Home » , , , , , , , » Kisah dibalik Launcing Kupat Tahu , Nasi Goreng, dan Jahe Susu

Kisah dibalik Launcing Kupat Tahu , Nasi Goreng, dan Jahe Susu

Spirit dan Komitmen Manajemen
Menjadi tempat terbaik dalam memenuhi kebutuhan adalah semangat siSehat dalam menyajikan ragam pelayanan. Demikian ungkap Pak Deddy, manajer yang memiliki concern menggawangi unit layanan perdagangan dan jasa umum di Lingkungan siSehat. Beliau bertanggungjawab atas operasionalisasi toko, cafe dan juga foto kopi. Tulisan kali ini mencoba mengintip bagaimana Pak Deddy dan team worknya bekerja keras dan cerdas dalam mengelola cafe.  

Perbaikan terus menerus (baca: continous improvement) dipilih sebagai cara dan sekaligus simbol semangat dalam melahirkan ragam inovasi dan kreasi. Satu action dilakukan, diukur efektvitasnya dan kemudian dilakukan perbaikan. Demikian terus berlangsung dikeseharian sehingga iklim dinamis selalu mewarnai pelayanan cafe. Lebih memahami selera konsumen diyakini akan berdampak pada peningkatan produktivitas dalam arti luas. Untuk itu, mempelajari detail tentang konsumen menjadi begitu penting.

Disisi lain, membangun budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen (satisfied

oriented) terus di gema-kan ke seluruh karyawan/ti. Untuk itu, manajemen siSehat terus
memadukan antara ketaatan karyawan/ti terhadap SOP dan komunikasi yang renyah dan mendatangkan kenyamanan. Dalam hal SOP, semua detail langkah Kerja, Standar Attitude dan Standar Performance  dirinci sedermikian rupa demi terjaminnya standarisasi pelayanan, “Ini memerlukan integritas semua lini, mulai dari produksi, pelayanan sampai dengan pencuci
piring
”, tegas Pak Deddy saat diwawancarai redaksi.  



Mengintip rumitnya persiapan launching produk
Beberapa minggu lalu, Cafe siSehat me-launching 3 (tiga) produk unggulan baru, yaitu nasi goreng,
kupat tahu dan jahe susu. Langkah ini merupakan bagian dari diversifikasi produk sehingga konsumen memiliki alternatif yang lebih banyak untuk dipilih. Dengan demikian, lebih besar kemungkinan menjawab selera konsumen yang demikian beragam. 

Bicara tentang diversifikasi produk, ternyata persiapannya tidak semudah yang diduga. Perdebatan jenis menu baru adalah keseruan di langkah pertamanya. Bagaimana tidak, beberapa midle management dilibatkan dalam mengambil keputusan dan masing-masing kepala punya ide dan keyakinan sendiri-sendiri terhadap idenya. “tidak mudah
membangun keyakinan kolektif untuk satu ide tertentu. Setiap orang punya argumentasi kuat atas setiap usulannya. Oleh karena itu, perlu perjuangan panjang dan kesabaran tidak biasa untuk memutuskan satu ide dan didukung oleh semuanya”, ungkap Mbak Olin salah satu personil midle manajemen di lingkungan Perjasu yang terlibat dalam perdebatan seru penentuan diversifikasi produk tersebut.

Usai jenis produk ditentukan, maka perjuangan berikutnya adalah meracik rumusan bahan dan standar pengelolaannya. Uji coba pun dilakukan sampai ketemu formula yang tepat dan dirasa enak dan pas untuk di konsumsi. Lolos di tingkat internal manajemen cafe, langkah selanjutnya adalah melakukan survey langsung dengan
meng-uji cobakan ke manajemen yang lebih tinggi dan beberapa konsumen. Ragam respon kemudian ditindaklanjuti dengan merubah atau menyesuaikan formula sehingga kualitas rasanya sesuai dengan masukan-masukan dari para tester.

Tantangan berikutnya adalah melatihkan standarisasi kepada kelompok produksi dan kelompok penyaji. Hal ini perlu dilakukan mengingat bahwa siSehat memiliki beberapa outlet sehingga perlu standarisasi proses untuk menghasilkan rasa yang sama. Dititik ini memang tidak mudah namun harus bisa, jika tidak bisa merusak citra produk dan kepercayaan konsumen dalam urusan rasa.

Kalau hari ini siSehat sudah menyajikan 3 (tiga) inovasi produk terbarunya, hal itu sesungguhnya hasil dari proses yang panjang dan tidak mudah. Namun, siSehat harus terus berinovasi dan mengembangkan kreasi sehingga setiap konsumen menemukan apa yang dibutuhkan dan merasakan nyaman dengan layanan yang ditawarkan siSehat. Semua tidak mudah, namun manajemen meyakini bahwa ketekunan berproses akan membawa pada hasil yang terus semakin meningkat. “kami ingin para konsumen, baik anggota siSehat maupun para pengunjung memiliki
kesan yang kuat saat meng-konsumsi ragam layanan dan sajian siSehat”, demikian dikatakan linda, salah satu personil manajemen siSehat lainnya.   

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template