Home » » Catatan Study Banding Dinas Koperasi Tulungagung (Ketika siSehat Kedatangan Tamu Studi Banding Dari Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur)

Catatan Study Banding Dinas Koperasi Tulungagung (Ketika siSehat Kedatangan Tamu Studi Banding Dari Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur)

Selasa, 13 Desember 2017 sekitar jam 10.15 WIB siSehat kedatangan 28 orang Tamu dari Kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur. Rombongan  terdiri dari  beberapa Pejabat Dinas Koperasi, UKM, Kopkerasi karyawan, KPRI RSUD Tulungagung, Koperasi Tani dan beberapa perwakilan Gerakan di lingkungan Koperasi Kabupaten Tulungagung. Tujuan kehadiran mereka adalah melakukan study banding dengan KPRI RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Diterima di perumahan Gria Shifa Alamanda oleh Management siSehat, rombongan langsung berkumpul di ruang pertemuan untuk saling bertukar pengetahuan.  Usai perkenalan, agenda dilanjutkan dengan proses silaturahmi dan tukar informasi sebagai bagian dari pembelajaran pengembangan koperasi & unit usaha milik Koperasi.
Koperasi saat ini identik dengan simpan pinjam. Hal ini menjadi keresahan tersendiri bagi Bp Nanang, salah seorang Pengurus Akrindo (Assosiasi Koperasi Retail Indonesia) Jawa Timur. “atas hal itu, kami memandang koperasi perlu merubah mindset dengan mengembangkan layanan usaha nya ke sektor riil”. Kata beliau disela sambutannya. Dengan memasuki sektor riil dan bisnis perdagangan lainnya, disamping meingkatkan pelayanan kepada anggota koperasi juga berpeluang memberi jalan bagi  produk-produk  UMKM. Dengan kata lain, partisipasi koperasi dalam memberdayakan UMKM menjadi lebih nyata, khususnya bagi para anggota yang memiliki usaha.
siSehat mencoba memberikan perspektif dari internal koperasi. Dengan banyaknya koperasi yang terpuruk, belum berkembang dan bahkan sebagian “mati suri”,  koperasi perlu melakukan reposisi mindset. Koperasi perlu melakukan perenungan tentang apa,  mengapa dan bagaimana seharusnya berkoperasi.  Koperasi perlu dikembalikan sebagaimana filospinya “membangun orang”.
Suasana diskusi yang terbangun begitu cair dan hangat. Respon positif dari para pesera. Antusiasme peserta begitu tingggi sehingga ruang diskusi menjadi begitu asik, mulai dari pertanyaan sampai dengan testimoni dan beberapa realitas yang memerlukan solusi komprehensif. 
Diskusi yang berlangsung sekitar 2 (dua)  jam itu akhirnya bersepakat bahwa koperasi bukanlah tentang uang , tetapi lebih pada persoalan membangun orang-orang didalamnya. Kapasitas anggota perlu ditingkatkan melalui pendidikan yang teraplikasi dengan ragam variasi metode agar anggota menjadi insan yang lebih bijak dan produktif. Bijak dalam arti anggota lebih cerdas dalam mengggunakan pendapatannya sehingga tidak terjebak pada konsumerisme dan produktif dalam arti anggota menjadi lebih berkinerja dikeseharian hidupnya.   Disamping itu, pendidikan harus efektif terbentuknya semangat kebersamaan (kolektivitasi) sebagai modal sosial koperasi membangun perusahaaannya berbasis kebutuhan mayoritas anggotanya.
  

Setelah berdiskusi dan berbagi informasi, rombongan melihat-lihat perform unit usaha siSehat di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo dan kemudian berpamitan melanjutkan perjalanannya rangkaian study banding selanjutnya ke Koperasi kampus Unsoed (Kopkun).

2 komentar:

  1. Salam kenal dari dealerdatsunkediri.com

    Semoga yang punya blog ini bisa beli mobil Datsun di Dealer Datsun Tulungagung. Amin

    BalasHapus
  2. Salam hangat dari datsuntulungagung.com, Dealer Resmi Datsun Tulungagung
    semoga yang punya blog ini diberi rizqi berlimpah sehingga bisa membeli mobil Datsun Go Panca Tulungagung atau Datsun Go+ Tulungagung
    Amin

    BalasHapus

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template