Home » , , , , , , , , , » KONTRIBUSI AKTIF SISEHAT DI AGENDA DEKOPINDA BANYUMAS | Catatan Sarasehan Koperasi Dekopinda se-Ex Karesidenan Banyumas

KONTRIBUSI AKTIF SISEHAT DI AGENDA DEKOPINDA BANYUMAS | Catatan Sarasehan Koperasi Dekopinda se-Ex Karesidenan Banyumas

Senin, 15 Mei 2017 Sarasehan Koperasi se-Ex Karesidenan Banyumas diselenggarakan. Lebih dari 100 peserta yang merupakan perwakilan dari Dekopinda se Ex-Karesidenan Banyumas, pejabat Gubernur, dan Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah meramaikan acara yang Bertempat RM Red Chilli, Desa Pandak, Kec. Baturraden.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Dekopinda Banyumas,  beberapa personil siSehat ikut terlibat didalamnya. Tercatat Manager Perdjasu, Manager Organisasi menjadi bagian penting dalam agenda besar tersebut. Bahkan Wakil Manager unit Perdjasu, Charollyna Christy mendapatkan kehormatan untuk memimpin peserta sarasehan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi Indonesia.
Dalam sambutannya, Bapak Warsono selaku ketua Dekopinwil Propinsi Jawa Tengah menyatakan apresiasi dan kekagumannya, dengan banyaknya kader muda koperasi di Banyumas. Ke depan beliau mengharapkan isu-isu strategis yang selama ini anak muda koperasi di banyumas akan lebih inspirasi pergerakan koperasi di jawa Tengah.


Sementara itu,  Ibu Ema selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah menggarisbawahi beberapa permasalahan klasik koperasi. Salah satunya adalah kebutuhan insan koperasi untuk merubah mindset, lambatnya proses regenerasi, dan pentingnya koperasi mengikuti perkembangan teknologi.

Sebelum sarasehan dimulai, peserta dikejutkan dengan pemikiran kritis Direktur Kopkun Institute, firdaus Putra, HC. Salah satu tokoh muda koperasi Purwokerto tersebut secara lugas, ala gaya “Anak Muda” membawakan Brain Storming : Perlunya Koperasi Menggagas Agenda Perubahan. Di akhir
materi terdapat 7 masukan bagi perubahan koperasi yaitu : Perlunya Merubah Logo Koperasi, Fokus dan Pengembangan  di Sektor Riil, Munculnya Koperasi Generasi Baru, Mindset koperasi untuk Fight (bukan Defending), Perlunya penambahan Kuota anak muda untuk berkoperasi, pencanangan Kota koperasi,  dan Revolusi Mental Insan Koperasi.

Sarasehan menghasilkan keputusan strategis yang terbagi dalam 5 topik :
1.        Asas dan dasar koperasi
2.        Potret dan masalah koperasi
3.        Peran dan tantangan koperasi
4.        Penataan dan penguatan koperasi
5.        Dukungan dan kerjasama pengembangan koperasi

Rencananya hasil pertemuan tersebut akan dibawa bahan yang akan di suarakan Dekopinwil Jawa Tengah di Kongres Koperasi III di Makassar.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template