siSehat

Tidak seperti biasanya, di Hari Selasa, 19 April 2016  ruangan GM siSehat terlihat ramai. Beberapa punggawa siSehat  memasuki ruangan yang berada di lantai II toko Milky tersebut.  Mereka yang hadir ternyata adalah punggawa siSehat  yang kebetulan sedang kuliah dan atau pernah kuliah. Pemanggilan beberapa punggawa pilihan ini dalam rangka  eksplorasi potensi, bakat  dan kemampuan mereka. 

Motivasi dan pembentukan karakter menjadi topik menarik sebagai jalan untuk hidup yang lebih terarah. “Keberhasilan seorang mahasiswa/i atau sarjana itu bukan hanya untuk selembar kertas bernama ijazah dan atau gelar saja, tetapi bagaimana pola fikir dan pola tindak keseharian  menunjukkan nilai beda dalam arti lebih bijaksana” kata GM siSehat. “Tapi semua itu butuh proses yang dimulai dari hal kecil namun konsiten” lanjutnya.

Proses kecil itu dimulai dari diskusi rutin melalui grup Whatsapp yang kemudian di komandani oleh Fya (staff GSA) dan Linda (Staff Perdjasu). Kelompok yang kemudian dinamakan Grup “Anak Kuliahan” ini diharapkan menjadi media strategis bagi pembentukan karakter  dan pengembangan kreatifitas yang pada akhirnya berimbas pada akselerasi pertumbuhan dan perkembangan siSsehat. Managemen siSehat sangat concern dan akan terus memantau proses dan dinamika kelompok ini. Pembentukan kelompok ini bukanlah membangun semacam eksklusivisme yang akan melahirkan dinding pemisah, tetapi mutlak media peningkatan kapasitas SDM siSehat yang di integrasikan dengan pengayaan program-program kreatif bagi siSehat.   

Sebagai permulaan, segenap penghuni grup “anak kuliahan” ini diajak untuk membudayakan menulis atas apa yang mereka fikirkan,rasakan, lihat dan atau dengar. Sebagai awalan,   Grup WA (Whats App) dijadikan sebagai media eksplorasi dan penyampaian gagasan yang mewujud dalam celetukan-celetukan kreatif nan produktif . Ditahap selanjutnya, segenap penghuni akan menjadi kontributor tulisan bagi media yang dimiliki siSehat seperti majalah, blog, facebook,bulletin dan lain sebagainya. Tidak sebatas itu saja, mereka juga akan dibekali berbagai pengetahuan dan juga penugasan yang akan meningkatkan kapasitas mereka di satu sisi dan juga memberikan dampak nyata bagi pengembangan karya-karya bagi pembangunan siSehat.

Setelah usai pemaparan atas program “Menggali Potensi Para Punggawa siSehat”, segenap peserta diberikan kesempatan untuk berpendapat atas program ini secara lisan. Selanjutnya, segenap peserta rapat diberikan waktu 1x24 jam untuk mengambil keputusan apakah akan ikut menjadi bagian dari program ataukah memilih untuk mengundurkan diri. Satu hal ditandaskan, bahwa program ini bersifat sukarela dan dipastikan tidak ada sanksi atau hukuman bagi yang tidak berkenan. Progam ini mengedepankan kesadaran untuk mengembangkan kapasitas diri dan ragam kreativitas. Disamping itu, penugasan-penugasan dalam program ini tidak boleh mengganggu jam kerja yang sudah melekat pada tugas dan tanggungjawab mereka, walaupun penugasan program ini pasti berhubungan dengan pengembangan siSehat secara langsung.  Intinya, kesadaran, pengorbanan dan loyalitas personil sangat dibutuhkan, apalagi program ini tidak mendapat tambahan penghasilan dan bahkan harus berkorban waktu, fikiran dan tenaga. Akan tetapi, satu hal yang menjadi catatan bahwa saat mereka menjalankan ragam penugasan tersebut, disaat serupa mereka sedang meningkatkan kapasitas diri dan kian tertemukannya potensi diri yang mungkin dikembangkan dari masing-masing penghuni grup. Pada akhirnya, bertambahnya wawasan atau pengetahuan, keterlatihan atas ragam penugasan, keterbentukan mentalitas tangguh, akan menjadikan diri penguhi grup “Anak Kuliahan” ini lebih marketable dan lebih berpeluang mendatangkan atau bahkan menciptakan manfaat bagi  banyak orang.    

Dari “Anak Kuliahan” untuk siSehat yang lebih baik

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template