Home » , , , , , , , , , , » Lebih Memahami Koperasi dengan Pendidikan | Sekilas tentang Pendidikan Calon Anggota siSehat tahun 2017

Lebih Memahami Koperasi dengan Pendidikan | Sekilas tentang Pendidikan Calon Anggota siSehat tahun 2017

Pendidikan Perkoperasian sisehat| KPRI RSUD Prof. Dr margono Soekarjo, atau biasa disebut siSehat sukses menyelenggarakan Pendidikan Perkoperasian. Sebanyak 102 peserta mengikuti kegiatan tersebut, yang diselenggarakan di Ruang Pendidikan siSehat di Ruko R21 Perum Griya Shyfa Alamanda Lt II, Sokaraja Kulon, Sokaraja. Peserta adalah calon anggota siSehat peserta yang merupakan karyawan/ti BLUD (Badan Layanan Usaha Daerah) Non PNS di lingkungan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Diselenggarakannya Pendidikan Perkoperasian merupakan tindak lanjut Keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku tahun 2015, dimana peserta RAT memutuskan untuk membuka keanggotaan untuk karyawan/ti BLUD non PNS. Keputusan RAT tersebut diputuskan sebagai bagian dari Hasil Musyawarah Kerja KPRI Sehat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto untuk Tahun Buku Tahun 2016.

Dalam pelaksanaannya, Pendidikan Perkoperasian dibagi menjadi beberapa kali pertemuan :
1.      Hari Sabtu, tanggal 13 Mei tahun 2017
a.      Gelombang I Pukul 10.30 – 12.00
b.      Gelombang II Pukul 14.30 – 16.00
2.      Hari Jum’at, tanggal 19 Mei tahun 2017
a.      Gelombang I Pukul 10.00 – 12.00
b.      Gelombang II Pukul 14.30 – 16.00
3.      Hari Sabtu, tanggal 20 Mei tahun 2017
a.      Gelombang I Pukul 10.30 – 12.00
b.      Gelombang II Pukul 14.30 – 16.00

Untuk mengantisipasi supaya aktivitas kerja peserta tidak terganggu, Management membuat beberapa kebijakan sebagai berikut:
1.  Pendidikan diselenggarakan setiap hari Sabtu dengan dua shift, hal itu dimaksudkan supaya Pendidikan Perkoperasian tidak mengganggu aktifitas kerja peserta di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo.
2.      Memmberikan pengumuman via Medsos yang salah satu isinya berbunyi
a.      Management siSehat tidak memperbolehkan peserta meninggalkan jam kerja di RSMS  untuk mengikuti Diklat Koperasi yang dilaksanakan siSehat
b.      Peserta pelatihan adalah Mereka Yang Tidak Sedang Bertugas di RSMS/ harus diluar jam bertugas di RSMS sehingga tidak mengganggu pelayanan

Jalannya Pendidikan
Sebelum masuk materi, Peserta Pendidikan diberikan soal Pre Test yang berisi tentang  15 yang berkaitan dengan perkoperasian. Setelah semua peserta menyelesaikan soal, barulah peserta mendengarkan materi.


Materi Pertama adalah “Lebih Mengenal siSehat” dibawakan oleh Perwakilan Pengurus dan Badan Pengawas siSehat, dalam hal ini Bp. Tarkijo, SKM dan Bp. Rismanto, SKM. Secara umum berisi tentang sejarah singkat  siSehat, Visi – Misi, Susunan Pengurus, Badan Pengawas, dan Manajemen siSehat, dan unit usaha siSehat.

Materi kedua “Lebih Mengenal Koperasi” lebih mengenalkan pemahaman apa itu koperasi, Filosofis Koperasi, Tujuan Berkoperasi, Perusahaan Koperasi, Sistem Poin dan SHU, Peran Anggota, Hak dan Kewajiban Anggota. Dalam materi ini calon anggota diharapkan paham
bagaimana berkoperasi yang benar, sehingga peserta yakin dan paham peran dan kontribusi mereka sebagai anggota koperasi.

Setelah dua materi disampaikan, peserta mengisi Post Test yang isinya sama persis dengan Pre Test. Peserta dinyatakan lulus, jika hasil Post Test peserta minimal memperoleh  nilai 80. Untuk peserta yang memperoleh nilai dibawah 80, harus mengulang mengikuti pendidikan perkoperasian. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat dan kartu anggota siSehat.

Penyelenggaraan Pendidikan Perkoperasian merupakan bagian penting dari proses
berkoperasi. Selain menanamkan pemahaman siSehat dan bagaimana berkoperasi yang benar, pendidikan mempunyai tujuan sebagai berikut :
  1. Menyamakan Persepsi
  2. Membentuk Rasionalitas Ekspetasi
  3. Syarat Menjalankan Demokrasi Berkualitas dalam Koperasi
  4. Mencerdaskan Anggota
  5. Meng-inspirasi Gagasan dan Partisipasi Aktif dalam Berkoperasi

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template