Buka Bersama ala siSehat

Hari Jum’at, bertepatan dengan tanggal 1 Juli 2016 siSehat menyelenggarakan acara Buka Bersama (BukBer). Sekitar 100 orang yang terdiri dari Badan Pengawas, Pengurus dan management KPRI Sehat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto menghadiri acara tersebut. Bertempat di Toko dan Caffe Milky kegiatan dimulai pukul 16.45 menit sampai ba’da Maghrib. Acara yang rutin dilaksanakan siSehat setiap tahun selain bertujuan mempererat tali silaturahmi antar karyawan/ti,  juga sebagai ajang komunikasi antara segenap jajaran siSehat (Badan Pengawas, Pengurus dan Management).
Yang menarik adalah agenda BukBer  ini digelar setelah masing-masing jajaran siSehat menyelesaikan tugasnya membaca ayat-ayat suci Alqur’an. Pembagian tugas itu biasanya dilakukan pada awal Ramadhan dimana 30 juzz dibagi habis kepada karyawan/ti. Oleh karena itu, pegelaran BukBer ini juga merupakan Khataman Qur’an Berjamaah. Penggunaan kata “berjama’ah” karena semua orang berkontribusi dalam menamatkan 6666 ayat dari Al-qur’anul karim. Agenda inovatif ini mulai dibudayakan sejak 2 (dua) tahun terakhir ini. Hal ini sebagai bagian dari upaya siSehat meningkatkan kualitas spiritualitas yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja.

Buka Bersama dibuka dengan Khotmil Qur’an, sebuah tradisi khatam Qur’an bagi mereka yang telah menyelasaikan membaca 30 Juz Al Qur’an. 12 (dua) belas orang yang bertindak sebagai perwakilan masing-masing unit kerja membaca surat-surat yang ada di Juz 30. Sementara karyawan/ti lainnya menyimak dengan khidmat. Acara Khotmil Qur’an ini pun ditutup dengan do’a yang di pimpin oleh salah satu karyawan paling senior siSehat, H. M Wahab.  
Mewakili Badan Pengawas, Bapak Wahyu menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan agenda ini. Acara semacam ini efektif mempererat rasa persaudaraan antara Badan Pengawas, Pengurus dan Management siSehat. “Begitu pentingnya silaturahmi sehingga sebuah hadis menyebutkan bahwa manfaatnya bisa melapangkan rejeki dan membuat panjang umur”, ungkap beliau..
Belum tentu setiap hari kita bisa bertemu dan saling bertegur sapa, sehingga Buka Bersama ini sangat penting maknanya bagi siSehat” ungkap Bapak Tarkidjo dalam sambutannya selaku Ketua siSehat. Lebih lanjut beliau mengharapkan agenda tahunan ini bisa rutin dilaksanakan untuk lebih memperkental ikatan silaturahmi. Salah satu karyawan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo ini mengharapkan siSehat menjaga dan meningkatkan kinerja di semua lini.  Sebagai ujung tombak gerbang pelayanan rumah sakit, siSehat harus selalu berupaya meningkatkan pelayanan terbaik sehingga meningkatkan image positif rumah sakit. “Dari siSehat untuk Margono yang lebih baik” ucap beliau seraya menutup sambutan.
Sembari menunggu saatnya berbuka puasa, M Wahab didaulat untuk mengisi Tausiyah.  Materi tiga pesan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad disampaikannya untuk lebih memantapkan iman kita kepada Alloh SWT. Tiga pesan tersebut adalah sebagai berikut :


حدثنا عبد الله بن أحمد بن حنبل قال : حدثني محمد بن حميد الرازي قال : نا زافر بن سليمان ، عن محمد بن عيينة ، عن أبي حازم ، عن سهل بن سعد قال : جاء جبريل إلى النبي صلى الله عليه وسلم ، فقال : يا محمد، عش ما شئت فإنك ميت، واعمل ما شئت فإنك مجزي به، وأحبب من شئت فإنك مفارقه - واعلم أن شرف المؤمن قيام الليل، وعزه استغناؤه عن الناس. (رواه الطبراني : 4429 – المعجم الأوسط للطبراني – المكتبة الشاملة – باب من اسمه عبد الله – الجزء : 9 – صفحة : 483)

Dari Sahl bin Sa’id, ia berkata : Jibril datang kepada Nabi saw, lalu berkata : “Wahai Muhammad, hiduplah sesuka hatimu, maka sesunguhnya engkau akan mati, dan cintailah apa saja yang engkau kehendaki, maka sesungguhnya engkau pasti akan berpisah dengannya, dan berbuatlah apa saja yang engkau kehendaki, maka sesungguhnya engkau pasti akan mendapat balasan dari amal itu, dan ketahuilah sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin terletak pada shalat malamnya (qiyaamullail) dan kehormatannya bergantung pada ketidakbutuhannya kepada manusia”. (HR.Thabrani : 4429, Al-Mu’jam Al-Awsath Lith-Thabrany, bab manismuhu Abdullah, juz : 9, hal. 483)                                                                                                                                                             
Setelah menikmati hidangan buka puasa yang dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjama’ah, makan bersama dan pemberian bingkisan dari pengawas dan Pengurus. Di akhir acara dengan raut muka berseri, ucapan terima kasih karyawan siSehat satu persatu bersalam salaman dengan Team manajemen siSehat sekaligus menjadi penutup acara Buka Bersama siSehat 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template