Home » , , , , , , , » Lokakarya Nasional Spin Off bersama Former Director dan Director International Cooperative Alliance - Asia Pasific (ICA-AP)

Lokakarya Nasional Spin Off bersama Former Director dan Director International Cooperative Alliance - Asia Pasific (ICA-AP)


Minggu, 29 Juli 18, perwakilan KPRI Sehat mengikuti  Lokakarya Nasional Spin Off. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kopkun Institute, bertempat di Hotel Dominic Purwokerto.  acara tersebut menghadirkan 2 narasumber bertaraf internasional dalam gerakan koperasi dunia. Mr. Robby Tulus adalah Former Director ICA-AP (International Cooverative Alliance-Asia Fasific) seklaigus Pendiri Koperasi Kredit, sedangkan Mr. Balu Iyer, saat ini menjabat sebagai Director ICA-AP. Mewakili aktivis serta pegiat koperasi dan UMKM adalah Herliana HC, Ketua Pengurus Koperasi Karya Utama Nusantara  (Kopkun) dan Panji Narendra, Sturcturing Specialist Tanibox. Agenda nasional ini dihadiri perwakilan Kopkun, KPRI, Bumdes, Credit Union, Koperasi Karyawan, Koperasi Buruh Padang dan perwakilan institusi lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam pembukaannya, Institute Firdaus Putera, HC menjelaskan pentingnya spin off bagi koperasi. “Spin off
adalah strategi pemekaran kelembagaan koperasi dalam bentuk badan hukum baru yang beroperasi dibawah system group, holding atau konsorsium. Spin off dilakukan untuk pengembangan koperasi secara transformatif untuk menyikapi kondisi internal dan menyikapi perubahan lingkungan eksternal yang dinamis”. Lebih lanjut Direktur Kopkun Institute sekaligus CEO Kopkun Grup menjelaskan bahwa tujuan sipn off koperasi adalah untuk memperkuat jaringan, memperbesar skala bisnis serta menjaga stabilitas bisnis supaya lebih fleksibel & dinamis.

Mengawali materi lokakarya, Mr. Robby Tulus mengingatkan hakekat dan filosofis koperasi. Bahwa koperasi didirikan bukan hanya sebagai lembaga bisnis semata, tetapi semata mata menjawab kebutuhan anggota. Untuk itu menjadi penting bagi koperasi untuk selalu berkembang mengikuti perubahan zaman supaya relevansinya tidak tergerus dan memberikan manfaat lebih bagi anggotanya. Disrupsi mengisyaratkan perubahan terus menerus (continues improvement), dan  Spin off merupakan salah satu jawaban atas itu. Menyikapi sisi kelembaman kelembagaan koperasi, Former Director ICA AP tersebut memperkenalkan konsep The Three Logic (Brahma, Pencipta; Wisnu, Pemelihara; dan Siwa, Penghancur). “3 peran tersebut harus ada dalam kelembagaan koperasi dan memerankan posisinya secara aktif dan berimbang sehingga lembaga menjadi dinamis, terus berkembang dan tidak terjebak dalam zona nyaman”.


Chairman ICA Asia Pasific, Mr. Balu Iyer menyampaikan matetri dalam bahasa Inggris. Beruntung ada Mrs Novi, yang juga dosen Unsoed sekaligus salah satu Deputi di Kopkun Institute sebagai translater sehingga sangat membantu peserta yang mayoritas lebih mahir dalam berbahasa Indonesia. Tokoh koperasi dunia berkebangsaan India tersebut sangat mengapresiasi terlaksananya agenda spin off, sekaligus merasa takjub bahwa koperasi Indonesia mempunyai talenta muda yang
penuh dengan gairah perubahan untuk terus mengambangkan koperasi. Beliau berharap ini adalah modal penting bagi terbangunnya komunitas koperasi sehingga koperasi bisa berkembang dan diterima oleh seluruh rakyat indonesia. Berkenaan dengan semangat spin off, Mr. Balu menggarisbawahi bahwa hal :
1.   Spin off bukan upaya menjadikan koperasi sebagai korporasi (fokus pada bisnis semata), tetapi tetap mengedepankan prinsip dan nilai-nilai koperasi
2.   Semangat spin off adalah untuk memperkuat koperasi  agar lebih berdaya saing,  bukan untuk menggerus semangat kita berkoperasi
3.   Spin off harus tetap memperhatikan kebutuhan anggota, karena apapun bentuknya koperasi adalah kumpulan orang yang harus menempatkan anggotanya sebagai prioritas utama.

Setelah di 2 sesi sebelumnya peserta diperkenalkan dengan wacana spin off dan manfaatnya bagi  lembaga koperasi. Di materi ketiga, Herlina, HC memaparkan bagaimana teknis pelaksanaan spin off  yang dalam pelaksanaannya, terbagai menjadi 3 jenis : spin off murni/split off, spin off biasa, dan spin off inkubasi. Perbedaan jenis tersebut akan berpengaruh pada tata kelola neraca keuangan, permodalan, dan keanggotaan. Ke depan, spin off koperasi akan mempengaruhi bentuk lembaga koperasi, apakah akan menjadi Konsorsium, Group atau Holding.

Tanibox merupakan startup Indonesaia yang sudah berskala internasional, bahkan saat ini sudah membuka cabangnya di Kanada dan Estonia. Hadir dengan  mengusung konsep smart agriculture yang cukup inovatif. Ia memadukan kapabilitas blockchain dan Internet of Things (IoT) untuk menyajikan sistem pertanian yang lebih efektif. Dalam perkembangannya, mereka berkiprah dalam strategi penerapan model bisnis dengan konsumen koperasi dan UMKM. Panji banyak mengulas potensi pengembangan koperasi yang selama ini sudah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana strategi efektif penerapan spin off, bagaimana koperasi menjalin kerjasama dengan pihak luar dan menaikan value kelembagaan koperasi dari kacamata bisnis. Salah satu catatan karyanya adalah berjuang bersama salah satu koperasi di kalimantan sehingga mampu ber-spion off membangun pabrik kelapa sawit.
Pada dasarnya Spin off merupakan wacana baru bagi peserta, sehingga memunculkan rasa penasaran dari mayoritas
perwakilan koperasi, bumdes dan umkm. Tidak heran jika banyak pertanyaan dan sharing yang tercipta dalam setiap sesi. Sampai acara berakhir, peserta nampak belum ikhlas beranjak dari tempat duduknya. Mereka memilih untuk tetap berdiskusi dan berbincang dengan peserta lain, mencoba menakar peluang dan potensi strategis yang tepat supaya spin off bisa diterapkan di lembaganya.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Testimoni

Salut dengan artikel-artkel yang dimuat dalam kolom SiSehat, benar-benar dapat memberikan inspirasi, motvasi dan semangat bagi gerakan koperasi yang seringkali bernada minir. (Djabaruddin Djohan - Pemikir Koperasi Indonesia)

Kunjungan Internasional

 
Support : Copyright © 2013. SiSehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template