RAT ke-38 siSehat, Meluaskan Makna ke-KITA-an


Minggu, 25 Maret 2018 siSehat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-38. Bertempat di Aula II RSUD Prof. Dr. Soekarjo Purwokerto, forum tertinggi anggota siSehat tersebut dilaksanakan. Sekitar 150 anggota yang merupakan perwakilan dari anggota siSehat mengikuti jalannya RAT dengan khidmat.
Sebelum memasuki area RAT, peserta berkesempatan mengabadikan moment indahnya dengan berfoto ria. Untuk kepentingan tersebut panitia menyediakan area Photobooth tepat didepan ruangan RAT.


Jalannya RAT
Pukul 09.00 Rapat Anggota Tahunan siSehat ke-38 dimulai. Dalam sambutannya, Ketua siSehat mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua fihak sehingga RAT ke-38 bisa dielenggarakan dengan lancar. Selanjutnya, orang nomor satu di KPRI sehat tersebut menambahkan bahwa sebagai pengemban
amanah pengurus menyadari besarnya tanggung jawab yang harus dipikul. Dalam pelaksanaannya, semangat continues improvement dan adaptasi terhadap segala perubahan yang terjadi menjadi semangat yang terus dijaga. Sehingga berbagai inovasi dan kreasi produktif yang berimbas pada peningkatan kinerja diharapkan bisa terus berkembang.
Mewakili Persatuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) dan DInas Koperasi Kab Banyumas, Bp. H. Suwandi mengharapkan KPRI Sehat tidak berpuas diri atas keberhasilannya sampai saat ini. Beliau juga mengingatkan bahwa semakin besar sebuah organisasi berbanding lurus dengan cobaan dan tantangan. Diakhir sambutan, salah satu aktivis koperasi di Banyumas tersebut mengharapkan fokus pengembangan koperasi harus sesuai dengan filosofis dan prinsipnya, yang menempatkan anggota sebagai elemen utama dalam tumbuhkembangnya koperasi.
Dalam pelaksanaannya, Acara inti Agenda Tahunan siSehat  terbagi menjadi 3:
1.       Sidang Pleno I yang membahas Tata Tertib RAT, pemilihan Pimpinan Sidang, dan Pembacaan Hasil RAT tahun sebelumnya
2.       Sidang Pleno II, mengenai LPJ Pengurus Tutup Buku 2017 dan LPJ Pengawas Tutup Buku 2017.
3.       Sidang Pleno III, Pembahasan & Penetapan RAB dan GBPK 2017, Rekomendasi-rekomendasi, dan Pembacaan & Penetapan Hasil RAT

Sidang Pleno I
Kesiapan perwakilan anggota dalam mempelajari buku RAT terlihat saat peserta sudah memahami dan menyepakati Tata Tertib yang sudah tertera dalam Buku RAT. Selain itu juga terjalin kesepakatan jika pimpinan siding diserahkan kepada salah satu pengurus, dalam hal ini Bp. Tarkijo, S.Kep. Sesekali beberapa peserta memberikan masukan dan usulan terkait hasil RAT tahun
sebelumnya .



Sidang Pleno II
Anggota yang juga peserta RAT nampak serius mencermati Laporan Pertanggungjawaban
Pengurus dan Pengawas siSehat. Ketika ada yang kurang jelas, peserta bertanya secara spontan saat Pengurus dan Pengawas memaparkan laporannya. Meskipun serius mendengarkan laporan, tidak ada kesan kaku dan formal, suasana RAT begitu santai layaknya pertemuan rutin anggota dengan Pengurus dan Pengawasnya.
Kepiawaian Pengurus dan Pengawas dalam memberikan laporannya yang sesekali dibumbui dengan celetukan humor, komunikasi dua arah yang membuat peserta tidak sungkan untuk berkomentar dan memberi masukan. Imbasnya, sesi tanya jawab tidak lagi menjadi sidang penghakiman. Alih-alih memberikan pertanyaan menjebak, peserta tak segan menyatakan kepuasan atas kinerja pengurus & pengawas. Bahkan peserta nampak  antusias dalam memberikan masukan sehingga di tahun 2018 kinerja siSehat semakin bagus dan berkualitas.


Sidang Pleno III
Sampai siding pleno ke-tiga, antusia peserta tidak menurun. Hal itu tergambar dari banyaknya masukan dan rekomendasi membangun untuk tahun 2018 yang sangat beragam. Selain terkait pelayanan yang lebih baik, pengembangan layanan unit usaha sehingga lebih menjangkau anggota, sampai aplikasi berbasis teknologi demi kemajuan siSehat.

Rekomendasi dan masukan tersebut akan dijadikan salah satu pertimbangan dan acuan Pengurus, Pengawas dalam pembahasan program kerja tahun 2018 dalam Musyawarah Kerja siSehat.
RAT ke-38 diakhiri dengan pembagian bingkisan/souvenir untuk semua peserta. Selain itu dilakukan pengambilan nomor undian bagi peserta yang beruntung mendapatkan doorprize oleh Ketua Pengurus dan Pengawas KPRI Sehat RSMS.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template