CATATAN DARI PERHELATAN “AKSI BAKTI SOSIAL 1437 H”

Ketika Lelah Terhapus Oleh Senyum Bahagia Para Penerima

Waktu masih sekitar jam 13.00-an, namun sisi depan Ruang Lobby Utama RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto sudah dipenuhi warga masyarakat yang hadir di pegelaran acara “Aksi Bakti Sosial 1437 H”. Sebenarnya, acara yang di inisiasi oleh RSMS, DWP (Dharma Wanita Persatuan) RSMS dan KPRI SEHAT RSMS ini baru akan dimulai jam 14.00 Wib, namun antusiasme masyarakat begitu tinggi sehingga membuat sekitar Lobby Utama RSMS mendadak begitu padat walau masih terkendali berkat kesigapan panitia yang dibantu beberapa personil satpam. Sambil memegang “kupon pengambilan paket sembako gratis”, dengan sabar mereka menunggu sampai acara dimulai. Tanpa dikomando, mereka duduk berbaris di lantai sambil memperhatikan kesibukan panitia yang sedang memenuhi mobil open cap dengan muatan “paket sembako gratis” yang rencananya akan dibagi di RS Geritari & Abiyasa.
Sementara itu, di sisi dalam ruang lobby utama terlihat barisan kursi tamu mulai terisi penuh. Tampak disana ada barisan Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSMS lengkap dengan seragam khas dan senyum ramahnya. Juga ada delegasi Bank BNI Cabang Purwokerto dan BPD Jateng Cabang Purwokerto yang duduk persis bersebelahan dengan Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan), Ibu Dr. Dyah Anggraeni Haryadi,Sp.PK. Tak jauh dari kursi barisan kelompok penerima, ada juga Bapak Tarkijo yang tengah asik bercengkrama dengan beberapa orang perwakilan calon penerima paket program. Disela-sela itu, ketua KPRI SEHAT RSMS itu juga terlihat tengah asik melakukan pembicaraan dengan beberapa pegawai RSMS yang kebetulan menunda kepulangannya karena tidak ingin melewatkan satu momentum bersejarah ber-kepedulian.
Disisi lainnya, terlihat Ibu Ida Muchson selaku sekretaris mencoba berkoordinasi dengan panitia lainnya guna memastikan kelengkapan delegasi kelompok penerima. Disamping itu panitia lainnya tampak sedang mengatur dan merapikan posisi duduk para perwakilan dari berbagai kelompok masyarakat yang nantinya akan menerima paket sembako gratis secara simbolik.
Dalam barisan itu, Juga terdapat beberapa orang perwakilan pengurus musholla dan atau masjid yang akan menerima paket sumbangan Al-qur’an yang merupakan bagian dari program “Aksi Bakti Sosial 1437 H” kali ini. Beberapa perwakilan beberapa unit kerja di lingkungan RSMS juga terlihat, yaitu dari unit Cleaning Service, unit pramusaji makanan, karyawan/ti parkir, satpam dan tidak ketinggalan perwakilan kelompok tukang becak. Delegasi beberapa unit kerja ini direncanakan akan menerima paket kepedulian yang disiapkan oleh Badan Zakat RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto.
Pembawa acara kemudian memberi semacam kode dan mencoba membuat suasana khidmad saat Bapak Direktur mulai terlihat akan memasuki area pelaksanaan Aksi Bakti Sosial ini. Usai bersapa dengan beberapa tamu yang hadir, Bapak Direktur pun dipersilahkan duduk di tempat yang sudah disediakan panitia. Tak lama berselang..seremoni Aksi Bakti Sosial pun dimulai.
Acara dibukai dengan sambutan Ketua Panitia “Aksi Bakti Sosial 1437 H”, Ibu Rina Setyawati Aditiyono. Beliau menyampaikan rasa syukur dan gembiranya atas terselenggaranya Program Aksi Bakti Sosial ini. “Keterselenggaraan acara ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas segenap panitia yang saling bahu membahu”, ungkap beliau. Beliau tidak lupa menyampaikan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada Direktur RSMS dan jajaranya atas segala daya dukung dan support luar biasa. Rasa terima kasih juga disampaikan beliau kepada Bank BNI Cabang Purwokerto dan Bank Jateng Cabang Purwokerto yang sudah berkenan berpartisipasi mendukung acara ini.
Sementara itu, Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan), Ibu Dr. Dyah Anggraeni Haryadi,Sp.PK., dalam sambutanya menyampaikan bahwa tanpa mengurangi semangat kepedulian dan kesetiakawanan, kegiatan Aksi sosial kali ini dikemas tanpa aktivitas bazar sebagaimana tahun tahun
sebelumnya. Namun demikian, substansi dari pegelaran hajat mulia ini tetap terjaga dan juga mendatangkan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar. Atas nama pribadi dan selaku ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSMS, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap ragam upaya kawan-kawan DWP yang tidak kenal lelah dan terus menerus sehingga berhasil menggalang bantuan berupa dana dan partisipasi dalam waktu yang relatif sangat singkat. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang solid antara DWP, RSMS dan KPRI SEHAT. Dipenghujung sambutannya, Ibu Dyah berharap dan sekaligus berdo’a kegiatan sosial semacam ini akan akan terus berlangsung dan lebih meriah di tahun mendatang.
Dalam sambutannya, Bapak Dr. Haryadi Ibnu Junaedi, SpB selaku Direktur RSMS, mengawali dengan mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan juga calon penerima bantuan. Tak Lupa beliau menyampaikan apresiasinya terhadap upaya dan kinerja luar biasa segenap panitia sehingga Aksi Bakti Sosial 1437 H ini bisa terselenggara dengan baik. Beliau juga tidak lupa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank BNI Cabang Purwokerto, Bank Jateng Cabang Purwokerto, para Dokter dan Pejabat Struktural yang ikut peduli dan ikhlasberpartisipasi guna mensukseskan hajat mulia ini.
Dipenghujung sambutannya, Beliau meng-informasikan berita duka dan bencana yang sedang melanda saudara-saudara kita di beberapa wilayah di Propinsi Jawa Tengah. Hujan yang berujung dengan banjir dan longsor telah memakan puluhan korban jiwa dan juga memaksa sebagian penduduk harus mengungsi. Oleh karena itu, beliau mengimbau dan berpesan kepada segenap institusi dan individu yang hadir di acara seremoni Aksi Bakti Sosial kali ini untuk merasa terpanggil dam terketuk hatinya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang dilanda musibah tersebut.
Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian paket sembako gratis oleh Bapak Direktur RSMS kepada perwakilan yang ditunjuk. Paket berikutnya berturut-turut diserahkan oleh Ibu Ketua DWP RSMS, Ibu Ketua Panitia, Ibu Ninit selaku Wakil Direktur umum dan keuangan, Ibu Dr Lilijani selaku Wakil Direktur Pelayanan dan Kerjasama, Perwakilan BNI Cabang Purwokerto, Perwakilan Bank Jateng Cabang Purwokerto dan Ketua KPRI SEHAT RSMS. Pembagian Paket Alqur’an Gratis secara simbolis diserahkan kepada perwakilan yang berturut-turut diberikan oleh Ibu Ketua DWP RSMS, Ibu Rina selaku Ketua Panitia,
Ibu Ida Muchson selaku Sekretaris Panitia dan Ibu Targib selaku Bendahara Panitia. Paket berikutnya yang dibagi adalah bantuan dari Badan Zakat RSMS kepada perwakilan satpam, karyawan penyaji makanan, Karyawan Cleaning Service, Karyawan Parkir dan Tukang becak. Usai pendistribusikan paket secara simbolik, Bapak Direktur RSMS beserta rombongan selanjutnya bersama-sama menuju ruang rawat kelas 3 (tiga) untuk mendistribusikan bantuan kepada para pasien. Sementara itu, di lokasi Lobby pendistribusian kepada masrakat penerima dilanjutkan oleh panitia. Sebagian Panitia juga beranjak ke RS Geriyatri & Abiyasa untuk mendistribusikan kepada msyarakat sekitar.
Wajah-wajah sumringah terpancar jelas dari setiap penerima sambil membawa paketan yang diberikan panitia. Terlihat setiap orang melangkah pulang dengan penuh semangat bersama rezeki dadakan itu. Semoga, dengan menyaksikan suasana kebahagiaan itu, pada diri donatur dan partisipan juga bisa merasakan hal serupa dan kemudain terbangun rasa syukur atas kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk membahagiakan orang lain yang kebetulan hidupnya kurang beruntung. Semoga pearasaan-perasaan bahagia semacam ini akan mendatangkan semangat tambahan untuk terus meningkatkan kepedulian dan kemauan berbagi kebahagiaan dengan sesama dalam arti seluas-luasnya. Sebab, dengan membahagiakan orang lain maka kebahagiaan yang lebih akan dihadirkan Allah SWT sebagai ganjaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template