Home » , , , , , , , , » Memotret “Aksi Potong Rambut Berjama’ah” di Lingkungan Parkir siSehat

Memotret “Aksi Potong Rambut Berjama’ah” di Lingkungan Parkir siSehat


Sebagai Garda Terdepan Pelayanan
Rasanya tidak salah  menyebut unit parker sebagai Garda Depan Pelayanan siSehat dengan strategis yang melekat padanya. Unit Parkir tidak hanya sekedar menata kendaraan dengan rapi, tetapi juga terus berupaya meminimalisir segala bentuk tindak kriminalitas, khususnya di area parkir di lingkungan rumah sakit.


Pemberi informasi kepada para pengunjung RSMS yang tengah meggalami gagap arah  karena masih awam tentang tata layout layanan RSMS adalah sisi lain peran yang dijalankan segenap awak parkir siSehat yang standby 24 (dua puluh empat) jam di area parkir). Hal ini terutama dialami oleh anggota masyarakat yang mungkin baru pertama kali berkunjung ke RSMS dan atau belum akrab dengan denah layanan yang ada.

Mengingat urgent-nya peran dan dampak layanan parkir, manajemen selalu berupaya memastikan kelancaran system parker, sebab hal ini juga berkaitan dengan  citra pelayanan RSMSungkap Pak Andy Kurniawan, sang manajer Parkir siSehat. 


Kreativitas & Ivovasi Memperbaiki dan Menjaga Performance   
Menyadari sepenuhnya  urgensi dan  luasnya  dampak sebuah pengelolaan parkir, demi pelayanan terbaik,  manajemen parkir terus melakukan control dan juga perbaikan di semua sisi operasional, mulai dari urusan IT, SOP, pemeliharaan sarana kerja dan lain sebagainya yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kualitas performance layanan.      

Untuk bisa mewujudkan keterpeliharaan performace selama 24 jam , perencanaan yang matangpun disiapkan untuk 50 karyawan/ti  yang di dominasi laki-laki dengan latar belakang, karakter dan usia beragam. Ini menjadi tantangan tersendiri.  Kami menyadari ini bukan hal mudah, tetapi kami harus bisa mewujudkannya sebagai bentuk integritas terhadap kualitas pelayananDemikian tekad Bung  Diantoro, Koordinator Lapangan yang juga menjadi Wakil Manager Parkir siSehat.


Untuk memulai perubahan, manajemen melakukan komunikasi dua arah secara intensif. Kami mencaba meyakinkan karyawan tentang perlunya membangun dan menjaga penampilan.  Setelah  melalui  diskusi panjang sampai perdebatan yang cukup alot, akhirnya tersepakati  untuk melakukan perbaikan performance/penampilan petugas lapangan. Semua menyadari dan bersepakat bahwa hal ini memang harus segera dilakukan.

Alhamdulillah hasilnya keren, Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapati hasilnya.Tidak lagi ditemukankemacetan di Jam sibuk (jam masuk dan juga di jam kepulangan karyawan/ti  RSMS). . Pergantian antar shift petugas parkir pun menjadi lebih tertata dan koordinasi rutin saat  perhantian antar shift pun bisa dilakukan secara efektif. Hal yang sama terlihat dalam hal penampilan para petugas lapangan. Tidak terlihat lagi sosok penjaga parkir  yang  sangar dan jarang tersenyum.  Demikian hal dengan perbaikan  penampilan, kerapian, cara menyapa, semua berjalan sesuai standar yang sudah ditetapkan. Tidak ketinggal dalam urusan rambut, dimana tidak ada lagi karyawan parker dengan penampilan yang lusuh, kata Mas  Imang yang kesehariannya berurusan dengan administrasi parkir siSehat.


Inisiatif Unik Tentang Potong Rambut
Dalam rangkaian pembenahan performance parkir, kerapihan rambut merupakan satu hal yang juga menjadi perhatian manajemen parkir siSehat. Untuk menyelesaikan urusan yang satu ini, manajemen punya kreasi yang unik dan mungkin mengundang gelak tawa bila menyaksikan langsung prosesnya. Bagaimana tidak, untuk memastikan semua berambut rapi, para karyawan menggelar aksi “potong rambut berjama’ah”.

Ini inisiatif yang keren dimana “bakat memotong rambut” yang ada pada beberapa karyawan di lingkungan parkir dioptimalkan untuk memotong rambut temen lainnnya. Terdeteksi ada 2 (dua) karyawan yang memiliki keahlian dalam urusan memotong rambut. Kedua karyawan ini pun diberi tanggungjawab tentang kerapian rambut para karyawan unti parkir siSehat, baik di lingkungan parkir RSMS maupun Geriyatri.   Ini model pemberdayaan yang juga akan meningkatkan rasa persaudaraan dan kekompakan diantara karyawan”.   Demikian penjelasan penuh semangat dna bangga dari MasTriyadi, salah satu staff admin parkir di area RS Geriatri.

“Ini cara kreatif kami meng-apresiasi karyawan yang memiliki multy talent . Dengan demikian mereka merasa selalu ada, lebih dihargai dan lebih percaya diri serta memiliki loyalitas dalam penugasan”, ungka Bung Andi saat dikonfirmasi redaksi ditengah-tengah kesibukannya

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template